Manfaat Pentingnya Mengikuti Komunitas Guru
Beranda / Edukasi / Manfaat Pentingnya Mengikuti Komunitas Guru
Manfaat Pentingnya Mengikuti Komunitas Guru

Manfaat Pentingnya Mengikuti Komunitas Guru

Komunitas guru menjadi salah satu sarana untuk melakukan pengembangan diri seorang guru. Sebagai wadah untuk melakukan pengembangan terhadap metode belajar, mengikuti komunitas guru banyak manfaatnya, baik untuk diri sendiri maupun masa depan murid. Apalagi sebagai penggerak peradaban, guru memiliki peranan penting dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa.

Guru dikenal sebagai sosok yang pandai dan mampu menyampaikan ilmu dengan baik. Namun dibalik itu semua, guru juga merupakan sosok yang terus belajar dan mengembangkan kapasitas dirinya. Dengan demikian, komunitas guru merupakan wadah yang pas, di mana memungkinkan setiap guru untuk saling berdiskusi dan berbagai praktik cerdas terkait pengajaran dan dunia pendidikan.

Lalu, seberapa pentingnya mengikuti komunitas guru? Simak manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Mengikuti Komunitas Guru

Manfaat-Komunitas-Guru

Tentunya ada hal-hal yang menguntungkan dengan mengikuti komunitas. Apalagi ketika komunitas diikuti sejalan dengan kesenangan dan minat Anda sebagai guru. Apa saja keuntungannya? Berikut penjelasanya:

1. Kesempatan Belajar dan Menemukan Inspirasi Baru

Bergabung dengan komunitas guru memberi Anda kesempatan belajar, baik untuk pribadi maupun dalam tim. Kesempatan belajar tersebut terbuka luas bagi setiap anggota. Anda bisa belajar dari beberapa anggota yang memang sudah termasuk kategori ahli.

Dalam komunitas tak jarang terdapat berbagai agenda acara yang membuka kesempatan Anda untuk bekerja dalam tim. Melalui acara tersebut, Anda juga bisa menemukan inspirasi, seperti pemecahan masalah di kelas yang memerlukan solusi.

2. Meningkatkan Kompetensi Diri

Pembelajaran lain dari mengikuti komunitas, yakni meningkatkan kompetensi. Bagi guru, kompetensi tidak hanya tentang keahlian akademik saja, tetapi juga keterampilan. Tujuannya, agar setiap guru mampu memberikan dampak yang optimal kepada setiap murid di dalam maupun di luar kelas.

Peningkatan kompetensi dilakukan melalui program-program yang dijalankan dalam komunitas. Tentunya, program tersebut melibatkan aktivitas saling berbagi ilmu antar guru sehingga bisa belajar dari pengalaman yang ada. 

3. Melatih Berkomunikasi dan Bersosialisasi

Komunitas guru pastinya akan membuat Anda bertemu dengan banyak orang yang tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda akan tertantang sekaligus belajar bagaimana menghadapi dan berkomunikasi dengan berbagai orang. Apalagi, menghadapi karakter orang dewasa yang berbeda-beda jauh lebih sulit dibandingkan anak-anak.

Buat Anda yang sulit bersosialisasi, komunitas juga salah satu wadah yang tepat untuk mempelajari hal tersebut. Dari sosialisasi, kemudian melatih Anda untuk komunikatif.

4. Memperluas Jaringan dan Membangun Relasi

Bergabung dengan sebuah komunitas guru, tentunya akan membantu mempertemukan Anda dengan guru-guru baru di luar lingkungan sekolah. Hal ini bermanfaat dalam membangun sebuah relasi, hingga terjalin kolaborasi.

Kolaborasi guru memperluas manfaat dari penerapan kompetensi yang dimiliki guru. Kolaborasi yang terjalin mampu menghasilkan karya atau sebuah gerakan yang bermanfaat di bidang pendidikan. Karya tersebut tentunya bertujuan untuk meningkatkan pengembangan aktivitas belajar di sekolah. Dari kolaborasi, tentu akan banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang akan dihasilkan dan dibagikan.

5. Mengembangkan Karier Guru

Komunitas guru juga memungkinkan Anda mengembangkan karier. Memang, seorang guru dituntut untuk sempurna di dalam kelas. Namun, melalui komunitas, setiap guru akan didorong untuk lebih berani dalam mengembangkan beragam peran karier di dunia pendidikan yang tak terbatas pada ruang kelas.

Karier guru dalam dunia pendidikan sangat beragam. Beberapa hal bisa dilakukan, seperti menciptakan ide untuk kegiatan sekolah atau mencalonkan diri sebagai pengurus suatu acara atau proyek sekolah. Seorang guru tidak perlu membatasi dirinya hanya sebagai pengajar atau pembelajar, karena lewat komunitas guru, karier bisa lebih beragam.

Baca juga: Aktif & Manfaat Mengikuti Organisasi Profesi Guru

Guraru Sebagai Wadah untuk Pengembangan Diri Guru

Guraru-Guru-Era-Baru

Dalam bidang pendidikan, Acer Indonesia berinisiatif untuk menyediakan wadah berbagai informasi untuk para guru melalui Guraru (Guru Era Baru) yang telah diinisiasi 10 tahun lalu. Komunitas online ini berupaya dalam peningkatan literasi IT di kalangan guru-guru. Komunitas Guraru menjadi wadah untuk berbagi ilmu teknologi dalam pendidikan dan saling meningkatkan kompetensi di bidang masing-masing.

Komunitas Guraru dimotori oleh guru dari berbagai kalangan. Guraru juga didukung oleh kontributor dari kalangan pendidik, praktisi pendidikan, psikolog, serta konsultan pendidikan.

Melalui Guraru.org, situs pendidikan tersebut memuat hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan. Seperti permasalahan yang dihadapi guru, murid, sekolah, kurikulum, dan lainnya. Situs tersebut lengkap, karena gabungan informasi, hiburan, dan pengetahuan di era maraknya kemajuan dunia maya.

Di sisi teknologi, Guraru didukung oleh tim konsultan komunikasi digital Acer Indonesia sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap data personal dari para anggota yang berjejaring di dalamnya.

Komunitas Guraru juga kerap mengadakan kegiatan yang tujuannya sebagai pengembangan diri untuk guru, baik berguna di dalam maupun di luar kelas. Beberapa kegiatannya, antara lain:

1. Acer Guraru Award

Acer Guraru Award yang sudah dimulai sejak 2010 adalah penghargaan tahunan kepada guru-guru terpilih yang dinilai telah memanfaatkan teknologi dengan efektif dan kreatif. Penghargaan ini diharapkan dapat terus mendorong para guru di Indonesia untuk terus menjadi bagian dari perkembangan teknologi informasi yang positif.

2. Workshop Pendidikan

Guraru juga menyelenggarakan berbagai workshop untuk mendukung pembelajaran di kelas. Kegiatan yang disebut Guraru Class ini menghadirkan trainer berpengalaman di bidang pendidikan. Hadirnya workshop tentunya untuk memfasilitasi guru agar bisa beradaptasi dan terus berkarya di era pendidikan modern. Salah satu workshop-nya adalah membuat video pembelajaran efektif dan menarik di masa e-learning.

3. Kompetisi Menulis

Pada awal 2020, Acer Indonesia bersama Kemendikbud mengadakan kompetisi menulis bertajuk Guraru Writing Competition 2020. Kegiatan ini mengajak para guru untuk bisa berbagi cerita mengenai pengalaman dan tantangan yang dihadapi di masa kenormalan baru. Dari berbagi cerita unik, pada akhirnya dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi guru-guru lainnya di seluruh Indonesia yang mungkin memiliki pengalaman dan tantangan unik selama mengajar di era pembelajaran baru.

4. Webinar Edukasi

Di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Guraru juga mengadakan webinar edukasi yang bertujuan untuk memberi kesempatan guru untuk mengembangkan diri. Webinar edukasi hadir dalam beberapa tema yang berhubungan dengan solusi dari tantangan pendidikan di masa canggihnya teknologi.

Baca juga: Bagaimana Guru Mempersiapkan Diri Mengikuti Pelatihan Online

Kehadiran komunitas guru menunjukkan bahwa belajar bisa diperoleh dari siapa saja, seperti rekan seperjalanan yang sudah memiliki pengalaman nyata. Komunitas guru menjadi bentuk motivasi yang selama ini ingin dikembangkan oleh para guru hingga mampu mendidik lebih baik lagi. Dengan semakin banyak guru yang aktif berbagi dan berjejaring secara positif, tentunya akan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.