Pentingnya Sistem Penjamin Mutu Sekolah
Beranda / Event Acer / ASSA 2022 / Pentingnya Sistem Penjamin Mutu Sekolah

Pentingnya Sistem Penjamin Mutu Sekolah

Pentingnya Sistem Penjamin Mutu Sekolah

Berbicara tentang manajemen mutu pendidikan tidak terlepas dari peningkatan kualitas pendidikan. Tema manajemen mutu ini pun diangkat dalam webinar yang diadakan Jelajah Ilmu Academy pada tanggal 8 Juni 2022. Webinar dengan judul “Pentingnya Sistem Penjamin Mutu Sekolah” ini diisi oleh Dr Ninik Kristiani, M. Pd, yang merupakan salah satu pengawas nasional dari Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kota Batu dan juga sebagai tim penjamin mutu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Webinar ini bertujuan agar kita semua bersama-sama saling berbagi, saling mengingatkan untuk sama-sama mendorong perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia dan mengetahui bagaimana peran penjamin mutu dalam hal terkait kualitas pendidikan di Indonesia. 

Pentingnya Penjaminan Mutu Sekolah

Banyak sekolah telah melakukan berbagai program dan kegiatan untuk peningkatan kualitas pendidikan namun pendidikan di Indonesia belum meningkat secara signifikan. Apa yang menjadi masalahnya? Kualitas pendidikan belum meningkat secara signifikan dikarenakan belum ada penjaminan mutu di sekolah.

Mengapa penjaminan mutu penting? Ini karena apabila di sekolah ada jaminan mutu maka pada endingnya akan menuju student well being. Membahas penjaminan mutu sekolah juga tidak bisa terlepas dari kebijakan pemerintah saat ini. Jika Anda adalah guru atau kepala sekolah yang siap bertransformasi, maka program yang bisa dilaksanakan di sekolah adalah yang telah menjadi kebijakan oleh kementerian. 

Salah satu kebijakan pemerintah saat ini adalah perencanaan berbasis data. Perencanaan ini merupakan bagian dari solusi terhadap kelemahan tercapainya standar mutu. Jadi jika pencapaian mutu itu tidak terencana dengan baik maka proses pencapaian mutu juga tidak bisa tercapai dengan baik. 

Program atau kegiatan yang belum berdampak pada peningkatan mutu disebabkan oleh perencanaan yang belum berbasis data sesuai dengan masalah yang dihadapi. Maka tugas sekolah adalah meminimalisir hal ini terjadi. 

Misalnya kondisi permasalahan yang saat ini dihadapi seperti hasil belajar di bawah rata-rata dan kesenjangan antar kelompok dan wilayah, dari masalah tersebut dirumuskan kondisi yang diharapkan misalnya peningkatan hasil belajar baik kompetensi kognitif maupun non kognitif. 

Lalu sekolah bisa melakukan analisis kondisi/kinerja saat ini, melakukan identifikasi masalah, melakukan perencanaan, membentuk program kegiatan pengadaan yang semuanya telah berbasis data.

Dalam hal ini sekolah bisa berangkat dari: 

  1. Laporan potret kondisi mutu pendidikan yang diterima dari pemerintah daerah
  2. Data tersebut digunakan untuk bahan refleksi diri
  3. Lalu sekolah bisa melakukan perencanaan program perbaikan dari data yang diterima
  4. Pelaksanaan program perbaikan

Dari langkah diatas, nantinya akan muncul hasil yang di capai berupa perubahan perilaku seperti sekolah yang mulai terbiasa melakukan pencatatan yang diolah, dianalisis dengan pendekatan ilmiah dan juga melibatkan berbagai pihak dan membangun komitmen bersama. Jika sekolah berhasil melakukan hal tersebut, maka sekolah bisa dibilang sudah mengalami peningkatan mutu layanan pendidikan.

Selanjutnya apa yang bisa dilakukan oleh sekolah? Misalnya sekolah ingin mengetahui terkait mutu pembelajaran, guru dan kepala sekolah bisa melakukan supervisi untuk melihat mutu guru dalam pembelajaran. Hal kecil seperti ini bisa berdampak terhadap pemenuhan pelanggan sekunder. 

Itulah beberapa point penting yang disampaikan oleh Dr. Ninik Kristiani, M.Pd., terkait pentingnya sistem penjamin mutu sekolah. Semoga materi webinar kali ini memberikan insight baru untuk Anda dan dapat bermanfaat bagi pengembangan mutu untuk pendidikan di Indonesia yang lebih baik lagi. 
Bagi Anda yang tertarik mengikuti Acer Smart School Award, Anda bisa melihat seperti apa keseruan program ini mulai dari video pembekalan dari para narasumber hingga video presentasi para finalis dengan mengunjungi website https://www.acersmartschool.id/ dan YouTube Acer Indonesia.