Manfaat Kompetensi Pedagogik
Beranda / Edukasi / Manfaat Kompetensi Pedagogik

Manfaat Kompetensi Pedagogik

Menjadi seorang guru tentu harus memiliki kemampuan dalam bidang mengajar. Untuk itulah kompetensi guru diperlukan. Kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan layak dan bertanggung jawab.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8, kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi.

Diantara keempat kompetensi guru, kompetensi pedagogik termasuk salah satu yang penting dimiliki guru. Kompetensi pedagogik pun memberikan banyak manfaat, diantaranya:

  1. Guru dapat memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif siswa
  2. Guru dapat memahami perkembangan kepribadian siswa dan merefleksikannya dalam proses pembelajaran. 
  3. Siswa dapat terpenuhi rasa ingin tahunya. 
  4. Siswa memiliki keberanian berpendapat dan kemampuan menyelesaikan masalah serta merasa lebih nyaman dalam kegiatan belajarnya.
  5. Siswa memiliki rasa percaya diri dan lebih mudah beradaptasi.

Kompetensi pedagogik yang berhasil diterapkan oleh guru disertai dengan penerapan teknologi di sekolah bisa membawa perubahan yang signifikan bagi murid, guru maupun sekolah. Untuk itu, Anda bisa siap mendaftarkan diri atau sekolah Anda untuk mengikuti Acer Smart School Awards tahun ini.  Acer Smart School Awards adalah penghargaan berskala nasional kepada sekolah yang siap melaksanakan transformasi digital dunia pendidikan. Hubungi kami untuk dapatkan informasi lengkap tentang Acer Smart School Awards.