Mengenal Chromebook Acer, Perangkat Tepat untuk Pendidikan
Beranda / Edukasi / Mengenal Chromebook Acer, Perangkat Tepat untuk Pendidikan
Mengenal Chromebook Acer, Perangkat Tepat untuk Pendidikan

Mengenal Chromebook Acer, Perangkat Tepat untuk Pendidikan

Chromebook Acer merupakan solusi dalam proses belajar mengajar yang didukung oleh ribuan aplikasi pendidikan dari Google Chrome. Teknologi ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan guru dan murid dalam melaksanakan aktivitas belajar, terutama bagi sekolah yang menerapkan kompetensi pedagogik. Teknologi ini juga mempermudah proses pembelajaran daring maupun luring.

Hadirnya perangkat Chromebook Acer, yaitu laptop berbasis Chrome OS, menawarkan keunggulan fitur dan akses penunjang untuk pendidikan. Serangkaian perangkat sederhana nan canggih ini cocok untuk guru dan murid untuk tetap produktif dan kreatif. 

Apa itu Chromebook? Apa saja keunggulan Chromebook Acer untuk pendidikan dan manfaatnya untuk sekolah? Simak lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Chromebook?

Chromebook adalah perangkat laptop atau komputer berbasis web yang menggunakan sistem operasi Chrome OS. Sistem operasi dibuat oleh Google sejak 2009 ini memerlukan koneksi internet untuk menjalankan setiap perangkat lunak di dalamnya. Misalnya, Anda tidak memerlukan Microsoft Office, tapi akan memerlukan Microsoft 365 sebagai penggantinya. Jika tidak ingin berlangganan, Google juga sudah menyiapkan Google Sheets, Google Docs, dan Google Slides secara default.

Beberapa aplikasi tersebut memang tools wajib dalam proses belajar mengajar. Mengingat sistem operasi Chrome ini mengandalkan cloud sebagai penyimpanan, guru dan murid tidak perlu khawatir lagi soal memori untuk menyimpan materi pelajaran. Singkatnya, tidak perlu hardisk atau SSD yang besar untuk menyimpan seluruh file pekerjaan.

Meski memerlukan internet untuk mengaksesnya, sebenarnya Chromebook juga dapat digunakan secara luring atau offline. Syaratnya,pengguna harus memiliki akun yang terdaftar di perangkat dan sudah terhubung dengan akun Google. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan data pada aplikasi yang dijalankan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan meski tidak bisa terhubung internet, seperti mengecek email, mengakses media pembelajaran dari media penyimpanan lokal (harddisk, flashdisk, micro SD),  dan mengakses berbagai file  pembelajaran dari komputer lain melalui jaringan lokal.

Chromebook juga memiliki beberapa keunggulan. Pertama, tahan terhadap virus. Hal ini kerap jadi perhatian pengguna Windows, tapi di Chromebook nyaris tak ada virus di sistem operasinya. Kalaupun ada malware yang ditandai dengan iklan-iklan mengganggu, Anda hanya perlu mencari aplikasi yang mengandung malware tersebut di pengaturan dan menghapusnya.

Kedua, harga yang lebih murah. Salah satu faktor yang membuat laptop reguler lebih mahal adalah bundling dengan Microsoft Windows. Bahkan, harganya bisa lebih mahal jika ada penambahan software lain. 

Sementara, Chrome OS tidak membutuhkan spesifikasi tinggi layaknya laptop Windows atau yang lainnya. Sebab, hanya beberapa software dasar saja sudah bisa menunjang kebutuhan, terutama dalam belajar mengajar. Hal ini membuat laptop Chromebook memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan laptop lain dalam rentang spesifikasi yang serupa.

Baca juga: 6 Website Kursus Online untuk Memaksimalkan Belajar

Chromebook Acer untuk Pendidikan

Chromebook Acer dibekali sistem operasi Chrome OS yang sangat ringan, tangguh, dan beberapa aplikasi siap pakai. Perangkat ini pun dinilai efektif dalam membantu proses pembelajaran digital. Guru dan murid dapat berkolaborasi dan berkreasi, baik secara online maupun offline. Apa saja lini produk Chromebook Acer yang bisa menunjang pendidikan modern? Berikut daftarnya.

1. Acer Chromebook C722

Acer Chromebook C722 atau 311 adalah perangkat level awal yang menunjang tujuan pendidikan. Perangkat ini mencakup dasar-dasar pembelajaran digital, yang ditujukan untuk kebutuhan murid dan administrator sekolah. Dengan ukuran layar 11,6 inci, membuat laptop ini mudah dibawa dan digunakan.

Produk laptop ini didesain untuk memenuhi kebutuhan dalam pendidikan berbasis Chrome OS. Dengan chipset MediaTek processor M8183C dan HD 1366 x 768 resolution, memberikan performa yang responsif dan grafis yang mumpuni untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan, memiliki opsi layar sentuh tambahan yang tentunya membuat guru maupun murid makin produktif.

Acer Chromebook ini memiliki penutup bertekstur di bagian belakang layar 11 inci dan bersertifikat MIL-STD 810H, yang berarti memiliki desain tahan guncangan. Berkat standard MIL-STD 810H, perangkat ini juga dapat menahan tekanan hingga 60 kg.

Laptop ini memiliki fitur andalan lain, seperti daya baterai tahan hingga 20 jam, webcam HD, login otomatis Chrome OS (untuk administrator), standar keamanan ASTM F963-16, dan standar UL / IEC 60950-1, anti-malware, Google Play, dan aplikasi Android dan lainnya.

Acer Chromebook C722 menjadi solusi ideal untuk segala usia. Dengan sertifikasi keamanan, processor mutakhir dengan konsumsi energi yang rendah, tahan banting, dan daya baterai tahan lama, membuat laptop ini mampu bertahan menghadapi tantangan aktivitas sehari-hari dan penggunaan intens oleh murid, baik di dalam maupun di luar ruang kelas.

2. Acer Chromebook C933

Acer Chromebook C933 juga didesain untuk edukasi berbasis Windows dan Chrome OS. Fiturnya pun tak jauh berbeda dengan seri C722, yakni sertifikasi keamanan, processor mutakhir dengan konsumsi energi yang rendah, dan tahan banting. Soal daya baterai, perangkat ini tahan 12,5 jam. Cukup dalam satu hari pemakaian di kelas.  

Prosesor Intel Celeron dan RAM 4 GB juga dapat menjaga Chrome OS tetap berjalan lancar. Sementara itu, layar 1080p 14 inci tanpa sentuhan juga tak mengurangi produktivitas dalam kelas. Acer Chromebook 314 bisa dibilang adalah paket serba guna yang fantastis untuk proses pembelajaran.

3. Acer Chromebook R752TN

Memiliki media penyimpanan 4 GB of onboard LPDDR4 memory dan storage hingga 32GB eMMC, guru dan murid tidak perlu khawatir laptop akan lemot karena pemakaian penuh dalam satu hari. Didukung pula oleh Webcam HD camera with 1280 x 720 resolution, 720p HD audio/video recording, dan High dynamic range imaging (HDR) yang memungkinkan aktivitas video conference makin jernih, sehingga mendukung suasana belajar yang interaktif.

Performa ekstranya mendukung tugas sekolah yang membutuhkan grafis tinggi. Dengan spesifikasi yang mumpuni, belajar akan lebih lancar dan tugas diselesaikan lebih cepat.

Acer Chromebook R752TN dengan layar 11,6 inci ini memiliki fleksibilitas tampilan untuk empat mode penggunaan yang lebih luas. Mode tersebut di antaranya mode tablet, mode display, dan mode tent untuk presentasi. Chromebook R752TN ini juga dilengkapi dengan Wacom EMR stylus yang cocok digunakan murid dalam menggambar. Tentunya, fitur ini juga didukung oleh HD Resolution yang dimilikinya.

4. Acer Chromebook C871

Dampak dari penggunaan laptop yang lama, bisa mempengaruhi umur laptop sekaligus berpengaruh pada produktivitasnya. Namun, hal ini tidak terjadi dengan Acer Chromebook C871. Konstruksi yang kokoh dan desain yang diperkuat, membantunya tahan terhadap aktivitas berat sehari-hari.

Keyboard pada laptop ini contohnya. Acer Chromebook C871 hadir dengan tuts yang ditambatkan secara mekanis untuk memastikan keyboard tetap dalam kondisi yang baik. Keyboard dan panel sentuh juga tahan air tumpahan, berkat sistem talang yang langsung mengalirkan cairan keluar melalui bagian bawahnya. 

Perangkat ini juga menawarkan tampilan rasio aspek 3:2 yang lebih efisien. Sehingga, guru dan murid dapat membaca lebih banyak informasi dan melihat lebih banyak gambar, seperti peta dan diagram, tanpa perlu scroll terus menerus. Dengan fitur ini saja, guru maupun murid bisa menghemat waktu.

Fitur pintar lainnya, yaitu layar dapat membuka 180 derajat. Hal ini memudahkan kolaborasi murid ketika belajar kelompok. Ditambah, kamera webcam laptop dengan kemampuan merekam video dan audio definisi tinggi 720p, memungkinkan guru dan murid terhubung selama obrolan video dan Google Hangouts dengan gambar jernih dan suara jelas.

Baca juga: 6 Manfaat LMS untuk Pembelajaran Masa Kini

Manfaat Chromebook untuk Sekolah

Pada beberapa lini Chromebook Acer, seperti Acer Chromebook C722, Acer Chromebook C933, Acer Chromebook C871, dan Acer Chromebook R752TN, sudah dibekali Acer ComfyView. Gunanya, untuk mengurangi risiko ketegangan mata akibat menggunakan laptop dalam waktu lama. Guru dan murid akan tetap nyaman menjalankan kelas digital seharian. Ditambah dengan kapasitas baterai yang tahan hingga 12 jam.

Untuk mengolah kata, angka, atau membuat presentasi, guru dan murid dapat menggunakan aplikasi Google Docs, Google Sheet, dan Google Slide. Semuanya dapat diakses secara gratis melalui browser Chrome. Kemudian, dengan Hangouts Meet juga mendorong kolaborasi tim di antara teman sekelas.

Dalam kegiatan pembelajaran dari rumah, guru bisa memanfaatkan Google Docs, baik secara online maupun offline untuk membuat silabus, dokumen Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) sebagai langkah awal kegiatan pembelajaran.

Meski offline, guru juga dapat menyiapkan bahan ajar dalam bentuk apapun, sekaligus mempresentasikan bahan ajar kepada murid secara online maupun offline. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan Google Docs untuk pembuatan soal dan Google Sheets untuk mengolah nilai. 

Kolaborasi lain juga bisa dilakukan tanpa menggunakan internet. Misalnya, berbagi informasi melalui email. Guru dan murid yang sudah memiliki akun, dapat membaca, membalas, dan menelusuri pesan Gmail meskipun dalam mode offline. Ketika ingin mengirim email secara offline, email yang telah dibuat akan masuk ke dalam folder “Kotak Keluar” dan akan terkirim setelah terhubung ke internet.

Chromebook juga memiliki fasilitas penyimpanan berbasis cloud sebesar 15 GB yang dapat disinkronisasi dengan akun Gmail. Kapasitas tersebut dapat di-upgrade sesuai kebutuhan pengguna secara berbayar.

Baca juga:  5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan

Chromebook Acer merupakan bagian dari program Acer For Education yang menawarkan sebuah solusi sistem terintegrasi dan komprehensif yang bisa membantu guru, murid, pemangku kebijakan sekolah, hingga orang tua untuk bersama-sama menjalankan proses pembelajaran dengan standar kualitas yang lebih baik.

Salah satunya, untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) memberikan bantuan prasarana berupa Chromebook ke sekolah di berbagai daerah. Langkah ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.