Petujuk dan Cara Membuat Soal di Google Form
Beranda / Materi Guru / Petujuk dan Cara Membuat Soal di Google Form

Petujuk dan Cara Membuat Soal di Google Form

Sejak pandemi virus corona covid-19 melanda, segala bentuk kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan ke sistem online. Alhasil, guru-guru harus beradaptasi dengan menggunakan berbagai aplikasi penunjang, salah satunya google form yang dipakai untuk melakukan ujian secara virtual. 

Sebelum maraknya pembelajaran online sendiri, google form sudah banyak dimanfaatkan untuk membuat kuisioner. Baik itu untuk kepentingan penelitian atau sekadar survei, yang jelas pemanfaatan google form memang sangatlah membantu karena praktis dan mudah. 

Google form dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti membuat formulir, pemungutan suara, kuisioner, hingga membuat soal. Pembuatan soal menjadi salah satu fitur google form yang sering digunakan para akademisi, baik oleh guru, dosen, profesor, mahasiswa, peneliti, dan lain sebagainya. 

Cara Membuat Soal di Google Form

Cara membuat soal di google form sangat mudah dan praktis. Demi menunjang kebutuhan ujian, penelitian, dan pembelajaran, membuat soal di layanan ini dapat mengurangi penggunaan kertas, menghemat biaya, mempersingkat waktu, serta menjangkau banyak pihak. Berikut cara membuat soal di google form yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

  1. Pertama, masuk ke akun google Anda, lalu akses situs docs.google.com/forms.
  2. Setelah masuk ke tampilan utama situs google form, Anda bisa menentukan layanan yang akan digunakan, apakah akan menggunakan layanan pribadi dan bisnis.
  3. Selanjutnya, klik tanda (+) untuk membuat formulir baru untuk membuat soal ujian.
  4. Anda bisa menuliskan judul ujian pada kolom paling atas, dengan cara klik lalu hapus “untitled form”, kemudian ketik judul soal di kolom tersebut.
  5. Langkah berikutnya, Anda bisa mulai memasukkan soal. Di bagian ini, Anda bisa pilih mode soal apakah itu pilihan ganda, jawaban singkat, dan lain sebagainya di kolom sebelah pertanyaan. Caranya klik ikon panah yang menghadap ke bawah kemudian klik mode pertanyaan yang Anda inginkan.
  6. Anda bisa menambahkan soal selanjutnya hanya dengan klik ikon (+) yang ada di samping kanan form pertanyaan. Lakukan terus hingga soal sudah masuk ke google form semua.
  7. Jika semua soal sudah dimasukkan, Anda bisa mengatur konfigurasi tampilan dengan cara, klik setting di pojok kanan atas. 
  8. Setelah itu akan muncul sebuah kotak pop-up berisi halaman setting yaitu General, Presentation, dan Quizzes. Anda bisa mengabaikannya atau mengaturnya sesuai keinginan.
  9. Jika soal dirasa sudah lengkap dan settingan sudah sesuai, Anda bisa klik save untuk menyimpan google form berisi soal yang telah dibuat.

Setelah selesai membuat soal, Anda dapat membagikan soal tersebut dalam bentuk tautan untuk diakses oleh responden. Cara membagikan tautan tersebut adalah:

  1. Pada bagian kanan atas, klik “Kirim”. Pilih cara yang ingin digunakan untuk mengirim kuis. 
  2. Jika memilih melalui email, klik “Email” lalu masukkan alamat email. 
  3. Anda dapat menyesuaikan subjek dan konten pesan. Jika memilih melalui link, klik “Link”, Anda dapat juga mempersingkat URL, kemudian klik “Salin”, lalu bagikan tautan kepada responden. 
  4. Jika memilih melalui tampilan situs, klik “Sematkan”. Anda dapat menentukan dimensi tampilan yang diinginkan. Klik “Salin”, lalu tempelkan HTML ke situs Anda. 
  5. Jika memilih melalui media sosial, klik salah satu ikon media sosial untuk membagikan tautan.

Demikian cara membuat soal di google form serta cara mengirim soal tersebut. Ternyata membuat soal di google form mudah dan menjadi cara praktis untuk melakukan ujian, terutama bagi para akademisi.