Apa itu Learning Management System dan Manfaatnya Bagi Pendidikan

Beranda / Edukasi / Apa itu Learning Management System dan Manfaatnya Bagi Pendidikan

Apa itu Learning Management System dan Manfaatnya Bagi Pendidikan

5534
Learning Management System dan Manfaatnya Bagi Pendidikan

Pernahkah Anda mendengar tentang Learning Management System (LMS)? Learning Management System (LMS) secara umum didefinisikan sebagai perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.  Learning Management System adalah sistem manajemen pembelajaran yang melibatkan perangkat lunak atau biasa dikenal dengan e-Learning.

LMS biasa dikenal dengan e-learning karena sistem pembelajaran ini dikhususkan untuk diakses di mana saja dan kapan saja. Berikut 3 fungsi utama LMS yang bisa menjadi sistem pembelajaran profesional, yang cocok untuk dikembangkan di perusahaan atau organisasi hingga masa mendatang:

1. Sistem pembelajaran dengan LMS menjadi lebih efektif.  

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat berpengaruh pula pada efektivitas pengembangan karier dalam sebuah perusahaan. Inovasi-inovasi terus bermunculan membuat materi pembelajaran hingga sistem pembelajaran kini bisa menjadi pembelajaran digital. Metode yang digunakan dengan LMS ini bisa dilakukan lebih menarik dengan animasi dan lain-lain.

2. Pembelajaran efektif yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. 

LMS hadir untuk mendukung desain, penyampaian, dan pelaporan pengalaman belajar yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan Anda. LMS akan membantu menghasilkan momentum positif untuk mengatasi rintangan tersebut.

3. Memadukan pembelajaran blended learning yang jadi pendekatan terbaik. 

LMS adalah sistem pembelajaran yang menggabungkan metode pembelajaran formal dan informal. Mengambil pendekatan desain holistik yang memberikan pengalaman belajar yang kolaboratif dan tepat waktu sehingga mampu meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Metode pembelajaran ini menggunakan pendekatan teknologi yakni dengan bisa diakses dengan komputer/laptop, hingga smartphone.

Jelajah Ilmu, Salah satu LMS yang bisa Anda gunakan  

Acer bekerjasama dengan mySecondTeacher (mysecondteacher.com) menawarkan solusi pendidikan yang komprehensif untuk dunia pendidikan dalam bentuk Learning Management System yang menggabungkan standar internasional mySecondTeacher yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia, dan dapat diakses melalui situs Jelajah Ilmu (jelajahilmu.com).

Jelajah Ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis baik secara online maupun tatap muka, pengelolaan penugasan, komunikasi antar pihak serta  penyiapan materi buku pembelajaran secara terintegrasi.

Beberapa fitur andalan Jelajah Ilmu antara lain:

1. Video Interaktif

Siswa dapat mempelajari seluruh silabus subjek dari video interaktif. Guru dapat menggunakan video untuk mengajar atau melakukan revisi konsep dasar di dalam kelas.

2. E-Book

E-Book memudahkan siswa untuk belajar dengan berbagai fitur yang tersedia. Guru dapat menggunakan eBook ini di ruang kelas atau konferensi video dengan menggunakan fitur khusus seperti “sembunyikan jawaban” dan “riwayat akses siswa” yang sangat fleksibel dan informatif.

3. Group Chat

Grup percakapan dalam Jelajah Ilmu membantu siswa terhubung dengan guru untuk bertukar pikiran serta mendapatkan bantuan belajar-mengajar yang lebih baik. Mereka dapat membuat banyak grup berdasarkan proyek mata pelajaran tertentu. Di dalam grup tersebut guru dan siswa dapat berbagi dokumen, gambar, link dan lain-lain.

4. Laporan & Statistik

Guru dapat mengidentifikasi performa belajar siswa dengan menggunakan laporan dan riwayat membaca eBook sehingga mereka dapat turun tangan langsung dan segera membantu siswa. Kepala sekolah dapat melihat laporan kinerja sekolah termasuk untuk siswa dan guru-gurunya. Orang tua juga dapat memonitor performa anak mereka, termasuk kegiatan di sekolah dan nilai akademik.

5. Ruang Kelas

Guru dapat dengan mudah membuat dan melakukan siaran langsung kelas online berbasis teks maupun video melalui fitur yang ada di Jelajah Ilmu maupun menggunakan perangkat lunak lain seperti Zoom, Google Meet dan sebagainya dengan membagikan tautannya.

6. Kuis & Simulasi

Jelajah Ilmu telah menambahkan fitur tambahan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Siswa dapat mengikuti kuis dan memberikan tantangan ke teman mereka.