Seperti Apa Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022?
Beranda / Edukasi / Seperti Apa Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022?
Seperti Apa Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022?

Seperti Apa Tren Teknologi Pendidikan di Tahun 2022?

Saat ini teknologi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Disrupsi dan transformasi teknologi telah membantu perkembangan dunia pendidikan seiring dengan perkembangan zaman. 

Pada tahun-tahun sebelumnya, tren teknologi berfokus pada internet, big data, dan pembelajaran mesin. Tren teknologi tersebut juga telah berkontribusi banyak untuk membantu sekolah dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Namun tren tersebut kini mulai tergeser dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, di mana teknologi memainkan peranan yang lebih besar dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang trend teknologi pendidikan berikut ini!

Baca Juga: Peran Fasilitas TIK Sekolah Terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah

Tren Teknologi Pendidikan

Pandemi COVID-19 telah merubah sistem pendidikan hampir di seluruh dunia. Sejak awal tahun 2020, ada jutaan siswa di dunia yang tidak lagi datang ke sekolah untuk mengikuti kelas. Mereka diminta untuk melakukan pembelajaran jarak jauh secara online dari rumah.

Sistem pembelajaran ini tentunya membutuhkan bantuan teknologi sebagai wadah untuk menjembatani kegiatan belajar-mengajar. Sehingga teknologi modern memainkan peranan besar untuk memungkinkan pendidikan online.

Adapun teknologi yang digunakan adalah platform konferensi pendidikan seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan platform lainnya yang dapat memungkinkan guru untuk mengadakan pembelajaran online secara real-time.

Tanpa adanya platform yang berguna dan koneksi internet yang stabil, mustahil bagi guru dan siswa untuk dapat melakukan pembelajaran di kelas online. Kolaborasi antara teknologi dan pendidikan ini kemudian dikembangkan menjadi EdTech.

Istilah “EdTech” berasal dari kata education dan technology yang menggabungkan arti pendidikan tradisional dan teknologi modern. Tren ini bertujuan untuk meningkatkan proses pendidikan menggunakan alat dan praktik yang berteknologi tinggi. Dengan adanya peluang teknologi baru, maka guru dapat membuat kelas menjadi lebih berguna dan inklusif.

Akibatnya, siswa tetap dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan baik tanpa khawatir tentang perubahan rencana pendidikan mereka ke depannya.

EdTech juga memberikan banyak keuntungan bagi siswa, seperti akses 24/7 untuk belajar, meningkatkan kolaborasi dengan orang lain, melakukan pembelajaran mandiri, mempersonalisasi pengalaman pendidikan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, tren teknologi EdTech juga dapat memberikan manfaat bagi guru dan tenaga pendidik lainnya, seperti menjadi alat manajemen yang berguna, membuat proses pengajaran menjadi efisien, dan lain sebagainya.

Sementara EdTech membantu semua orang memenuhi tantangan global, tampaknya pandemi masih belum akan berakhir dalam kurun waktu satu sampai dua tahun ke depan. Mengingat saat ini muncul berbagai varian mutasi virus corona yang memicu kewaspadaan berbagai negara di dunia.

Dengan demikian, besar kemungkinan EdTech akan tetap menjadi tren teknologi pendidikan di tahun 2022 dan mungkin akan tetap menjadi tren teknologi pendidikan di masa depan.

Baca Juga: Tips Menjalankan Rapat Guru Online yang Efektif

Tren EdTech

Saat ini guru dan siswa sama-sama tengah beradaptasi dengan realitas baru pendidikan. Di mana aksesibilitas pembelajaran online, masalah koneksi internet, dan perangkat teknologi lainnya masih menjadi kendala yang umum ditemukan dalam pembelajaran.

Di sisi lain, siswa menginginkan lingkungan belajar yang optimal agar dapat menimba ilmu dan menyelesaikan pendidikan dengan baik. Oleh karenanya, tren teknologi pendidikan EdTech hadir untuk memenuhi berbagai tantangan pendidikan.

Berikut adalah beberapa tren teknologi pendidikan paling penting dalam EdTech.

  1. Konten Video

Menurut statistik terbaru, tujuh dari sepuluh pengguna YouTube menggunakan platform untuk menangani masalah yang berhubungan dengan hobi, pekerjaan, dan pendidikan. 

Sementara itu, ada lebih dari 2,3 miliar orang yang menonton konten video untuk tujuan pendidikan dan hiburan. Artinya, ada banyak orang yang lebih menyukai konten video, termasuk di antaranya para siswa sekolah. 

Ini kemudian menjadi alasan mengapa format konten video menjadi salah satu tren EdTech yang paling penting dalam dunia pendidikan.

Di sisi lain, kombinasi antara audio dan visual yang ditawarkan konten video juga dapat membantu siswa menyerap ilmu pengetahuan dengan lebih baik.

  1. Platform Ujian

Ujian tradisional biasanya dilakukan oleh siswa secara langsung menggunakan selembar kertas dan pensil untuk mengungkapkan semua pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki kepada guru.

Namun, situasi pandemi tidak memungkinkan siswa untuk melaksanakan ujian secara tradisional. Oleh karena itu, komunitas pendidikan terus mengembangkan platform khusus untuk melakukan ujian secara online

Di mana nantinya ujian akan dilakukan menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan teknologi modern lainnya, untuk menyederhanakan, mengatur, mengotomatiskan proses ujian.z

  1. eLearning

Pembelajaran online atau eLearning merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling umum digunakan di masa pandemi seperti saat ini. 

Meskipun dalam penerapannya masih ditemukan beberapa hambatan, namun ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari metode eLearning, salah satunya adalah pembelajaran mandiri. 

Pembelajaran mandiri memberikan kesempatan pada siswa untuk mengatasi kelemahan mereka terkait topik pembelajaran yang tidak disukai sebelumnya. Seperti misalnya siswa dapat melakukan pembelajaran mandiri dengan kecepatan mereka sendiri tanpa takut tertinggal dengan teman kelas lainnya.

  1. Virtual Reality

Keberadaan virtual reality (VR) telah membuat kegiatan pembelajaran online menjadi lebih menyenangkan. Di sisi lain, teknologi VR  juga dapat memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas sekolah mereka.

Misalnya adalah ketika siswa diminta untuk menghafal nama-nama tulang manusia dalam pelajaran Biologi. Alih-alih hanya menghafal nama tulang yang ada dalam paragraf teks, siswa dapat menggunakan teknologi VR untuk membuat salinan kerangka dalam format 3D.

Dengan demikian, siswa akan lebih mudah menghafal, bahkan dapat lebih memperhatikan detail spesifik yang mereka temukan dalam kerangka 3D.

  1. Chatbot

Penggunaan chatbot dalam dunia pendidikan dapat membantu siswa dalam berbagai situasi. Di mana, siswa dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka di luar waktu kelas sekali pun.

Chatbot sendiri merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan dengan tokoh virtual yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan atau AI.

Kekuatan chatbot ini terletak pada kesederhanaannya. Biasanya informasi chatbot akan terintegrasi dengan pertanyaan yang sering diajukan, artikel dalam blog, dan konten lainnya.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembuat Soal di Era Pembelajaran Online

Masa Depan EdTech

Saat ini EdTech tengah menjadi tren teknologi yang sangat relevan dengan kehidupan di masa pandemi. Namun apakah tetap akan menjadi tren teknologi di masa yang akan datang? Bagaimana implementasi EdTech di masa depan? Apakah orang-orang akan tetap menggunakan tren teknologi EdTech atau malah sebaliknya?

Perlu diketahui bahwasanya pandemi global akan berakhir suatu hari nanti. Ini kemudian akan memungkinkan orang-orang untuk mulai kembali ke kehidupan mereka sebelumnya, tetapi ini juga tidak menutup kemungkinan dunia tidak kembali sama.

Pasalnya COVID-19 telah mengubah hampir semua aspek kehidupan manusia di bumi, baik itu pendidikan, pekerjaan, atau bahkan kehidupan pribadi seseorang. Sehingga, pola tradisional mungkin tidak lagi menjadi relevan di masa depan.

Di sisi lain, tren teknologi pendidikan EdTech terus berkembang dengan sangat cepat. Ini kemudian membuat EdTech menjadi sangat mungkin untuk tetap relevan dengan kehidupan di masa depan.