Acer Smart School Awards 2021, Aksi Konkrit Transformasi Digital Pendidikan
Beranda / Event Acer / Acer Smart School Awards 2021, Aksi Konkrit Transformasi Digital Pendidikan
Acer Smart School Awards 2021, Aksi Konkrit Transformasi Digital Pendidikan

Acer Smart School Awards 2021, Aksi Konkrit Transformasi Digital Pendidikan

Acer, sebagai perusahaan teknologi terkemuka di dunia, menunjukkan langkah konkrit mendukung transformasi digital pendidikan di Indonesia lewat Acer Smart School Awards.

Apa itu Acer Smart School Awards?

Acer Smart School Awards adalah sebuah rangkaian kegiatan berskala nasional yang dilakukan berkala setiap tahun serta diikuti oleh sekolah dan guru dari berbagai pelosok nusantara. Pada tahun 2021, Acer Smart School Awards bisa terlaksana berkat dukungan oleh Kemendikbud Ristek, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel dan portal Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia, yang diadaptasi untuk kurikulum di Indonesia.

Dimulai sejak 12 Agustus 2020 lalu, Acer Smart School Awards 2021 tak hanya menyelenggarakan kompetisi namun juga pelatihan dan arahan transformasi digital oleh berbagai tokoh dari kalangan pendidik maupun professional. 

Di tahun ini, Acer Smart School Awards mengadakan kompetisi untuk kategori “School of The Year”, “Kepala Sekolah Inspiratif” dan “Guru Kreatif” kepada sekolah, guru, dan kepala sekolah. Pada acara puncak, diumumkan pemenang untuk masing-masing kategori berdasarkan penilaian oleh para juri yang merupakan expert di bidang pendidikan.

Kompetisi dengan Ribuan Peserta

Di Acer Smart School Awards tahun 2021 ini  ada 2.165 sekolah yang turut menjadi partisipan untuk berkompetisi. Dari sekian banyak peserta, persaingan untuk menjadi pemenang tentu sangat ketat. Pantaslah jika sekolah yang keluar sebagai pemenang berbangga diri. Namun, tak berarti peserta lain pulang tangan kosong karena selama rangkaian acara berlangsung, Acer memberikan pelatihan dan pendampingan untuk seluruh peserta yang dipandu para juri dari kalangan pendidik maupun profesional.

Penilaian Komprehensif

Ribuan peserta Acer Smart School Awards 2021 telah melewati berbagai variabel penilaian. Ketua dewan juri Acer Smart School Awards 2021, Prof. Dr. Ir. Ricardus Eko Indrajit, menjelaskan beberapa pertimbangan dalam penilaian yang meliputi: penyerapan nilai e-leadership, menjadikan teknologi sumber daya pembelajaran dalam mencapai kurikulum, peran sekolah dalam keselamatan dan keamanan siswa, kesiapan sumber daya manusia, keterlibatan orangtua, proses evaluasi dan pengembangan keahlian TIK para murid, hingga luasnya persepsi dan koordinasi sekolah  dalam pemakaian teknologi.

Mendukung Program Merdeka Belajar

Acer Smart School Awards 2021 juga mendukung program Merdeka Belajar. Sebagai salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, program Merdeka Belajar hadir agar tercipta pandangan, bahwa ilmu tak terbatas ruang kelas, tetapi juga luar kelas, seperti halnya internet hingga alam sekitar. Tujuan program Merdeka Belajar ini tentunya sejalan dengan Acer Smart School Awards 2021.

Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbud Ristek, Dr. Jumeri S.TP., M.Si., turut memberi apresiasi pada program Acer Smart School Awards 2021. Menurutnya, penghargaan Acer Smart School Awards 2021 bisa menjadi acuan empowerment seluruh sekolah dan guru, dalam memberi pendidikan berkualitas melalui teknologi.

Pemenang Acer Smart School Awards 2021

Setelah melewati fase penjurian ketat, akhirnya terpilihlah 14 sekolah dan tenaga pendidik dari SD, SMP, SMA, dan SMK yang menjadi pemenang Acer Smart School Awards 2021. Para pemenang menerima total hadiah uang tunai Rp500 juta serta kelas percontohan digital dan laptop.

Berikut daftar pemenang Acer Smart School Awards 2021:

Smart School of The Year

  • SD Ar Rafi, Bandung
  • SMP Kusuma Bangsa, Palembang
  • SMA PGRI Plus, Cibinong
  • SMK Telkom, Bandung

Kepala Sekolah Inspiratif

  • Agung Rahmanto, S.H., M.Pd. – SD Muhammadiyah, Sapen Yogyakarta
  • Antoni – SMP Darma Yudha, Pekanbaru
  • Dony Fikri Akbar, S.Kom. – SMA Kusuma Bangsa, Palembang
  • Tintin Hermawati – SMK Al Wafa, Bandung

Guru Kreatif

  • Nara Uma Annisa S.Pd. – SD Nasima, Semarang
  • Lievyana Fiorentine Tulangow, S. Farm. – SMP Manado Independent School, Kalawat Minahasa Utara
  • Fajar Indra Kurniawan, M.Kom. – SMAN Mojoagung, Jombang
  • Sulistyono, S.Kom. – SMKN 5, Bandar Lampung

Acer Special Mention

  • Pascalis Tethool – SMP Negeri Buti, Merauke
  • Felixtian Teknowijoyo – SMP Kristen Kalam Kudus, Solo

Pastikan Sekolah Anda Ikut Serta di Acer Smart School Awards 2022

Kemajuan zaman secara tak langsung akan memaksa segalanya bertransformasi digital. Terlebih lagi di dunia pendidikan. Bahkan tuntutan bisa datang dari para siswa; yang notabene generasi melek teknologi. Bukan tidak mungkin, “kesiapan digital” menjadi alasan utama mereka memiliki tempatnya bersekolah.

Transformasi digital perlu dimulai dalam langkah kecil nan konkrit. Mengikuti Acer Smart School Awards bisa jadi langkah pertamanya. Sebab acara ini bukan sekadar ajang penghargaan, melainkan juga pelatihan layaknya “kawah candradimuka”, di mana sekolah yang lolos dapat menjadi panutan bagi sekolah lainnya.

Pantau terus informasi lebih lanjut tentang Acer Smart School Awards selanjutnya di akun media sosial Acer Indonesia. Saat pendaftaraan dibuka, pastikan sekolah Anda terdaftar dan siap menjadi bagian dari transformasi digital.