5 Mei 2023

Yuk, Ikut Seminar Pendidikan Acer Edu Tech 2023 dengan Tema Penerapan Literasi Digital!

Di era teknologi yang semakin maju ini, istilah literasi digital sudah menjadi hal yang selalu dikaitkan dengan berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Literasi digital mengacu pada pengetahuan serta kecakapan seseorang dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet, dan lain sebagainya. 

Di bidang pendidikan, literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang wajib diterapkan tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran kepada siswa. Adanya literasi digital dalam pendidikan dapat membuat kualitas pendidikan Indonesia menjadi berkembang pesat dan tidak kalah dengan kualitas pendidikan di negara lainnya. Literasi digital juga menjadi salah satu poin yang didorong pelaksanaannya dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbud Ristek.

Dalam rangka meningkatkan penerapan literasi digital di bidang pendidikan Indonesia sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, Acer menyelenggarakan Acer Edu Tech 2023 dengan tema Penerapan Literasi Digital untuk Pendidikan Masa Depan. Acara ini akan berlangsung secara hybrid, yakni daring melalui Zoom serta luring dengan bertempatkan di Aula Ki Hadjar Dewantara lantai 5, Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

Acara ini merupakan tindak lanjut dari seminar pendidikan Acer Edu Summit 2023 yang telah dilaksanakan pada Januari lalu dengan mengangkat topik mengenai transformasi digital pendidikan. Seminar online sekaligus offline kali ini juga masih akan membahas tentang pentingnya keterlibatan teknologi dalam pendidikan serta langkah-langkah konkrit yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Salah satu langkah konkrit yang telah dilakukan Acer untuk turut berkontribusi dalam transformasi digital pendidikan di Indonesia adalah dengan menghadirkan Jelajah Ilmu, yang merupakan platform Learning Management System (LMS) terlengkap untuk guru, kepala sekolah, orang tua, murid serta pemangku kepentingan pendidikan di sekolah. Dengan adanya Jelajah Ilmu ini, transformasi pendidikan Indonesia di bidang digital diharapkan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. 

Webinar pendidikan Acer Edu Tech 2023 akan diisi dengan penyampaian materi secara mendalam mengenai literasi digital pendidikan masa depan oleh pakar yang telah berpengalaman bertahun-tahun lamanya di bidang pendidikan, yaitu:

1. Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., memulai karirnya di Universitas Terbuka pada tahun 1985. Setelah menyelesaikan program sarjananya di IPB, beliau terpilih sebagai Rektor di Universitas Terbuka hingga tahun 2017, dan melanjutkan S2 di Simon Fraser University hingga meraih gelar Doctor of Philosophy di University of British Columbia, Vancouver. Pada seminar ini, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., akan memaparkan materi mengenai “Tantangan Penerapan Literasi Digital untuk Pendidikan Masa Depan”.

2. Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd.

Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd., merupakan seorang Guru Besar Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai rektor Universitas Negeri Jakarta selama dua periode, yaitu tahun 2004–2009 dan 2010-2014. Pada seminar ini, Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd., akan membawakan materi mengenai “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Kemajuan Pendidikan dan Pembelajaran”.

Selain itu, acara juga akan dibuka oleh  Syaefuloh Hidayat, S.S.T., M.A.P., pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Seminar pendidikan Acer Edu Tech 2023 ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Badan Musyawarah Perguruan Swasta DKI Jakarta,  dan Pusat Kajian Pendidikan dan Budaya Dewantara. Acara ini akan dilaksanakan pada Senin, 15 Mei 2023 mulai pukul 9.00 pagi hingga 12.00 siang. Anda dapat turut berpartisipasi dalam rangkaian acara ini dengan mendaftarkan diri melalui  http://acerid.com/edutech

Ikuti seminar pendidikan Acer Edu Tech 2023 dengan topik literasi digital ini dan jadilah bagian dari transformasi pendidikan Indonesia di bidang digital! Dengan materi webinar kali ini, Anda yang termasuk tenaga pendidik bisa menambah pengetahuan demi mempersiapkan generasi bangsa yang unggul dan siap bersaing secara global.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya