Pentingnya Guru Menguasai Komunikasi Efektif dan Public Speaking
Beranda / Edukasi / Pentingnya Guru Menguasai Komunikasi Efektif dan Public Speaking
Pentingnya Guru Menguasai Komunikasi Efektif dan Public Speaking

Pentingnya Guru Menguasai Komunikasi Efektif dan Public Speaking

Komunikasi adalah keterampilan yang penting dimiliki semua profesi, terutama bagi seorang guru. Sebab, suksesnya sebuah proses belajar mengajar sangat bergantung pada komunikasi antara guru dan murid.

Keterampilan dalam berkomunikasi adalah kemampuan seseorang dalam menyampaikan pesan kepada lawan bicaranya. Bila dikaitkan dengan proses belajar mengajar, maknanya akan lebih luas, bukan sekadar transmisi pesan tapi juga melibatkan pemahaman bersama saat komunikasi berlangsung. 

Secara teori mungkin terlihat mudah, namun sebenarnya dalam pelaksanaannya belum tentu. Terutama bagi Anda yang memiliki krisis kepercayaan diri ketika tampil berbicara di depan umum. 

Mengingat pentingnya keahlian berbicara dan menyampaikan pesan dalam profesi Anda, ada baiknya untuk belajar public speaking dan menguasai teknik-teknik berbicara yang benar. Bagaimana memulai dan mempraktekannya? Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Apa itu Public Speaking dan Seni Berbicara

Sesuai dengan artinya, public speaking artinya berbicara di depan umum yang merupakan proses mengkomunikasikan informasi kepada audiens.

Ketika Anda berbicara di depan orang banyak, keterampilan dalam berpikiran kritis dan keterampilan komunikasi verbal atau non verbal sedang dilatih. 

Lalu berapa lama idealnya waktu menyampaikan public speaking? Memang tidak ada ideal terkait lama penyampaian. Tapi, yang harus jadi perhatian, berbicara di depan umum harus memanfaatkan waktu seefektif mungkin. 

Mengutip kalimat novelis terkenal asal Amerika Serikat, Mark Twain, tentang public speaking “Jika Anda ingin saya berbicara selama dua jam, saya bisa mulai sekarang. Jika Anda ingin saya berbicara selama lima menit, saya akan membutuhkan waktu seminggu…”

Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa waktu berbicara yang baik adalah dalam waktu yang singkat tapi mampu mempengaruhi para audiens. Sebuah catatan bagi para guru, jika Anda memiliki banyak waktu ketika menyampaikan ceramah, maka Anda memiliki banyak waktu luang untuk menyampaikan pesan utama dalam mengajar. Tetapi jika memiliki waktu terbatas untuk menyampaikan maksud dari pembicaraan Anda, maka penting untuk menyampaikan maksud secara efektif.

Read More: Sistem Pendidikan di Indonesia, Perkembangan, Masalah dan Masa Depannya

Seni berbicara

Dalam ilmu public speaking, seorang pembicara harus memiliki persiapan matang dan mengetahui inti pesan yang ingin disampaikan pada audiens. Anda pun harus lebih dulu menentukan komunikasi lisan seperti apa yang efektif sebelum mulai mengajar.

Hal teknis yang harus dipersiapkan dalam kelas misalnya speaker, pencahayaan kelas, layout ruang kelas, dan banyak hal lainnya. 

Nah, agar anda sukses dalam mengajar, tidak ada cara selain menguasai public speaking! Pelajari keterampilan berbicara di depan umum yang membuat Anda berbeda dari rekan atau pesaing Anda. Keterampilan komunikasi yang baik membuat Anda diperhatikan dan diingat dan memberi Anda pengaruh.

Manfaat Menguasai Public Speaking Bagi Guru

Jika Anda merasa kurang dapat menyampaikan sebuah pelajaran dengan baik, padahal telah cukup menguasai materinya, maka Anda harus belajar public speaking. Sebab banyak manfaat yang akan Anda rasakan ketika menguasai public speaking. Berikut ini beberapa di antaranya: 

1. Kepercayaan Murid Meningkat

Sebagai seorang guru, tugas Anda berada dalam posisi memberikan pengetahuan, membentuk karakter siswa dan membantu murid tumbuh menjadi pria dan wanita muda yang sukses. Untuk itu, semua Anda perlu meraih kepercayaan dari murid.  

Public speaking dapat membantu Anda menarik perhatian murid. Langkah selanjutnya adalah dengan mengkombinasikan waktu mengajar di kelas dengan waktu personal untuk masing-masing murid sehingga mereka mendapatkan perhatian penuh. Pada akhirnya, rasa percaya tersebut akan tumbuh.

2. Meningkatkan Kualitas Diri 

Dalam Era Revolusi Society 5.0 kemampuan berkomunikasi merupakan skill yang sangat dibutuhkan, selain pengetahuan di bidang teknologi. Bila Anda menguasai public speaking, tentu Anda selangkah lebih siap untuk menghadapi era baru tersebut. Dalam hal karier, bukan tidak mungkin pencapaian Anda bisa tinggi. 

3. Implementasi Kurikulum

Dalam implementasi Kurikulum 2013, sekolah wajib mentransformasikan 4C yaitu: Creativity, Critical Thinking, Communication dan Collaboration. Oleh karenanya, guru wajib memiliki kemampuan public speaking agar dapat mestimulus murid untuk menguasai keahlian berkomunikasi dan berkolaborasi. 

4. Menggugah Cara Berpikir Kritis 

Berbicara di depan banyak orang adalah bagian dari menggugah pikiran kritis pendengarnya. Jika memang pendengar setuju akan sebuah gagasan atau ide yang disampaikan, maka mereka akan mendukungnya dan mengutarakan pendapatnya. Sebaliknya, jika tidak mereka akan mengkritisinya. 

Begitu juga dalam kegiatan belajar mengajar. Guru yang memiliki kemampuan public speaking yang baik dapat menciptakan kondisi tersebut di depan murid. Hasilnya murid akan menjadi lebih berprestasi karena terbiasa dan mampu mengutarakan pendapatnya dengan baik. 

Read More: Kesalahan yang Sering Dilakukan Guru Ketika Mengajar dan Solusinya

Tips dan Trik Public Speaking

Berbicara di depan umum merupakan bagian sehari-hari dari guru, tidak sedikit yang mengalami kesulitan untuk melakukannya di depan murid. Padahal sebenarnya kesulitan yang dirasakan bisa diatasi, asalkan dengan persiapan yang matang. 

Tips berikut bisa membantu Anda mengatasi kesulitan dalam public speaking dan bisa Anda praktekan setiap harinya. Berikut sejumlah tips and trik public speaking.

1. Lakukan Persiapan

Kesiapan guru dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah. Maka, guru harus menyiapkan materi yang menarik, kreatif, inovatif dan menyenangkan. 

Oleh karena itu, guru harus mempersiapkannya dengan baik agar proses belajar mengajar bisa sukses. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan? Berikut hal-hal yang penting diperhatikan:

  • Pengetahuan Topik 

Pengetahuan yang baik adalah kunci untuk presentasi yang kuat. Maka, guru harus memastikan bahwa dirinya fasih dengan topik yang akan dipresentasikan termasuk semua penelitian dan temuan terbaru.

  • Bahan

Pelaksanaan pembelajaran daring menuntut guru untuk menyiapkan presentasi menggunakan video pembelajaran atau presentasi digital melalui Microsoft PowerPoint atau Google Slide. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan sekian media pembelajaran tersebut. 

2. Belajar Melalui YouTube dan Sosial Media 

Saat ini sumber-sumber pengetahuan dapat diakses dengan mudah melalui internet. Dalam platform seperti YouTube dan media sosial, Anda bisa menemukan materi pembelajaran mengenai public speaking. Anda bisa mempelajari gerak tubuh bahkan detail presentasi sekalipun. 

3. Gunakan Outline 

Ada banyak cara untuk menguasai public speaking dengan alami, salah satunya dengan membuat garis besar atau outline setiap kali Anda mengajar. Jika selama ini sering kali menghafal sesuatu, gantilah menggunakan rangkuman garis besar pelajaran. Cara ini sangat efektif dan mengurangi kecemasan dan membantu Anda yang sering lupa tentang ide yang hendak disampaikan. 

4. Cobalah untuk Rileks

Perasaan santai akan membantu Anda terhindar dari kesalahan ketika melakukan public speaking di kelas. Plus Anda akan terhindar dari kondisi yang membuat stres. Jadi, usahakan untuk menenangkan diri dengan hal-hal yang Anda sukai agar merasa lebih santai, sehingga akan terhindar dari kesalahan. 

5. Latihan 

Selanjutnya hal penting yang Anda harus lakukan agar sukses dalam presentasi adalah dengan latihan. Anda bisa merekam ketika hendak melakukan presentasi, lalu lihat penampilan Anda dalam video. Jika terjadi kesalahan dalam penyampaian atau berkomunikasi maka bisa mengetahuinya dan memperbaikinya. 

Read More: Bagaimana Mengimplementasikan E-Leadership dalam Pendidikan?

6. Pemanasan 

Mendekati waktu presentasi, Anda bisa melakukan pemanasan lebih dahulu. Tidak perlu lama, siapkan waktu 1 menit sampai 3 menit untuk melatih otot wajah Anda plus menguji beberapa poin pada garis besar yang sudah Anda siapkan. Setelahnya tarik nafas dan siap untuk memulai presentasi hebat Anda.

7. Fokus 

Sekarang Anda siap untuk melakukan public speaking, ingatlah untuk fokus pada apa yang hendak disampaikan. Sesuaikan intonasi suara Anda dalam berbagai kondisi sepanjang waktu mengajar. Sisipkan juga humor atau ceritakan pengalaman pribadi  dalam pelajaran untuk membuat murid Anda tetap fokus pada pelajaran.  
Sudah mengetahui dan belajar public speaking di kelas, sekarang waktunya untuk mempraktekannya. Ingatlah setiap pengajaran yang Anda lakukan menentukan masa depan anak didik Anda. Semoga sukses!