5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sekolah Terbaik di Dunia
Beranda / Edukasi / 5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sekolah Terbaik di Dunia
5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sekolah Terbaik di Dunia

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Sekolah Terbaik di Dunia

Menempatkan anak di sekolah yang terbaik adalah keinginan semua orang tua. Melalui sekolah terbaik, orang tua yakin anak akan mendapatkan kualitas pendidikan yang mampu menjawab permasalahan di masa depan sekaligus membentuk karakter anak sebagai seorang pemimpin. 

Sayangnya, kita harus  mengakui bahwa kualitas pendidikan di Indonesia belum merata. Bahkan sekolah yang masuk dalam kategori sekolah terbaik kemungkinan masih berada di kota dan belum banyak di daerah. 

Bila Anda seorang pendidik dan mengajar di sekolah yang mungkin belum mencapai kualitas terbaik, tidak perlu berkecil hati. Mungkin sekolah tempat Anda mengajar masih terkendala pada fasilitas, jaringan komunikasi, pelatihan atau justru dukungan dari Pemerintah Daerah setempat. 

Meski mungkin sekolah Anda belum menjadi yang terbaik, namun bukan berarti tak bisa mengupayakan yang terbaik. Bagaimana caranya? Paling mudah adalah dengan mempelajari bagaimana sekolah terbaik di dunia memberikan transfer ilmu kepada muridnya dan nilai-nilai yang ditanamkan.   

Daftar Terbaru Sekolah Terbaik di Dunia 

Beberapa sekolah yang dikategorikan masuk dalam kategori sekolah terbaik di dunia adalah negara dengan sistem pendidikan yang diakui baik. Negara mana saja itu? Berikut rincian sekolah terbaik di dunia: 

1. Etelä-Tapiolan lukio (Finlandia) 

The Etelä-Tapiolan lukio (ETIS) adalah SMA terbaik di Finlandia. Sekolah yang unggul 

pada pendidikan ilmu ekonomi dan pengetahuan sosial ini memfokuskan diri untuk mengantar siswanya menjadi wirausahawan atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di universitas-universitas terbaik dunia.

Etelä-Tapiola yang telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di bidang akademik ini juga terkenal dengan sistem demokratisnya dalam hal belajar dan mengajar. Siswa bahkan memiliki perwakilan yang dapat menentukan kebijakan sekolah.

Etelä-Tapiola juga bekerja sama dengan universitas terbaik dalam beberapa mata pelajaran untuk memberikan perspektif dan pengalaman luas bagi siswanya. Misalnya, siswa yang belajar kimia akan memiliki proyek kerja bersama Universitas Aalto di Finlandia, atau pada mata pelajaran fisika, murid-murid secara reguler akan diajak mengunjungi salah satu pusat penelitian nuklir terbesar di dunia CERN Research Centre.

Baca juga: Cerita Sukses penerapan Hybrid Learning di Finlandia

2. Berlin Bilingual School (Jerman)

Berlin Bilingual School adalah sekolah unik dan berkualitas tinggi yang menempati urutan SMA terbaik di Jerman. Sekolah ini menggunakan bahasa Inggris dan Jerman sebagai pengantarnya. 

Sekolah yang berdiri sejak tahun 2007 ini menggunakan metode pembelajaran student centered untuk mencetak lulusan yang kreatif dan mampu berpikir dan belajar secara independen.

Murid di sekolah ini mendapatkan pelajaran umum dengan menitikberatkan pada matematika dan bahasa. Sekolah ini tidak menerapkan sistem kompetitif pada muridnya tapi menitikberatkan pada disiplin di seluruh aspek pelajaran yang diterima. Tegaknya disiplin sekolah di Jerman inilah yang membuat menjadi sekolah terbaik di dunia.  

3. Trinity Senior High School ( Amerika Serikat)

Trinity Senior High School merupakan sekolah swasta di Amerika Serikat (AS) yang siswanya unggul dalam bidang akademik. Sebab sekolah menjalankan program akademik yang ketat di bidang atletik, seni, kepemimpinan sebaya, dan perjalanan global.

Selain itu, guru di Trinity AS terbiasa berdiskusi atas sebuah masalah dan mendorong agar murid fokus pada ide. Sehingga suasana kelas dinamis, murid dapat menyampaikan pendapat, berdebat, berpartisipasi dalam diskusi yang dibangun oleh guru. 

Dalam upaya mendorong partisipasi murid di kelas, guru menugaskan murid untuk membaca sebuah buku teks atau bacaan lain. Kemudian, menjadikan bacaan tersebut sebagai bahan diskusi saat di kelas. Metode ini adalah cara dari Trinity Senior High School untuk mempersiapkan murid untuk menghadapi era baru. Konsep inilah yang menjadikan Trinity Senior High School sebagai sekolah terbaik di dunia.

4. Tokyo Bay International School (Jepang)

Tokyo Bay International School (TBIS) menjadi salah satu sekolah terbaik di dunia karena menerapkan standar tinggi pada kurikulum montessori di jenjang pendidikan SD hingga SMA. Mata pelajaran penting yang harus dikuasai murid di TBIS adalah: Bahasa Jepang, Matematika, IPA, IPS, musik, kerajinan tangan, pendidikan jasmani hingga ekonomi rumah tangga. 

Yang menarik, siswa di TBIS juga diajarkan untuk keterampilan memasak dan menjahit sederhana. Pembangunan karakter menjadi kunci sukses TBIS mencetak lulusan terbaik di Jepang. Guru pun menempatkan diri lebih dari sekadar pendidik, tapi sebagai partner solusi. 

Sehingga siswa di TBIS terbiasa menyelesaikan lebih dahulu persoalan atau tugas yang diberikan. Dengan strategi tersebut, sangat wajar bila sekolah di Jepang masuk dalam kategori sekolah terbaik di dunia. 

5. St Anthony’s Catholic Primary School (Inggris)

Sebagai sekolah agama, reputasi akademik St Anthony’s Catholic Primary School di Inggris dikenal yang paling baik di dunia. Berbasis pada pengajaran riset, murid didorong untuk dapat memecahkan masalah, memiliki motivasi diri dan dapat bekerja dalam kelompok kecil. 

St Anthony’s Catholic Primary School juga didukung dengan sejumlah fasilitas canggih yang dilengkapi dengan laboratorium canggih, layar interaktif dan fasilitas belajar online.  Selain itu, kenyamanan lingkungan juga menjadi perhatian pendidik di St Anthony’s Catholic Primary School, sehingga aktivitas akademik harus selaras dengan hubungan positif antara murid dan guru dan staf di sekolah. 

Menitikberatkan keiman, pengembangan karakter murid di St Anthony’s Catholic Primary School menjadi utama dimana murid diajarkan untuk mengamalkan kasih dalam kehidupan sehari-hari. Walhasil, St Anthony’s Catholic Primary School menjadi salah satu sekolah terbaik di dunia. 

Baca juga:  5 Solusi Acer For Education untuk Mendukung Pendidikan Indonesia

Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Sekolah Tersebut?

Beragam wawasan bisa kita tiru dari sejumlah negara dengan predikat negara yang memiliki sekolah terbaik di dunia tersebut. Bila kita serap dan diterapkan, bukan tidak mungkin sekolah tempat kita mengajar menjadi salah satu sekolah terbaik.  

Berikut lima hal yang bisa dipelajari guru  dari sekolah terbaik di dunia dan dapat Anda terapkan: 

Fokus pada Nilai Moral 

Guru di sekolah terbaik dunia tidak hanya fokus pada prestasi akademis tapi juga pada nilai-nilai kemanusiaan dan keterampilan. Dalam praktiknya, guru memperlakukan murid dengan hormat. Dengan begitu, murid merasa bahwa sekolah memperhatikan mereka sebagai individu yang tumbuh. Cara seperti ini membuat murid akan termotivasi dalam akademik mereka, sebab peran guru dinilai membantu mereka untuk mencapai tujuan belajar. 

Menanamkan Sikap Proaktif pada Murid

Pembentukan karakter menjadi salah fokus sekolah di Jerman. Siswa bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan dan diberikan kesempatan untuk berpikir kreatif. Untuk mengakomodir ini, guru dan kepala sekolah harus memberikan kesempatan untuk murid bisa berpartisipasi di sekolah. 

Hal sederhana misalnya melibatkan murid dalam hal penataan sekolah atau kelas, pilihan makan siang, hingga administrasi sekolah. Lewat cara ini, murid akan merasakan kepemilikan pada sekolahnya sehingga membuat murid nyaman dan bersemangat untuk belajar. 

Baca juga: Smart Classroom, Konsep Belajar Masa Kini

Mempersiapkan Murid untuk Siap Berkarier 

Sekolah terbaik di dunia adalah sekolah yang berhasil mempersiapkan muridnya dalam menghadapi ekonomi modern agar murid sejak dini mulai mengetahui karier apa yang hendak ditekuni di masa depan. Idealnya, pengetahuan akademik dan keterampilan harus diberikan secara imbang dalam menyiapkan generasi baru yang terampil di masa depan. 

Guru Mendapatkan Pelatihan Rutin 

Sebagai Kepala Sekolah, Anda bisa meniru sekolah di AS yang memberikan ruang untuk berkembang bagi guru dengan memberikan pelatihan secara reguler. Melalui pelatihan, guru akan merasa sebagai sosok yang profesional sekaligus dapat memprediksi apa yang dibutuhkan di masa depan. 

Contoh baik lain yang dapat ditiru adalah soal pembagian waktu yang 30% dihabiskan untuk mengajar, 30% untuk bekerja dalam tim dengan guru lain dan sisanya bekerja untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Dengan cara ini, bukan tidak mungkin sekolah Anda menjadi sekolah terbaik di dunia. 

Kolaborasi Antara Guru dan Staf 

Pendekatan top down bisa ditiru kepala sekolah dalam memimpin organisasi sekolah. Guru dan staf bisa berkomunikasi secara langsung dan berkolaborasi bersama untuk kepentingan murid. Kolaborasi ini akan menciptakan perasaan saling mendukung, percaya diri, aman dan semangat untuk bekerja. 

Selain itu akan tercipta perasaan profesionalitas guru dan staf yang akan membuat ekosistem sekolah semakin solid. Bila kondisi ini terjadi, diharapkan sekolah Anda dapat berjalan menjadi sekolah terbaik di dunia.   Nah, sekarang Anda sudah mengetahui dan memahami mengapa sekolah-sekolah tersebut masuk ke dalam kategori sekolah terbaik di dunia. Selamat mengaplikasikannya dan semoga kelak sekolah tempat Anda berkarya saat ini dapat masuk dalam kategori sekolah terbaik di dunia.