Cara Membuat Jadwal Pelajaran yang Menarik Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Blog / Cara Membuat Jadwal Pelajaran yang Menarik Lengkap dengan Contohnya
Cara Membuat Jadwal Pelajaran yang Menarik Lengkap dengan Contohnya

Cara Membuat Jadwal Pelajaran yang Menarik Lengkap dengan Contohnya

Seiring kemajuan teknologi digital, semakin banyak aplikasi yang menyediakan beragam fitur untuk menghasilkan desain visual yang kreatif bagi para siswa. Mereka dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membuat poster, catatan pelajaran, hingga jadwal pelajaran online yang aesthetic. Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat jadwal pelajaran aesthetic di HP maupun laptop antara lain yaitu Canva, Excel, Word, dan Notion. Bagaimana cara membuat jadwal pelajaran digital pada aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Membuat Jadwal Pelajaran di Canva

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat jadwal pelajaran di Canva:

  1. Buka Canva dan masuk atau login ke akun yang telah dimiliki. Jika belum memiliki akun, maka siswa dapat membuat akun terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk ke akun Canva, klik tombol “Create a design” yang terletak pada bagian atas halaman.
  3. Selanjutnya, cari keyword “Schedule” atau “Jadwal” pada kolom pencarian yang tersedia untuk menemukan berbagai macam template jadwal pelajaran yang dapat digunakan sebagai referensi.
  4. Setelah menemukan template jadwal yang disukai, klik pada template tersebut untuk mulai mengedit.
  5. Siswa dapat mengedit warna, teks, dan elemen-elemen lainnya pada template sesuai dengan keinginan.
  6. Untuk menambahkan nama mata pelajaran, nama hari, dan jam pelajaran, siswa dapat klik pada elemen teks yang relevan di template, lalu mengganti teks tersebut dengan nama mata pelajaran serta waktu yang sesuai.
  7. Jika ingin menambahkan gambar atau elemen grafis lainnya, klik pada tombol “Elements” di bagian kiri halaman Canva. Klik dan drag elemen yang diinginkan lalu drop pada desain jadwal yang sedang diedit.
  8. Setelah selesai mengedit jadwal pelajaran, siswa dapat menyimpan hasil edit dengan klik pada tombol “Download” di bagian kanan atas halaman, lalu pilih format file yang diinginkan, misalnya berupa PNG atau PDF.
  9. File yang sudah di-download kemudian dapat dicetak atau digunakan secara digital dengan memindahkannya ke smartphone agar mudah diakses dan dilihat.

Cara Membuat Jadwal Pelajaran di Excel

Selain menggunakan Canva, siswa juga bisa membuat jadwal pelajaran di Excel. Cara membuat jadwal pelajaran di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Buatlah kolom-kolom untuk informasi jadwal pelajaran. Misalnya, kolom untuk hari, jam, nama mata pelajaran, dan nama ruangan yang digunakan.
  3. Isi baris pertama dengan judul untuk setiap kolom. Misalnya, kolom A dapat berisi “Hari”, kolom B dapat berisi “Jam”, kolom C dapat berisi “Mata Pelajaran”, dan kolom D dapat berisi “Ruangan”.
  4. Mulailah mengisi data jadwal pelajaran pada baris-baris berikutnya. Misalnya, pada kolom A, masukkan hari-hari (Senin, Selasa, Rabu, dan seterusnya). Pada kolom B, masukkan jam-jam pelajaran. Pada kolom C, masukkan nama mata pelajaran yang sesuai dengan jadwal. Terakhir, pada kolom D, masukkan nama ruangan tempat pelajaran tersebut dilaksanakan (misalnya Ruang Kelas atau Ruang Laboratorium).
  5. Gunakan format sel untuk mengatur tampilan jadwal pelajaran. Misalnya, siswa dapat menerapkan format teks cetak tebal atau warna latar belakang yang berbeda untuk kolom judul.
  6. Jika ada jadwal yang berulang setiap minggu, siswa dapat melakukan copy-paste jadwal tersebut pada minggu berikutnya untuk mempermudah pengisian jadwal.
  7. Siswa juga dapat menggunakan fitur lainnya, seperti penyusunan teks rata kanan, rata kiri, atau rata tengah, serta menggunakan format waktu sesuai dengan preferensi.
  8. Setelah selesai membuat jadwal pelajaran, pastikan untuk menyimpan file dalam format Excel (.xlsx) atau format lain yang diinginkan.

Cara Membuat Jadwal Pelajaran di Word

Di samping Excel, siswa juga bisa membuat jadwal pelajaran menggunakan aplikasi Microsoft lainnya, yakni Microsoft Word. cara membuat jadwal pelajaran di Microsoft Word yaitu:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Pada halaman kosong, buatlah tabel untuk memasukkan data jadwal pelajaran agar tertata dengan rapi. Siswa dapat menggunakan fitur “Table” di menu atau menggunakan ikon “Insert Table” untuk membuat tabel.
  3. Tentukan jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan untuk jadwal pelajaran. Misalnya, 3 kolom untuk memasukkan data hari, jam, dan nama mata pelajaran.
  4. Setelah membuat tabel, atur lebar kolom agar sesuai dengan kebutuhan. Siswa dapat mengatur lebar kolom dengan mengklik pada garis tabel, lalu menggeser garis pemisah di antara kolom-kolom tabel.
  5. Mulailah mengisi data jadwal pelajaran pada sel-sel tabel. Misalnya, pada baris pertama, masukkan judul untuk setiap kolom, seperti “Hari”, “Jam”, dan “Mata Pelajaran”.
  6. Isi baris-baris berikutnya dengan informasi jadwal pelajaran. Misalnya, pada kolom “Hari”, masukkan nama-nama hari. Pada kolom “Jam”, masukkan jam-jam pelajaran. Lalu, pada kolom “Mata Pelajaran”, masukkan nama mata pelajaran sesuai jadwal yang diterima dari sekolah.
  7. Gunakan fitur format teks atau pemberian warna pada Word untuk mengatur tampilan jadwal pelajaran sesuai keinginan.
  8. Setelah selesai membuat jadwal pelajaran, simpan dokumen dalam format Word (.docx) atau format lain yang diinginkan.

Cara Membuat Jadwal Pelajaran di Notion

Terakhir, siswa juga bisa menggunakan Notion untuk membuat jadwal pelajaran secara digital. Cara membuat jadwal pelajaran di Notion adalah sebagai berikut:

  1. Buka Notion dan buka halaman yang ingin digunakan untuk membuat jadwal pelajaran. Siswa dapat menggunakan halaman baru atau halaman yang sudah ada.
  2. Pada halaman tersebut, klik pada tempat di mana siswa ingin menambahkan jadwal pelajaran. Misalnya, siswa dapat membuat blok baru dengan mengklik “+” di bagian atas atau menggunakan keyboard shortcut “/” untuk menambahkan blok baru.
  3. Ketik “Table” atau “Tabel” dalam daftar pilihan blok yang muncul, lalu pilih opsi “Table” untuk membuat tabel.
  4. Setelah membuat tabel, tentukan jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan untuk jadwal pelajaran siswa.
  5. Mulailah mengisi data jadwal pelajaran pada sel-sel tabel.
  6. Isi baris-baris berikutnya dengan informasi jadwal pelajaran, seperti nama hari, jam pelajaran, dan nama mata pelajaran.
  7. Siswa dapat mengubah tampilan jadwal pelajaran menjadi lebih menarik dengan mengatur ukuran teks, menambahkan warna latar belakang, atau menerapkan fitur lainnya pada sel-sel dalam tabel.
  8. Setelah selesai membuat jadwal pelajaran, simpan halaman tersebut dengan klik tombol “Save”.

Selain memanfaatkan berbagai aplikasi digital untuk membuat jadwal pelajaran, di era Kurikulum Merdeka ini, guru dan siswa juga dapat memanfaatkan aplikasi Learning Management System atau LMS untuk mengelola berbagai keperluan belajar mengajar di sekolah. LMS yang dapat digunakan oleh guru dan siswa, salah satunya yakni Jelajah Ilmu dari Acer.

Jelajah Ilmu adalah platform LMS serbaguna yang dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti fitur Lembar Ujian, eBook, Tugas, dan Obrolan Grup. melalui fitur-fitur tersebut, siswa dan guru dapat mengelola proses belajar mengajar secara online dengan lebih sistematis. Siswa dan guru juga dapat mengakses Jelajah Ilmu kapanpun dan di manapun sesuai kebutuhan.

LMS Jelajah Ilmu dapat menjadi solusi efektif bagi para siswa dan guru di sekolah. Mereka dapat melakukan segala aktivitas terkait pembelajaran melalui satu platform saja tanpa harus berpindah-pindah ke platform lainnya, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan lebih efisien.