10 Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta
Beranda / Edukasi / 10 Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta
10 Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta

10 Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia Tenggara yang memiliki tingkat ekonomi atas rata-rata negara Asia Tenggara lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak komunitas ekspatriat yang berkembang di Jakarta.

Di saat yang bersamaan, Jakarta juga menjadi pusat sekolah internasional terbaik di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai pilihan sekolah internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan referensi Anda.

Lalu apa perbedaan sekolah internasional dengan sekolah nasional? Apa saja keuntungannya yang didapat dari sekolah internasional? 

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Perbedaan Sekolah Internasional dan Sekolah Nasional

Sama halnya seperti sekolah pada umumnya, sekolah internasional berfungsi untuk memberikan pendidikan terbaik untuk para siswanya. Namun, ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara sekolah internasional dan sekolah nasional.

Berikut adalah beda sekolah internasional dan sekolah nasional:

  • Kurikulum

Sekolah nasional di Indonesia umumnya menggunakan kurikulum yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, seperti KTSP 2006 dan Kurikulum 2013.

Namun hal ini tidak berlaku bagi sekolah internasional. Pasalnya, sekolah internasional memiliki kurikulum yang berorientasi pada rangkaian pendidikan dari negara-negara tertentu seperti Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Kebanyakan dari sekolah internasional akan menggunakan kurikulum Cambridge atau  International Baccalaureate (IB) yang mengajarkan mata pelajaran menggunakan bahasa Inggris.

Di Jakarta sendiri ada lebih dari separuh sekolah internasional yang berorientasi pada rangkaian pendidikan Inggris dan sekitar perlimanya berorientasi pada rangkaian pendidikan dari AS.

  • Tenaga Pengajar

Berbeda dengan sekolah nasional yang umumnya diajarkan oleh tenaga pengajar atau guru yang berasal dari Indonesia, sekolah internasional umumnya diajarkan oleh tenaga pengajar asing.

Akan tetapi, tidak semua guru di sekolah internasional sepenuhnya merupakan tenaga asing. Beberapa sekolah internasional juga tetap mempekerjakan guru asal Indonesia. 

Guru-guru di sekolah internasional harus memiliki kompetensi tertentu yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah. Oleh karena itu, kebanyakan guru sekolah internasional adalah pengajar asing yang memang telah memiliki kompetensi tersebut.

  • Bahasa Pengantar

Pembeda berikutnya adalah bahasa pengantar yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa.

Apabila sekolah nasional umumnya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, maka sekolah internasional akan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantarnya.

Bahasa asing yang paling umum digunakan adalah bahasa Inggris. Namun, selain bahasa Inggris ada juga bahasa lain yang digunakan, seperti bahasa Mandarin atau bahasa lainnya yang berasal dari beberapa negara Eropa.

  • Fasilitas Sekolah

Sekolah internasional terbilang memiliki fasilitas yang lebih unggul dibandingkan dengan sekolah nasional. 

Kebanyakan sekolah internasional memiliki fasilitas belajar kelas dunia yang dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman belajar siswa, serta mengembangkan dan meningkatkan bakat dan minat mereka.

Umumnya, sekolah internasional memiliki perpustakaan modern, auditorium, teater, kantin, laboratorium sains, gimnasium lengkap dengan peralatan olahraga, studio seni, beberapa lapangan olahraga, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Memilih Sekolah Dasar Terbaik untuk Anak

Keuntungan Sekolah Internasional

Ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dengan menyekolahkan anak-anak di sekolah internasional. Hal ini karena sekolah internasional dilengkapi dengan berbagai kelebihan dan fasilitas yang mungkin tidak ada di sekolah nasional.

Dengan segala fasilitas dan kelebihan sekolah internasional, siswa bisa mendapatkan pengalaman berharga yang dapat menentukan apa yang mereka inginkan, ingin menjadi siapa, dan bagaimana mereka akan melihat diri mereka hidup di masa depan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa keuntungan dari sekolah internasional:

  • Keragaman Budaya

Belajar di sekolah internasional akan membantu siswa untuk melihat fokus internasional secara global. Ini karena sekolah internasional umumnya akan mempromosikan topik pendidikan internasional dan membangun dasar yang kuat tentang pemahaman budaya. 

Selain itu, mempelajari kurikulum internasional seperti IB dan Cambridge, dapat membantu siswa untuk belajar lebih banyak tentang budaya baru dan dunia di luar kelas.

Hal ini juga didorong dengan adanya keragaman latar belakang budaya, etnis, dan bahasa dari setiap siswa yang berasal dari seluruh dunia.

  • Teman yang Beragam

Selain dapat membantu siswa mendapatkan ilmu dan pemahaman yang lebih luas, sekolah internasional juga dapat membantu siswa memperoleh teman yang beragam. 

Saat belajar di sekolah internasional, siswa akan memiliki kesempatan khusus untuk bertemu dan berteman dengan siswa dari budaya dan latar belakang yang berbeda dari seluruh dunia. 

Dengan begitu, mereka juga akan memiliki pandangan dan perspektif dunia baru yang lebih beragam.

  • Peluang untuk Berkembang

Kelebihan sekolah internasional berikutnya adalah adanya peluang siswa untuk lebih berkembang. 

Saat belajar di sekolah internasional, siswa memiliki kesempatan untuk belajar tentang budaya yang lebih bergaram, baik itu budaya lokal maupun budaya sekitar yang mempengaruhinya. 

Dengan demikian, siswa dapat menemukan kepercayaan diri di lingkungan yang berbeda dari biasanya dan dapat mengembangkan potensi terbaik mereka.

Hal ini tentunya juga didukung oleh sistem pembelajaran, kurikulum, dan fasilitas sekolah internasional yang menunjang siswa untuk tumbuh dan memperluas wawasan mereka.  

Baca Juga: Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Daftar Sekolah Internasional Terbaik dan Kelebihannya 

Sebagai pusat sekolah internasional, Jakarta memiliki berbagai jenis dan ragam sekolah internasional yang memberikan pendidikan terbaik bagi para siswanya. 

Setiap sekolah internasional dapat memiliki kurikulum dan sistem pembelajaran yang berbeda tergantung dari kebijakan sekolah yang berlaku.

Berikut adalah 10 sekolah internasional terbaik di Jakarta menurut International Schools Database:

  1. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta merupakan sekolah internasional yang terletak di Jakarta Selatan. Komunitas sekolah ini inklusif, hangat, ramah, dan menawarkan standar pendidikan dan pelayanan yang terbaik.

Sekolah internasional ini juga menawarkan program International Baccalaureate dan Cambridge, guru berpengalaman, serta para profesional yang akan membantu memenuhi potensi siswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Selain itu ACG School Jakarta juga memiliki fasilitas sekolah yang lengkap, seperti 30 ruang kelas, perpustakaan, dua laboratorium sains, ruang seni dan musik, gimnasium serbaguna, lapangan tertutup dan terbuka, kolam renang, serta musala guna mendukung segala aktivitas yang dilakukan para siswanya.

  1. British School Jakarta

British School Jakarta (BSJ) adalah sekolah berstandar internasional dengan warisan Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1974. Sekolah ini didukung oleh Kedutaan Besar Inggris untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa internasional. 

Salah satu kelebihan sekolah internasional ini adalah perpaduan kurikulum yang terdiri dari International Primary Curriculum (IPC), komponen kurikulum nasional Inggris, I/GCSE & IB CP & DP.

Selain itu, BSJ juga menawarkan guru berkualitas dan berpengalaman, fasilitas sekolah kelas dunia yang terletak di ruang hijau seluas 18 hektar yang asri, program ekstrakurikuler yang beragam, pengembangan karakter dan disiplin, konselor kesejahteraan, pusat konseling universitas, serta skor IGCSE dan IB yang berada di atas rata-rata dunia.

  1. SIS Kelapa Gading

Singapore Intercultural School (SIS) Kelapa Gading merupakan sekolah internasional yang terakreditas K-12 dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

SIS Kelapa Gading menggabungkan potensi Indonesia dan metodelogi Singapura yang terus berkembang. Sekolah ini menggunakan kurikulum Singapura, Cambridge, dan IB.

Selain itu, sekolah ini juga menawarkan program STEM dan program atletik terbaik yang dapat mengembangkan potensi dan minat para siswanya. 

  1. SIS South Jakarta

Sekolah internasional di Jakarta berikutnya adalah Singapore Intercultural School South Jakarta (SIS) South Jakarta

Sama seperti SIS Kelapa Gading, SIS South Jakarta juga menggunakan perpaduan kurikulum Singapura, Cambridge, dan IB dalam pembelajarannya. 

Namun, yang membedakan SIS South Jakarta dengan kebanyakan sekolah internasional lainnya adalah tiga program unik dan inovatif yang ditawarkan sekolah untuk para siswanya. Program tersebut terdiri dari program robotik, ESOL, dan studi Islam.

Di SIS South Jakarta, setiap siswa akan terlibat dalam program robotika yang akan mengajarkan mereka tentang teknik dasar coding dan desain untuk menginspirasi mereka menjadi kreatif, mengembangkan pemikiran logis dan keterampilan memecahkan masalah.

  1. Jakarta Intercultural School

Jakarta Intercultural School (JIS) merupakan sekolah internasional yang didirikan oleh pekerja PBB pada tahun 1951, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Sekolah internasional ini menawarkan perpaduan kurikulum IB dan AP untuk mengembangkan para siswanya agar menjadi bersemangat, ingin tahu, dan kreatif mewujudkan nilai-nilai yang diajarkan oleh JIS.

Selain itu, JIS juga mempersiapkan siswa mereka untuk menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka cita-citakan, dan menjadi yang terbaik untuk dunia tempat mereka tinggal.

Baca Juga: 3 Solusi Teknologi dari Acer untuk Mendukung Sekolah Tatap Muka Terbatas

  1. Jakarta Multicultural School

Sekolah internasional di Jakarta selanjutnya adalah Jakarta Multicultural School (JMS) yang didirikan sejak tahun 2007 di atas lahan seluas 2 hektar yang terletak di kawasan hijau Situ Gintung Selatan Jakarta.

JMS berkomitmen untuk menyediakan pendidikan dengan kurikulum IB yang menghormati pluralitas keyakinan, budaya, dan cara berpikir.

Selain itu, JMS juga memberikan pendidikan inklusif untuk setiap orang, termasuk peserta didik dengan kebutuhan khusus. Semua siswa akan diberikan kesempatan yang sama untuk meningkatkan potensi mereka sebagai individu.

  1. North Jakarta Intercultural School

North Jakarta Intercultural School (NJIS) merupakan sekolah internasional yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta. Sekolah ini didirikan pada tahun 1990 dan terakreditas penuh oleh Accrediting Commission for Schools, Western Association of Schools and Colleges (ACS WASC).

NJIS telah diakui secara internasional untuk program pendidikan inovatif yang menanamkan komitmen pada para siswanya untuk belajar, berintegritas, dan percaya diri untuk memimpin dan menjadi unggul.

Selain itu, NJIS juga menawarkan keunggulan mengajar, gaya mengajar yang luar biasa, standar AS, ukuran kelas kecil, lokasi strategis, dan fasilitas terbaik untuk para siswanya.

  1. New Zealand School Jakarta

Berbeda dengan sekolah internasional lainnya yang kebanyakan menggunakan kurikulum IB dan Cambridge, New Zealand School Jakarta (NZSJ) menawarkan New Zealand Curriculum (NZC) yang berpusat pada anak, menyeluruh, dan progresif bagi para siswanya. 

Selain itu, NZSJ juga menawarkan komunitas yang ramah dengan tim kaiako (guru) dan staf pendukung yang bersemangat.

NZSJ memiliki tujuan untuk mengembangkan program pembelajaran individu yang inovatif dan menantang guna memberikan dasar yang kuat untuk kesuksesan akademik, serta pertumbuhan sosial dan emosional para siswanya.

  1. French School of Jakarta

Lycée Francais de Jakarta (LFJ) atau yang dikenal juga dengan nama French School of Jakarta adalah sekolah internasional dengan French Baccalaureat yang disesuaikan dengan konteks lokal.

LFJ menawarkan pendidikan multibahasa (Prancis, Inggris, dan Bahasa Indonesia) dan multikultural di lingkungan internasional. 

Selain itu, LFJ juga menawarkan sistem pendidikan Prancis yang terstruktur, akses ke universitas terbaik di dunia, serta program ekstrakurikuler seni, budaya, dan olahraga yang diawasi oleh para profesional.

  1. AIS Indonesia

Australian Independent School (AIS) Indonesia adalah sekolah internasional yang menawarkan pendidikan berstandar Australia dengan Australian Curriculum (AC). Sekolah ini terletak di dua lokasi berbeda, yaitu Jakarta dan Bali.

AIS memiliki filosofi untuk mengembangkan dan mendemonstrasikan praktik pendidikan terbaik dan membuat pendidikan berstandar Australia kelas dunia yang tersedia serta dapat diakses oleh semua anak di Indonesia. 

Terlepas dari kemampuan, budaya, etnis, latar belakang bahasa, atau jenis kelamin, semua siswa AIS akan didorong dan dibina untuk mencapai potensi pendidikan dan sosial mereka sepenuhnya.

Itulah pilihan sekolah internasional di Jakarta dan perbedaan yang dimiliki dibandingkan sekolah nasional pada umumnya.