Mengenal Kompetensi Pedagogik Yang Penting Dimiliki Guru di Era digital
Beranda / Edukasi / Mengenal Kompetensi Pedagogik Yang Penting Dimiliki Guru di Era digital

Mengenal Kompetensi Pedagogik Yang Penting Dimiliki Guru di Era digital

Pada dasarnya, kompetensi pedagogik diartikan sebagai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran murid-muridnya, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan peserta didik, dan evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengaktualisasi potensi yang mereka miliki.

Kompetensi pedagogik ini adalah sebuah kompetensi khas. Kompetensi ini yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran murid-muridnya. Kompetensi pedagogik ini lahir dari proses belajar selama menjalani profesi sebagai seorang guru. Kompetensi ini juga harus dilatih dan selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman, termasuk di era digital seperti saat ini.

Pengertian Pedagogik sendiri jika dilihat dari beberapa sisi memberikan pengertian yang serupa misalnya:

1. Dari segi etimologi

Kata pedagogi berasal dari bahasa Yunani Kuno, yang berarti membimbing anak. Namun disisi lain ada yang berpendapat bahwa pedagogik berasal dari bahasa Yunani, yaitu paedos dan agogos yang jika apabila diartikan paedos berarti anak laki-laki, sedang agogos yaitu mengantar, mendidik dan membimbing. Sehingga jika diartikan dalam arti tertentu, pedagogik adalah seorang ahli yang mengantarkan atau membimbing seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Dari segi KBBI

Merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, pedagogi didefinisikan sebagai ilmu pengajaran atau ilmu pendidikan. Sedangkan Pedagogik adalah bersifat pedagogi atau bersifat mendidik. 

3. Dari para ahli

Para ahli juga memiliki pendapat mengenai arti pedagogik. Menurut Suwarno, pedagogi adalah pendidikan yang menekankan pada praktik pendidikan, dalam hal ini berkaitan erat dengan kegiatan mendidik serta membimbing anak. Sedangkan pengertian pedagogi menurut sarwono adalah suatu teori yang secara teliti, objektif dan kritis mengembangkan konsep hakikat manusia, hakikat anak, hakikat anak, serta hakikat proses tujuan pendidikan itu sendiri. Sementara menurut Prof. Dr. J. Hoogveld asal Belanda mendefinisikan pedagogik sebagai ilmu yang mempelajari masalah pembimbing anak untuk mencapai tujuan tertentu. Supaya kelak setelah dewasa dapat menyelesaikan tugas hidupnya.

Kompetensi Pedagogik Guru dan Contoh Penerapannya

  1. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik dan aspek fisik, moral, social, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Penguasaan terhadap teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik.
  3. Mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang yang dikuasai.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggara kegiatan pengembangan yang mendidik.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

Halaman selanjutnya Indikator Kompetensi Pedagogik dan Cara Mengembangkannya


Kompetensi pedagogik yang berhasil diterapkan oleh guru disertai dengan penerapan teknologi di sekolah bisa membawa perubahan yang signifikan bagi murid, guru maupun sekolah. Untuk itu, Anda bisa siap mendaftarkan diri atau sekolah Anda untuk mengikuti Acer Smart School Awards tahun ini.  Acer Smart School Awards adalah penghargaan berskala nasional kepada sekolah yang siap melaksanakan transformasi digital dunia pendidikan. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap tentang Acer Smart School Awards.