ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021
Beranda / Event Acer / ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021
ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021

ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021

Acer for Education hadirkan ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021, penghargaan berskala nasional kepada sekolah yang siap melaksanakan transformasi digital dunia pendidikan. ⁣⁣

Peserta berkesempatan memenangkan hadiah dengan nilai total lebih dari Rp500 Juta. Acara ini terbuka untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Pendaftaran dibuka dari tanggal 12 Agustus hingga 14 September 2021. 

Kategori Pemenang dan Hadiah

Pemenang dipilih berdasarkan tiga kategori yaitu:

  1. Kategori ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021 Smart School of the Year (satu pemenang institusi untuk masing-masing tingkat sekolah) mendapatkan satu paket Kelas Digital senilai hingga +/- 100 juta rupiah.*
  2. Kategori ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021 Kepala Sekolah Inspiratif (satu pemenang institusi untuk masing-masing tingkat sekolah) mendapatkan 1 unit laptop dan uang tunai dengan total hadiah senilai +/- 25 juta rupiah*
  3. Kategori ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021 Guru Kreatif (satu pemenang institusi untuk masing-masing tingkat sekolah) mendapatkan 1 unit laptop dan uang tunai dengan total hadiah senilai +/- 10 juta rupiah*

Persyaratan Mengikuti ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021

Untuk mengikuti ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021, sekolah yang didaftarkan harus memiliki tiga persyaratan penting, yaitu:

  1. Terdaftar di DAPODIK Kemendikbud
  2. Sudah mengadopsi pembelajaran digital di lingkungan sekolah sebelum pandemi
  3. Sudah menerapkan model pembelajaran daring, luring atau hybrid selama masa pandemi

Kriteria Penilaian untuk Sekolah

Bagaimana juri memilih sekolah SD, SMP, SMA dan SMK yang berhak memenangkan penghargaan ini? Berikut beberapa kriteria tersebut:

  1. Kepemimpinan

Memiliki nilai e-leadership (kepemimpinan berbasis digital) dengan melihat sejauh mana pemimpin sekolah memiliki visi dan misi yang jelas serta strategis dalam menerapkan teknologi di sekolah hingga berdampak kepada siswa, staf, guru, yayasan dan masyarakat luas.

  1. Kurikulum dan sumber daya pembelajaran 

Melihat bagaimana teknologi diposisikan untuk mendukung tujuan kurikulum sekolah dan diimplementasikan secara efektif. Termasuk merencanakan dan integrasi lintas kurikulum  hingga pertimbangan teknologi melalui sekolah dan perencanaan yang tepat.

  1. Guru dan pengajaran 

Melihat integrasi teknologi, praktik dan pengembangan pembelajaran bagi siswa dengan memastikan dampaknya pada hasil kerja siswa, pengembangan keterampilan guru dan dorongan memperluas penerapan metode pembelajaran.

  1. Siswa dan orang tua 

Melihat peran sekolah dalam mempertimbangkan keselamatan dan perlindungan siswa dan keluarganya, selain itu juga mempromosikan dan mendukung keterlibatan orang tua yang lebih besar.

  1. Evaluasi dan pengembangan kemampuan siswa 

Melihat bagaimana sekolah memastikan dan menilai kemampuan TIK siswa hingga menggunakan dan terlibat dalam memanfaatkan teknologi. Serta peran teknologi dalam proses penilaian, pelaporan dan pengawasan sekolah.

  1. Manajemen dan aturan operasional

Melihat bagaimana sekolah memiliki pandangan luas dan terkoordinasi dalam menggunakan teknologi di sekolah. Selain itu, memahami dan meminimalisir risiko dan keamanan dalam penggunaan data dengan dukungan teknis yang efektif kepada sekolah, guru, siswa dan orang tua.

Daftarkan sekolah Anda di ajang ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021 sekarang melalui acerforeducation.id/schoolawards

*Syarat dan ketentuan berlaku.