17 Februari 2023

Apa Itu Chromebook? Ini Perbedaannya dengan Laptop Biasa!

Saat ini, ada banyak jenis laptop yang beredar di pasaran dengan model, kemampuan, serta harga yang beragam. Berbagai jenis laptop ini dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna yang tentunya berbeda-beda antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Salah satu jenis laptop yang populer saat ini adalah Chromebook. Apa itu Chromebook dan apa saja yang membuatnya berbeda dengan laptop pada umumnya?

Apa Itu Chromebook?

Chromebook adalah jenis laptop yang berjalan pada sistem operasi Chrome OS yang dikembangkan oleh Google. Chromebook memiliki desain yang ringan, tipis, portabel, dan compact sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

Laptop jenis ini umumnya memiliki penyimpanan internal yang terbatas dan lebih bergantung pada layanan cloud-based untuk menyimpan dan mengakses file. Oleh karena itu, Chromebook cenderung ditujukan bagi pengguna yang dalam kesehariannya lebih banyak menggunakan web untuk melakukan browsing, membuat email, dan aktivitas online lainnya. 

Umumnya, Chromebook menggunakan hardware yang hemat daya sehingga membuat laptop ini menjadi lebih affordable dibandingkan laptop biasa. Laptop jenis ini juga memiliki daya tahan baterai yang lebih awet karena komponen-komponen pada laptop ini lebih hemat daya dan sistem operasi Chrome OS dikenal lebih efisien.

Laptop jenis Chromebook juga banyak yang dilengkapi dengan fitur keamanan built-in, termasuk fitur update otomatis dan proteksi dari virus. Hal ini membuat para pengguna yang memiliki kekhawatiran akan keamanan online jadi merasa lebih aman saat menggunakan laptop.

Perbedaan Chromebook dengan Laptop Biasa

Terdapat beberapa perbedaan antara Chromebook dengan laptop biasa, antara lain yaitu: 

1. Sistem Operasi yang Digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Chromebook menggunakan sistem operasi Chrome OS yang dikembangkan oleh Google. Sedangkan laptop biasa umumnya menggunakan sistem operasi Windows atau MacOS.

2. Aplikasi

Chromebook lebih banyak menggunakan aplikasi web-based yang diakses melalui browser Chrome. Sedangkan laptop biasa cenderung menggunakan jenis-jenis aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi web-based dan native.

3. Penyimpanan

Chromebook umumnya memiliki kapasitas penyimpanan internal yang lebih kecil karena laptop ini didesain untuk menyimpan file pada cloud. Sementara itu, laptop biasa umumnya memiliki kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar.

4. Harga

Dari segi harga, Chromebook umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan laptop biasa, yaitu di bawah Rp7.500.000,00. Sedangkan harga laptop biasa cenderung lebih mahal, tergantung spesifikasinya.

5. Performa

Chromebook memiliki performa hardware yang lebih rendah dibandingkan laptop biasa karena laptop jenis ini memang didesain sebagai laptop yang ringan dan terjangkau. Sementara itu, laptop biasa bisa memiliki performa hardware yang lebih tinggi untuk membuka aplikasi atau melakukan fungsi komputasi yang lebih berat.

6. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai laptop jenis Chromebook lebih awet dibandingkan laptop biasa karena hardware yang dimiliki lebih low-power dan sistem operasi Chrome OS cenderung lebih efisien.

7. Konektivitas

Chromebook didesain untuk terkoneksi dengan internet karena mayoritas aplikasi dan layanannya berbasis cloud. Sedangkan laptop biasa dapat digunakan secara offline, dengan beberapa keterbatasan.

Cara Menggunakan Chromebook

Cara menggunakan Chromebook kurang lebih sama dengan cara menggunakan web browser karena fungsi-fungsi pada Chromebook dijalankan melalui aplikasi dan layanan web-based. Untuk bisa menggunakan Chromebook, pengguna harus login ke akun Google masing-masing. Apabila belum memiliki akun Google, maka pengguna dapat membuat akun terlebih dahulu. 

Tampilan desktop Chromebook akan terlihat serupa dengan web browser Chrome. Pengguna bisa membuka tab baru, mengakses bookmarks, dan melakukan pencarian web dengan mengetik di address bar. Pengguna juga bisa mengakses aplikasi web-based dengan membuka tab baru dan menavigasikan tampilan pada website yang dituju.

Untuk menyimpan file, pengguna disarankan untuk menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud, seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive karena kapasitas penyimpanan internal di Chromebook terbatas. Kemudian, untuk pengaturan tampilan, suara, dan jaringan dapat diakses melalui status area yang terletak di bagian kanan bawah layar.

Interface pada Chromebook didesain ramah pengguna dan intuitif, dengan akses yang mudah menuju layanan dari Google atau aplikasi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook 

Setelah mengetahui apa itu Chromebook, kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari Chromebook. Kelebihan Chromebook, antara lain:

  • Harga lebih affordable
  • Desain lebih portable dan compact sehingga mudah dibawa kemana-mana
  • Memiliki daya tahan baterai yang awet
  • Didesain user-friendly sehingga mudah digunakan
  • Memiliki fitur update otomatis dan proteksi dari virus

Namun, Chromebook juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Memiliki kemampuan menjalankan fungsi atau aktivitas offline yang terbatas
  • Memiliki kapasitas penyimpanan lebih rendah
  • Pilihan aplikasi terbatas
  • Memiliki performa yang lebih rendah
  • Memiliki ketergantungan pada layanan dari Google

Dibandingkan laptop biasa, Chromebook lebih ideal untuk pengguna yang membutuhkan laptop ringan dan compact dengan harga yang lebih affordable. Selain itu, Chromebook juga sangat cocok bagi pengguna yang dalam kesehariannya lebih banyak menggunakan laptop untuk melakukan aktivitas dan kinerja secara online.

Salah satu bidang yang ideal untuk menggunakan laptop Chromebook adalah bidang pendidikan karena guru dan siswa lebih banyak menggunakan laptop untuk mengakses internet dan melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, baik melalui e-learning ataupun platform pendidikan lainnya. Untuk mendukung hal tersebut, Acer mengeluarkan berbagai produk Chromebook yang digunakan sebagai laptop untuk pelajar, di antaranya seperti berikut ini:

  1. Acer Chromebook C933

Acer Chromebook C933 hadir dengan sistem operasi Chrome OS dan prosesor Intel® Celeron® N4120. Laptop ini sangat compact dengan berat hanya 1,5kg plus layar 14″ HD 1366 x 768 Acer ComyfyView™. Layar laptop juga disertai LED-backlit TFT LCD dan grafis Intel® UHD Graphics 600.

Untuk penyimpanan, laptop ini memiliki kapasitas 4 GB onboard LPDDR4 dengan 32GB eMMC. Selain itu, Acer Chromebook C933 juga memiliki daya tahan baterai yang awet hingga 12,5 jam.

  1. Acer Chromebook R752TN

Acer Chromebook R752TN merupakan Chromebook yang dapat dilipat dengan layar sentuh disertai Acer Active Pen (Powered by Wacom), sehingga dapat digunakan sebagai tablet. Memiliki prosesor Intel® Celeron® N4120 dengan sistem operasi Chrome OS, Chromebook ini dapat diandalkan untuk mengerjakan berbagai aktivitas online.

Karena dapat berfungsi sebagai tablet, Chromebook ini memiliki ukuran layar yang lebih mini dan compact yakni sebesar 11.6″ dengan teknologi IPS (In-Plane Switching). Resolusi layar pun HD 1366 x 768 dengan high-brightness LED-backlit TFT LCD dan grafis Intel® UHD Graphic 600. Penyimpanan internal Acer Chromebook R752TN adalah sebesar 4 GB onboard LPDDR4 dengan 32GB eMMC. Daya tahan baterainya pun tinggi hingga mencapai 10 jam.

  1. Acer Chromebook C871

Acer Chromebook C871 merupakan Chromebook bertenaga Intel® Core™ i3-10110U processor, dengan sistem operasi Chrome OS. Chromebook ini sangat compact dengan bobot 1,4 kg, layar 12.0″, dan display menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching). 

Layar dari Acer Chromebook C871 beresolusi HD+ 1366 x 912, dengan high-brightness Acer ComfyView™ LED-backlit TFT LCD serta grafis Intel® UHD Graphics 600. Untuk kapasitas penyimpanannya berada di angka 4 GB onboard DDR4 dengan 32GB eMMC. Laptop ini bisa digunakan seharian dengan baterai yang tahan hingga 12 jam.

Berbagai produk Chromebook Acer dapat digunakan oleh guru dan siswa secara perorangan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mereka. Selain itu, Chromebook Acer juga bermanfaat bagi sekolah untuk menunjang kebutuhan sarana teknologi pada instansinya, seperti untuk kebutuhan laboratorium komputer di sekolah.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya