8 Juni 2023

8 Tips Belajar UTBK yang Perlu Dilakukan supaya Mudah Lulus

Tahun ajaran baru akan segera tiba dan siswa-siswi akan menghadapi tingkat yang lebih tinggi di sekolah. Bagi siswa SMA yang sebentar lagi akan menginjak kelas 12, mungkin sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK. Namun, belajar UTBK sebaiknya mulai dari mana? Bagaimana tips jitu belajar UTBK agar mudah lulus ke kampus yang diimpikan? Simak beberapa tips belajar UTBK berikut ini!

Bangun Kesadaran Mental

Tips UTBK pertama yang bisa dilakukan yakni membangun kesadaran mental. Artinya, siswa harus aware dan paham bahwa UTBK merupakan hal yang perlu dipersiapkan dengan baik, namun jangan sampai mental siswa justru menjadi down akibat rasa takut yang berlebihan. Oleh karena itu, siswa perlu membangun kesadaran mental agar kondisi mental siswa tetap kuat dan stabil selama persiapan UTBK berlangsung. Selain itu, siswa juga harus mempersiapkan mental dengan baik agar mereka tetap tenang saat hari H UTBK nanti. 

Kerjakan Soal UTBK dan Evaluasi

Tips belajar UTBK yang kedua yaitu mengerjakan latihan soal UTBK dan melakukan evaluasi secara rutin. Dengan banyak mengerjakan latihan soal, siswa dapat membiasakan diri dalam menghadapi tipe-tipe soal yang nantinya akan muncul di UTBK. Selain itu, adanya evaluasi rutin juga dapat membantu siswa memahami sejauh apa kemampuan mereka dalam menghadapi UTBK, serta materi apa saja yang masih belum dikuasai oleh siswa.

Cek Materi dan Konsep Dasar

Selain mengerjakan latihan soal, siswa juga perlu mengecek materi dan konsep dasar yang perlu dipelajari untuk menghadapi UTBK. Materi dan konsep dasar ini penting untuk dipelajari agar siswa dapat mengerjakan soal dengan lebih baik. Jika siswa tidak memahami konsep dasar dengan baik, maka siswa akan kesulitan untuk menyelesaikan berbagai soal UTBK.

Kuasai Materi UTBK

Tips UTBK berikutnya yakni menguasai materi-materi yang akan muncul dalam UTBK. Biasanya, guru akan menginfokan kepada siswa materi apa saja yang akan muncul dalam UTBK. Fokuskan untuk menguasai materi UTBK terlebih dahulu sebelum menguasai materi lainnya yang mungkin tidak muncul pada UTBK. Jika ada materi yang belum dikuasai, segera luangkan waktu untuk mempelajari materi tersebut sampai tuntas.

Buat Jadwal Belajar

Agar persiapan UTBK semakin matang, siswa juga dapat membuat jadwal belajar yang terstruktur dan berurutan. Pelajarilah materi dasarnya terlebih dahulu, kemudian atur jadwal untuk menguasai materi lanjutannya. Selain itu, tentukan juga dalam jadwal belajar tersebut  kapan siswa harus belajar materi dan kapan siswa harus mengerjakan latihan soal. Tentukan juga perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk belajar materi tertentu atau mengerjakan latihan soal tertentu.

Ikut Tryout UTBK

Tips belajar UTBK selanjutnya yaitu rajin mengikuti tryout UTBK. Tryout UTBK berfungsi sebagai simulasi agar siswa dapat memahami secara real bagaimana rasanya mengerjakan soal UTBK dengan suasana dan batas waktu yang telah ditentukan. Tryout UTBK juga dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi bagi siswa untuk mengetahui berapa nilai yang mampu diperoleh siswa dan materi apa yang sudah atau belum dikuasai dengan baik.

Buat Tempat Belajar Nyaman

Tips belajar UTBK selanjutnya yang tak kalah penting adalah membuat tempat belajar yang nyaman di rumah. Siswa bisa mengelola kamar atau ruang belajar di rumah menjadi lebih rapi, bersih, dan terang. Hal ini dapat meningkatkan mood siswa sehingga mereka bisa tetap merasa nyaman meskipun harus belajar dalam waktu yang lama.

Jaga Kesehatan

Tips UTBK yang terakhir adalah selalu menjaga kesehatan. Meskipun persiapan UTBK membuat siswa menjadi jauh lebih sibuk dibandingkan biasanya, namun kesehatan siswa tetaplah nomor satu. Sebaiknya, selama persiapan UTBK berlangsung, siswa tetap rutin mengkonsumsi makanan yang sehat disertai asupan multivitamin. Siswa juga harus rajin minum air putih, berolahraga secara rutin, serta menjaga istirahat tetap cukup dan berkualitas. 

Selain tips-tips di atas, siswa juga dapat mempertajam persiapan UTBK dengan menggunakan platform Content Learning Management System (CLMS) Jelajah Ilmu. Dengan Jelajah Ilmu para siswa dapat memperoleh sumber materi yang sangat canggih, seperti buku digital (eBook) dan video interaktif, termasuk materi-materi untuk persiapan UTBK. Di samping itu, siswa juga dapat mengerjakan latihan soal dari guru dalam bentuk eTestpaper.�

Melalui Jelajah Ilmu, siswa juga dapat menerima dan mengirimkan tugas serta menghadiri kelas secara langsung dari mana saja. Siswa juga dapat berdiskusi dan saling bertukar pikiran dengan guru atau teman sekelasnya melalui LMS ini. Bagi guru dan siswa yang membutuhkan platform LMS terbaik, bisa menjatuhkan pilihannya pada Jelajah Ilmu, terutama untuk mendukung persiapan UTBK bagi para siswa di sekolah.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya