Tidak Perlu Bingung, Berikut Panduan Menyusun Program Semester Bagi Guru
Beranda / Edukasi / Tidak Perlu Bingung, Berikut Panduan Menyusun Program Semester Bagi Guru

Tidak Perlu Bingung, Berikut Panduan Menyusun Program Semester Bagi Guru

Tugas tenaga pendidik bukan hanya sekedar menjelaskan materi dan melakukan penilaian hasil belajar siswa, tetapi juga membuat administrasi yang cukup banyak. Salah satu jenis administrasi yang perlu disiapkan setiap pergantian semester yaitu silabus, absen, RPP, Program Tahunan (PROTA) hingga Program Semester (PROMES). Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang Program Semester.

Apa itu Program Semester

Program Semester merupakan program yang berisi garis-garis besar tentang hal-hal yang akan dicapai dalam satu semester. Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Program Semester merupakan bagian dari administrasi pembelajaran yang menjadi dasar untuk susunan administrasi pembelajaran lainnya. Tujuan pembuatan Program Semester yaitu sebagai gambaran bagaimana kegiatan belajar dilaksanakan selama satu semester depan. 

Beberapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama satu semester yaitu kegiatan tatap muka, kerja lapangan, praktikum, ujian tengah semester dan kegiatan lainnya guna mencapai tujuan pendidikan.

Mungkin ada yang beranggapan jika Program Semester sama dengan Program Tahunan, nyatanya keduanya adalah hal yang berbeda. Perbedaan antara Program Semester dan Program Tahunan adalah jika program tahunan dibuat untuk mengetahui banyak jam dalam mencapai kompetensi dasar, sedangkan program semester untuk menjawab minggu keberapa kompetensi dasar tersebut dapat dilakukan. 

Program Semester menjadi langkah awal atau susunan perencanaan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Program Semester dibuat secara terperinci dan berurutan dari beberapa hal yang akan dilakukan oleh guru selama mengajar. Berikut ini merupakan fungsi pembuatan program semester, di antaranya adalah:

  1. Guru memiliki gambaran kegiatan belajar yang dilakukan selama satu semester.
  2. Dapat memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selama satu semester sesuai perencanaan.
  3. Program Semester dapat mengarahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah diprogram.
  4. Program Semester dijadikan pedoman guru untuk mengajar dan membawa suasana kegiatan belajar mengajar lebih baik.
  5. Program Semester dijadikan sebagai pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap orang yang terlibat dalam pembelajaran.
  6. Sebagai bahan dalam menyusun data dan mencapai keseimbangan kerja.
  7. Sebagai tolak ukur keefektifitasan proses pembelajaran.
  8. Mengarahkan kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah diprogram.
  9. Menjadi pola dasar untuk mengatur tugas dan wewenang setiap pihak yang ikut serta dalam pembelajaran.

Halaman selanjutnya Langkah Penyusunan Program Semester

Untuk mendukung kegiatan Anda dalam menyusun program semester, Acer menghadirkan TravelMate P2 Untuk para profesional dalam dunia pendidikan. Acer TravelMate P2 hadir dengan fitur, performa dan keamanan yang handal. Acer TravelMate P2 menggabungkan gaya, fungsionalitas, dan portabilitas ke dalam satu perangkat. 

Acer TravelMate P2 juga dilengkapi fitur keamanan, laptop ini dilengkapi fitur TPM 2.0 untuk memastikan otentikasi yang aman dan melindungi data Anda. Sementara berkat teknologi Intel Wi-Fi 6 (802.11ax) yang canggih, Anda dapat menikmati pengalaman nirkabel yang lebih lancar dengan kecepatan hingga 3 kali lebih cepat daripada Wi-Fi 5 (802.11ac) standar. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran dan promo menarik.