5 Metode Kepemimpinan yang Penting Diketahui Kepala Sekolah
Beranda / Edukasi / 5 Metode Kepemimpinan yang Penting Diketahui Kepala Sekolah
5 Metode Kepemimpinan yang Penting Diketahui Kepala Sekolah

5 Metode Kepemimpinan yang Penting Diketahui Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki peran sangat penting sebagai pemimpin sekolah. Ini karena peran kepala sekolah mencakup banyak hal, termasuk kepemimpinan, evaluasi guru, dan kedisiplinan siswa.

Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif akan memberikan dampak positif bagi sekolah dan siswa. Selain itu, ini juga akan berdampak pada efektivitas kinerja guru dan kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Namun, menjadi kepala sekolah yang efektif bukanlah hal mudah, dibutuhkan kerja keras dan memakan waktu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak simak pembahasan tentang kepemimpinan kepala sekolah dan metode kepemimpinan kepala sekolah yang efektif di bawah ini.

Baca Juga: 7 Keterampilan Utama yang Harus Dimiliki Guru Masa Kini

Overview Kepala Sekolah Sebagai Seorang Pemimpin

Sebagai seorang pemimpin di sekolah, kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai pengelola yang menjalankan peraturan saja, namun juga harus menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat mengembangkan seluruh warga sekolah, baik itu guru pengajar, staf sekolah, maupun para siswa. 

Seorang kepala sekolah yang baik juga harus seimbang dalam semua peran yang dimilikinya, dan bekerja keras melakukan yang terbaik dalam semua aspek, termasuk organisasi, menentukan prioritas, serta melakukan penjadwalan.

Di sisi lain, seorang kepala sekolah yang baik selalu memimpin dengan memberi contoh. Oleh karena itu, kepala sekolah harus bersikap positif, antusias, terlibat dalam kegiatan sehari-hari, dan mendengarkan apa yang dikatakan oleh anggota komunitas sekolah. 

Sementara itu, kepala sekolah juga harus bersikap tenang dalam situasi sulit, berpikir sebelum bertindak, dan mengutamakan kepentingan sekolah di atas kepentingannya sendiri. 

Sekilas Mengenai Kewajiban Kepala Sekolah

Menurut Wallace, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat diraih jika kepala sekolah melakukan kewajibannya dengan baik dan benar.  

Berikut adalah 5 (lima) kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah:

Baca Juga: Rahasia di Balik Tingginya Ranking Pendidikan Korea Selatan

  1. Membentuk Visi Keberhasilan Akademik Untuk Semua Siswa

Meskipun setiap kepala sekolah memiliki visi yang berbeda untuk sekolahnya, namun para peneliti mendapati bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif berkorelasi dengan tanggung jawab kepala sekolah terkait visi akademik. Lebih tepatnya, kepala sekolah bertanggung jawab untuk membangun visi komitmen sekolah terhadap standar yang tinggi dan keberhasilan semua siswa.

Gagasan standar yang tinggi dan keberhasilan semua siswa dapat menjadi salah satu kunci untuk menutup kesenjangan prestasi antara siswa yang beruntung dan kurang beruntung, serta dapat meningkatkan pencapaian seluruh siswa.

Selain itu, kepala sekolah yang efektif juga harus memastikan bahwa gagasan tersebut dapat mendukung peningkatan pembelajaran di sekolah dan berfokus pada tujuan kemajuan siswa.

  1. Menciptakan Iklim yang Ramah Pendidikan

Tanggung jawab kepala sekolah yang efektif berikutnya adalah memastikan bahwa sekolah memungkinkan semua orang untuk menempatkan pembelajaran di lingkungan sekolah yang sehat, yang terdapat aspek-aspek dasar seperti keamanan dan ketertiban, kualitas guru, dan profesionalitas guru yang berfokus pada pengajaran yang baik.

Selain itu, kepala sekolah yang efektif juga harus berfokus untuk membangun komunitas sekolah dan menghormati setiap anggota komunitas sekolah. Hal Ini termasuk lingkungan yang optimis, ramah, berorientasi pada solusi, tidak menyalahkan, dan bersikap profesional dalam semua kegiatan.

  1. Menumbuhkan Kepemimpinan Pada Orang Lain

Dalam teori kepemimpinan disebutkan bahwa para pemimpin di semua lapisan masyarakat dan semua jenis organisasi, perlu bergantung pada orang lain untuk mencapai tujuan kelompok dan kebutuhan untuk mendorong pembengambangan kepemimpinan di seluruh organisasi.

Teori tersebut juga berlaku di sekolah sebagai sebuah organisasi formal di bidang pendidikan. Di mana kepala sekolah bertanggung jawab untuk menumbuhkan kepemimpinan pada seluruh warga sekolah.

Ini karena kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan motivasi guru dan pengaturan kerja. Sehingga dapat meningkatkan pengajaran di kelas.

  1. Meningkatkan Instruksi

Kepala sekolah yang efektif perlu meningkatkan prestasi sekolah dengan berfokus pada kualitas pengajaran guru di kelas, dengan cara membantu mendefinisikan dan mempromosikan harapan yang tinggi.

Selain itu, kepala sekolah yang efektif juga perlu mendorong pembelajaran profesional yang berkelanjutan, dengan menekankan strategi berbasis penelitian untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran, serta memulai diskusi tentang pendekatan instruksional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru dan pembelajaran siswa di sekolah.

  1. Mengelola Orang, Data, dan Proses 

Sekolah mungkin terlihat sebagai organisasi yang relatif kecil, namun tantangan kepemimpinan di dalam sekolah jauh dari kata kecil.

Kepala sekolah yang efektif harus menggunakan sumber daya yang ada dengan baik. Dengan kata lain, kepala sekolah harus dapat mengelola orang, data, dan proses dengan sebaik-baiknya.

Misalnya ketika kepala sekolah memiliki standar akademik yang tinggi, maka kepala sekolah harus melakukan perencanaan dengan memetakan target yang ketat untuk pembelajaran, melaksanakan, mendorong siswa dan guru untuk memenuhi tujuan, berkomunikasi dengan keluarga siswa terkait tujuan pembelajaran, dan melakukan pemantauan hasil.

Metode Kepemimpinan Kepala Sekolah

Setiap kepala sekolah memiliki kualitas dan kemampuan tertentung yang memungkinkan mereka untuk membuat dampak pada kinerja sekolah dan prestasi siswa.

Kualitas dan kemampuan tersebut termasuk tujuan, kerja keras, kemampuan untuk bekerja sama dan membangun kolaborasi, menyeimbangkan tujuan strategis dan operasional, dan menyesuaikan diri dengan perubahan. 

Terlepas dari itu semua, tujuan utama kepemimpinan kepala sekolah tetap berfokus pada keberhasilan semua siswa. Meskipun tujuan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif sama, namun metode kepemimpinan kepala sekolah dapat berbeda-beda.

Berikut adalah 5 (lima) metode kepemimpinan kepala sekolah yang efektif menurut American University:

Baca Juga: Pentingnya Ebook dalam Era Pembelajaran Online & Kelebihannya

  1. Membangun Visi

Kepala sekolah yang efektif akan menentukan jalan mereka untuk menuju peningkatan kinerja sekolah, namun mereka tetap perlu menetapkan visi terlebih dahulu.

Misalnya, ketika kepala sekolah memperjuangkan gagasan standar yang tinggi dan keberhasilan semua siswa, maka kepala sekolah perlu menetapkan visi yang berpusat pada peningkatan pembelajaran.

Ini karena menetapkan visi harapan yang tinggi untuk semua siswa dapat menjadi kunci untuk meningkatkan prestasi siswa dan menutup kesenjangan prestasi.

  1. Melibatkan Orang Lain

Metode kepemimpinan kepala sekolah yang efektif berikutnya adalah dengan melibatkan orang lain.

Kepala sekolah yang efektif akan memberdayakan guru dan staf lainnya dalam proses perbaikan untuk membantu meningkatkan peluang bahwa gagasan yang diperjuangkan akan membuahkan hasil.

Dalam hal ini, kepala sekolah mengetahui bahwa meningkatkan kinerja akademik dan lingkungan belajar bukanlah upaya individu, melainkan upaya tim yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.

  1. Meningkatkan Akademik

Kepala sekolah yang visioner akan berfokus pada kualitas dan menekankan program serta strategi berbasis penelitian untuk membantu kinerja guru.

Jika guru memiliki kinerja yang maksimal, maka siswa dapat melakukan pembelajaran dengan lebih baik.

Oleh karena itu, kepala sekolah yang efektif akan mencari peluang pelatihan dan pengembangan keterampilan untuk membekali guru dengan kompetensi serta pengetahuan yang dapat meningkatkan hasil belajar.

  1. Pemimpin yang Berkultivasi

Kepala sekolah yang berkultivasi adalah pemimpin yang tidak hanya melayani, tetapi juga mempersiapkan kepemimpinan pada orang lain.

Dengan membantu menumbuhkan kepemimpinan orang lain, kepala sekolah dapat memberdayakan anggota komunitas sekolah (guru, orang tua siswa, dan administrator) untuk membantu menjalankan visi dan misi sekolah. Kepemimpinan ini kemudian dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi kinerja dan prestasi siswa.

  1. Mengelola Pengaturan Akademik

Metode kepemimpinan kepala sekolah yang terakhir adalah dengan mengelola peraturan akademik, termasuk pencapaian, keteraturan, dan keamanan.

Dalam hal ini, kepala sekolah bekerja sama dengan guru dan administrator untuk mengelola akademik siswa, yang melibatkan manajemen data dan proses di sekolah.

Selain itu, kepala sekolah harus memastikan bahwa orang tua juga turut menjadi bagian dari proses pendidikan, sehingga terdapat hubungan positif yang dibangun di atas kepercayaan dan komunikasi terbuka.