17 April 2023

Cara Membuat Presentasi Powerpoint yang Baik dan Menarik

Di era teknologi yang semakin berkembang ini, presentasi powerpoint sudah menjadi sarana yang esensial untuk menyampaikan suatu informasi, baik dalam dunia pendidikan, maupun lingkungan profesional. Jenis informasi yang bisa disampaikan pun beragam, mulai dari topik materi pelajaran tertentu di sekolah, laporan kegiatan bulanan di sebuah perusahaan, hingga hasil evaluasi siswa atau karyawan. Oleh karena itu, penting bagi siswa maupun tenaga profesional untuk mengetahui cara membuat presentasi powerpoint yang baik dan menarik.  Bagaimana langkah-langkahnya?

Cara Membuat Presentasi Powerpoint di Office 2010

Perangkat komputer maupun laptop, umumnya masih menggunakan Microsoft Office 2010 dalam sistem operasinya. Untuk membuat presentasi powerpoint yang baik dan menarik di Office 2010, Anda dapat mengikuti cara membuat presentasi berikut ini:

  1. Buka aplikasi Microsoft PowerPoint 2010
  2. Pilih template atau tema presentasi yang diinginkan atau klik tombol "New Blank Presentation" untuk membuat halaman presentasi kosong
  3. Klik tab "Home" untuk mengakses opsi editing seperti font, alignment, dan formatting
  4. Masukkan teks atau gambar pada slide pertama. Tambahkan slide baru dengan klik tombol "New Slide" pada tab "Home"
  5. Gunakan opsi editing untuk memodifikasi teks dan gambar, misalnya untuk mengubah font, ukuran, atau warna teks
  6. Tambahkan elemen visual seperti diagram, grafik, atau video pada slide
  7. Gunakan opsi "Transition" pada tab "Animations" untuk menambahkan efek transisi antar slide
  8. Gunakan opsi "Animation" pada tab "Animations" untuk memberikan efek pada elemen slide, seperti efek muncul atau hilangnya teks maupun gambar
  9. Review presentasi yang sudah dibuat dengan menekan tombol "Slideshow" pada tab "View"
  10. Jika presentasi sudah siap, simpan dengan klik "Save" pada menu "File"

Cara Membuat Presentasi Powerpoint di Versi Terbaru

Sebenarnya, tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan antara Powerpoint Office 2010 dengan Powerpoint versi terbaru. Namun, bagi Anda yang ingin membuat presentasi menggunakan Powerpoint versi terbaru, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft PowerPoint versi terbaru
  2. Pilih template presentasi yang ingin digunakan atau klik "New Presentation" untuk membuat presentasi kosong
  3. Gunakan opsi "Design" pada tab "Home" untuk memilih tema dan latar belakang pada presentasi Anda
  4. Tambahkan teks atau gambar pada slide pertama. Anda bisa menambahkan slide baru dengan klik tombol "New Slide" pada tab "Home"
  5. Gunakan opsi "Insert" pada tab "Home" untuk menambahkan elemen visual seperti gambar, video, atau diagram
  6. Gunakan opsi "Format" pada tab "Home" untuk memodifikasi teks dan gambar, misalnya untuk mengubah font, ukuran, atau warna teks
  7. Gunakan opsi "Transition" pada tab "Transitions" untuk menambahkan efek transisi antar slide
  8. Gunakan opsi "Animation" pada tab "Animations" untuk memberikan efek pada elemen di dalam slide
  9. Gunakan opsi "Slide Show" pada tab "Slide Show" untuk meninjau presentasi Anda
  10. Jika presentasi sudah siap, simpan dengan klik "Save" pada menu "File"

Tips untuk Membuat Presentasi yang Efektif

Terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat presentasi yang efektif dan menarik. Tips tersebut antara lain:

1. Fokus pada key message

Pastikan presentasi yang dibuat fokus pada key message atau pesan utama yang ingin disampaikan. Hindari memasukkan terlalu banyak informasi atau topik yang terlalu luas. Selain itu, pastikan hanya menulis poin-poin inti pada slide tanpa menuliskan narasi yang terlalu panjang.

2. Gunakan visual yang menarik

Gunakan gambar, grafik, dan diagram untuk membantu memvisualisasikan informasi yang ingin disampaikan pada presentasi. Pastikan visual yang digunakan konsisten dan berkualitas tinggi. Hindari menggunakan gambar yang pecah atau tidak HD.

3. Gunakan font yang mudah dibaca

Pilih font yang mudah dibaca dan hindari font yang terlalu dekoratif. Selain itu, pastikan ukuran font cukup besar sehingga mudah dibaca dari jarak jauh.

4. Buat presentasi yang singkat dan padat namun tetap jelas

Buat presentasi yang singkat dan padat namun tetap dapat menyampaikan informasi dengan jelas. Perhitungkan jumlah slide yang akan digunakan dan pastikan jumlah tersebut cukup untuk menyampaikan key message kepada audiens.

5. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens. Hindari menggunakan bahasa teknis yang sulit dipahami atau menggunakan penjelasan yang terlalu bertele-tele.

6. Gunakan animasi dan transisi secukupnya

Gunakan animasi dan transisi secukupnya saja tanpa berlebihan. Hindari menggunakan terlalu banyak efek yang justru akan mengganggu jalannya presentasi.

7. Sesuaikan presentasi dengan audiens

Sesuaikan presentasi yang dibuat dengan audiens, mulai dari topik yang dipilih, tema atau template yang digunakan, bahasa penyampaian, hingga cara Anda mempresentasikan powerpoint di depan audiens nantinya.

Untuk membuat presentasi powerpoint yang baik dan menarik, tentunya dibutuhkan perangkat yang mendukung, seperti laptop atau chromebook. Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi laptop atau chromebook terbaik, Anda bisa memilih perangkat sebagai solusi pendidikan di Indonesia. Acer senantiasa berinovasi untuk menyediakan berbagai produk yang sesuai bagi siswa, guru, maupun karyawan yang bekerja di bidang pendidikan. 

Produk untuk pendidikan tersebut antara lain meliputi laptop Chromebook, desktop, hingga proyektor. Dengan desain yang cantik serta fitur lengkap, berbagai produk Acer for Education dapat menjadi solusi untuk menjawab berbagai kebutuhan teknologi Anda di bidang pendidikan. Produk Acer for Education juga dapat membantu instansi pendidikan untuk menyediakan sarana yang lengkap bagi siswa agar dapat mempelajari teknologi informasi dan komunikasi sesuai kurikulum Merdeka Belajar yang berlaku saat ini.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya