Perjalanan ASSA 2021: Peserta Visualisasikan Kesiapan Sekolah Menuju Smart School Melalui Video Inspiratif
Beranda / Edukasi / Perjalanan ASSA 2021: Peserta Visualisasikan Kesiapan Sekolah Menuju Smart School Melalui Video Inspiratif
Perjalanan ASSA 2021: Peserta Visualisasikan Kesiapan Sekolah Menuju Smart School Melalui Video Inspiratif

Perjalanan ASSA 2021: Peserta Visualisasikan Kesiapan Sekolah Menuju Smart School Melalui Video Inspiratif

Para peserta Acer Smart School Award (ASSA) 2021 kini tengah memasuki tahapan baru dari rangkaian panjang pelaksanaan penghargaan berskala nasional tersebut. 

Setelah selama dua pekan mendapatkan rangkaian pelatihan dan pembekalan yang melibatkan para pakar dan praktisi pendidikan seperti Prof.Dr.Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, dan Prof. Unifah Rosyidi, M.Pd, peserta diwajibkan untuk mengirimkan perencanaan dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selambatnya pada 30 November 2021. Saat ini, peserta tengah dalam proses pembuatan video yang menceritakan kesiapan sekolah dalam menuju Smart School dan implementasi TIK di sekolah mereka. 

Menurut James F. Tomasouw, Ketua PGRI SLCC Jawa Timur yang juga tim pengarah ASSA 2021, Smart School merupakan sekolah yang melakukan migrasi sistem pembelajarannya dari lingkungan yang hanya dapat diakses secara fisik, tercetak dalam dokumen/ kertas, dalam ruang dan waktu yang dijadwalkan menuju sistem pembelajaran yang berbasis kepada data-data digital berupa file-file yang bisa diakses dengan peralatan TIK, kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan bagaimanapun.

Dalam video berdurasi maksimal 5 menit tersebut, peserta harus dapat menunjukkan seperti apa penerapan konsep smart school di sekolah mereka, mulai dari fasilitas TIK di sekolah, pelaksanaan belajar-mengajar sehari-hari yang terintegrasi teknologi, dan kesiapan guru serta kepala sekolah dalam melakukan transformasi digital menuju smart school.

Bagi Anda yang tertarik mengetahui seperti apa keseruan video yang dibuat oleh peserta Acer Smart School Awards 2021, Anda dapat mengakses situs YouTube dan mengetik #acersmartschoolawards2021 atau mengunjungi Instagram dan mengetik #acersmartschoolawards2021. Di sana sudah terdapat puluhan video menarik yang menggambarkan kesiapan penerapan konsep smart school di masing-masing sekolah.

Baca Juga: Konsep Smart School dan Penerapannya di Indonesia

Rangkaian ASSA 2021

Sebagai informasi bagi Anda yang baru mendapatkan informasi mengenai penyelenggaraan Acer Smart School Awards 2021, penghargaan ini merupakan wadah pembinaan sekolah-sekolah yang ingin melakukan transformasi digital. Lomba yang didukung oleh Kemendikbud Ristek, Persatuan Guru Republik Indonesia, Penerbit Intan Pariwara, Microsoft, Intel, dan Jelajah Ilmu, solusi pengajaran komprehensif kelas dunia yang diadaptasi untuk kurikulum Indonesia ini, terdiri dari tiga kategori yakni Smart School of The Year, Kepala Sekolah Inspiratif, dan Guru Kreatif. 

Pada 6 Desember 2021, panitia akan mengumumkan 10 finalis untuk kategori Smart School of The Year dan Kepala Sekolah Inspiratif, sedangkan untuk 10 finalis kategori Guru Kreatif akan diumumkan pada 10 Desember mendatang. Puncak ASSA 2021 yakni pengumuman pemenang akan berlangsung pada 15 Desember 2021.