Mengajar Online, Apa Saja Alat Bantu yang Diperlukan?
Beranda / Edukasi / Mengajar Online, Apa Saja Alat Bantu yang Diperlukan?
Mengajar Online, Apa Saja Alat Bantu yang Diperlukan?

Mengajar Online, Apa Saja Alat Bantu yang Diperlukan?

mengajar-online-apa-saja-yang-diperlukan

Mengajar online adalah kondisi saat seorang guru menggunakan internet untuk mengajar. Guru dapat dimana saja dalam waktu yang telah ditentukan mengajar seluruh siswanya yang tersebar di seluruh dunia. Tidak seperti mengajar secara fisik sebab pada metode pembelajaran seperti ini, guru dan murid membutuhkan sambungan internet dan perangkat atau device yang mumpuni.

Pandemi Covid-19 telah memaksa manusia mengalihkan aktivitasnya menjadi serba digital, Termasuk urusan belajar mengajar secara online.

Karena tidak secara langsung berhadapan dengan murid,  mengajar online tidak mudah karena tidak semua peserta didik dapat memahami pesan yang disampaikan gurunya sesuai dengan yang diharapkan. Pada proses belajar mengajar, guru juga mungkin tidak seluasa saat menjelaskan atau mencontohkan sebuah materi pembelajaran. 

Lalu bagaimana mengantisipasinya? Serta apa yang harus dipersiapkan guru agar prosesnya bisa sukses? Yuk, simak artikel berikut ini.  

Persiapan Sebelum Mulai Mengajar Online

Pada era baru pembelajaran, teknologi telah memainkan peran besar dalam proses pengajaran pendidik dan peserta didik. Pembelajaran model jarak jauh ini tentu menyisakan sebuah persoalan mendasar tentang komunikasi antara guru dengan murid. Sebab, kesempatan untuk melakukan komunikasi secara dua arah sangat terbatas bisa dilakukan oleh guru kepada muridnya. 

Untuk meminimalisir kendala tersebut, maka guru harus lebih mempersiapkan pengajaran online dengan baik. Apa saja yang harus dipersiapkan dalam melakukannya? Berikut tips sukses mengajar online yang bisa Anda terapkan. 

1. Tentukan target Anda

Agar tidak terasa sekedar rutinitas saja, Anda perlu menentukan tujuan dari proses belajar mengajar online. Sederhana saja dengan menentukan gol dari mengajar online Anda, misalnya hari ini ingin murid lebih aktif dan komunikatif. 

Baca Juga: 

2. Persiapkan materi pembelajaran 

Silabus dan materi pembelajaran harus sudah Anda susun sebelum mengajar online dimulai. Ini penting supaya waktu mengajar online efektif. Selain itu, mempersiapkan silabus dan materi pembelajaran akan membuat murid lebih fokus dalam menerima pelajaran.

3. Siapkan materi presentasi secara digital 

Materi belajar yang disampaikan dengan menarik dan menggunakan teknologi akan membuat murid lebih mudah memahami isi materi yang disampaikan. Anda bisa menggunakan software yang membantu memudahkan Anda dalam menyajikan materi pelajaran. 

Baca juga: 4 Perangkat Pendukung Belajar, Solusi dari Acer untuk Edukasi

Tips Mengajar Online yang Efektif 

Proses belajar mengajar online sukses adalah yang berhasil melibatkan banyak murid berpartisipasi. Untuk menciptakan kondisi tersebut dibutuhkan suasana yang dinamis sehingga mendorong murid antusias mengikuti proses belajar mengajar. 

Bila Anda kesulitan untuk membangun atmosfer tersebut, berikut sejumlah formula yang dapat membantu Anda dalam mengajar online. 

  • Jadikan belajar lebih interaktif 

Tak melihat kondisi secara langsung murid membuat guru kerap kesulitan membangun suasana belajar secara online. Siasat yang bisa digunakan adalah dengan mengadakan kuis yang fun untuk menghidupkan suasana. 

  • Buat video tutorial

Tidak semua peserta didik Anda memiliki jaringan yang stabil dan perlengkapan yang memadai untuk mengikuti belajar online. Merekamnya bisa menjadi alternatif bagi murid yang tidak sehat atau keterbatasan akses internet. Selain itu, merekam video mengajar bisa membantu murid mengulang materi yang dirasa belum mengerti. 

  • Biarkan orang lain menilai

Bila Anda membuat sebuah materi yang akan dipresentasikan, coba bagikan lebih dulu pada orang lain, baik itu rekan sesama guru atau teman Anda. Minta mereka menilai tampilannya, warna, ukuran tulisan dan materi digital lain. Ini bermanfaat agar terhindar dari kesalahan teknis yang membuat peserta didik Anda menunggu dan mulai bosan. 

  • Jadi pribadi yang hangat dan dekat dengan murid 

Meski mengajar online membatasi Anda bertemu dengan murid tapi usahakan agar melakukan interaksi kecil dengan mereka secara offline atau online. Sapalah satu persatu murid Anda dan tanyakan hal yang terjadi di luar pelajaran. Keramahan Anda akan dinilai murid sebagai bagian dari kepedulian terhadap kondisi mereka. 

  • Buat akun media sosial khusus untuk kelas Anda 

Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran. Cara ini sangat efektif untuk menumbuhkan minat belajar, merangsang kreativitas dan menyederhanakan sebuah teori. Selain itu, murid Anda bisa turut berpartisipasi dalam akun media sosial tersebut sehingga menambah rasa gembira serta semangat dalam belajar. 

Peralatan untuk Membantu Anda Mengajar Online

Mengajar online memberikan tantangan pada sejumlah guru, karena harus dapat memastikan murid mereka memahami pelajaran yang diberikan. Sayangnya, tidak semua guru mampu mengatasi tantangan tersebut. Namun jangan khawatir, sebab hal tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan alat bantu. 

Apa itu alat bantu mengajar online? Alat bantu bisa berupa platform yang bisa menolong siswa dapat memahami pelajaran yang diberikan. Meski begitu, tidak semua platform cocok untuk Anda gunakan. Semua tetap harus sesuai dengan kurikulum, akses dan kebutuhan siswa. Untuk membantu Anda, berikut ini perlengkapan yang akan sangat membantu Anda ketika harus mengajar online. 

  • Google for Education

Bila Anda membutuhkan solusi terintegrasi untuk mengajar online, Anda bisa memanfaatkan platform Google for Education. Sejumlah perangkat kerja dan kolaborasi dapat dimanfaatkan untuk membuat pelaksanaan mengajar online jadi lebih mudah. Contohnya seperti Google Classroom, Google Calendar untuk membuat undangan pertemuan dengan sesama guru maupun murid, Google Hangout untuk membuat diskusi kelompok hingga Google Office untuk membantu membuat bahan ajar dan tugas bagi para murid.

  • Jelajah Ilmu

Acer melalui Acer for Education menghadirkan sebuah ekosistem pembelajaran daring di mana guru, murid, kepala sekolah hingga orangtua dapat menemukan solusi dan kebutuhannya. Salah satu solusi yang diberikan adalah Jelajah Ilmu.

Jelajah Ilmu merupakan kolaborasi antara Acer dan mySecondTeacher (mysecondteacher.com) yang menghasilkan sebuah platform terpadu yang menggabungkan Learning Management System standard international yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia, materi pembelajaran e-book, video interaktif dan bank soal, serta media komunikasi antar pihak.

Jelajah Ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis, baik secara online maupun tatap muka. Jelajah Ilmu dapat diakses di situs jelajahilmu.com.

Baca Juga: 6 Manfaat LMS untuk Pembelajaran Masa Kini

  • Acer Chromebook

Untuk menjalankan sekian aplikasi di atas, Anda memerlukan sebuah laptop yang handal. Salah satu rekomendasi yang dapat Anda pertimbangkan adalah Acer Chromebook. Laptop satu ini bukanlah device biasa karena memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan di dunia pendidikan.

Dengan menggunakan sistem operasi chrome milik Google, semua aplikasi yang terdapat pada Google for Education dapat dijalankan dengan sangat baik. Selain menawarkan sistem penyimpanan berbasis cloud yang membuat Anda tidak dipusingkan lagi dengan urusan memori internal, Acer Chromebook juga terbukti tangguh menghadapi virus atau malware.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendampingi Murid Belajar Mandiri

Perubahan gaya mengajar dari konvensional menjadi mengajar online memang banyak tantangan. Menciptakan pengalaman belajar menyenangkan mengajar secara langsung dan interaktif telah menjadi tantangan guru di era digital saat ini. 

Tapi bukan mustahil, guru bisa sukses mengajar online. Yang diperlukan adalah pola pikir digital, alat bantu yang tepat serta pendekatan yang fokus kepada murid. 

Tolak ukur kesuksesan Anda mengajar online begini, apabila Anda tidak dapat menarik perhatian murid saat mengajar online, maka pengalaman belajar yang efektif dirasakan murid juga tidak akan terasa. 

Nah, semoga dengan artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda saat mengajar online. Semoga sukses!