5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Pilihan Terbaik Acer Tahun 2021
Beranda / Edukasi / 5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Pilihan Terbaik Acer Tahun 2021
5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Pilihan Terbaik Acer Tahun 2021

5 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Pilihan Terbaik Acer Tahun 2021

Selain buku perkuliahan, laptop merupakan hal yang sangat penting bagi seorang mahasiswa. Banyak hal dapat dilakukan mahasiswa dengan sebuah laptop, mulai dari menulis. membuat presentasi tugas kuliah, browsing mengumpulkan bahan tugas, hingga aktivitas hiburan seperti mendengar musik, menonton film dan bermain game. Selama pandemi Covid-19, laptop untuk semakin dibutuhkan mahasiswa seiring kampus melaksanakan perkuliahan secara online.

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan laptop untuk keperluan kuliah, artikel ini akan membantu Anda dengan rekomendasi laptop Acer terbaik yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, tentunya juga lengkap dengan penjelasan mengenai spesifikasi dan kelebihan dari masing-masing laptop. 

Tapi, jika Anda masih belum yakin spesifikasi laptop seperti apa yang dibutuhkan, berikut adalah 5 pertanyaan yang harus Anda jawab terlebih dahulu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Sepadat Apa Aktivitas Perkuliahan Anda?

Meskipun saat ini sebagian besar kampus masih menjalankan perkuliahan online, besar kemungkinan mahasiswa akan kembali ke kampus untuk melangsungkan perkuliahan tatap muka. Jika jumlah SKS dan mata kuliah yang Anda ambil cukup banyak, yang artinya akan banyak menghabiskan waktu di kampus, pastikan bahwa kapasitas baterai laptop harus cukup besar. 

Terlebih jika saat ini Anda tengah mengambil kuliah lapangan yang membuat Anda lebih banyak berada di luar ruangan.  Namun, jika tidak menemukan laptop dengan kapasitas seperti yang dibutuhkan, ada solusi alternatifnya. Anda bisa membeli baterai laptop cadangan. Oleh karenanya, pastikan jika baterai laptop yang Anda beli tidak built-in atau dapat dilepas pasang dengan mudah.

Apa Jurusan Kuliah Anda?

Jika Anda adalah seorang mahasiswa arsitek yang sangat sering menggunakan software untuk melakukan pekerjaan desain arsitektur seperti AutoCAD, Revit, Badak, 3DS Max, maka membutuhkan laptop yang dilengkapi dengan VGA. Begitu pun jika Anda mahasiswa desain yang membutuhkan tampilan grafis tinggi. 

Namun, jika jurusan yang diambil adalah ilmu sosial seperti ilmu hukum, politik atau ekonomi maka kebutuhan Anda lebih untuk pekerjaan sehari-hari seperti menulis, membuat slide presentasi dan browsing, laptop dengan kartu grafis integrated saja sudah cukup. Tapi, jika Anda adalah mahasiswa akuntansi yang sering mengolah angka, laptop dengan numeric keypad nyaman adalah sebuah kebutuhan.

Baca Juga: Model Pembelajaran Jigsaw dan Keuntungan Menerapkannya

Seperti Apa Mobilitas Saat Kuliah?

Apabila jurusan kuliah Anda berkaitan dengan desain, laptop dengan layar lebar bukanlah pilihan terbaik. Alasannya, semakin lebar layar laptop maka bobotnya semakin bertambah. Terlebih jika mobilitas Anda sangat tinggi di mana harus berpindah dari satu kelas ke kelas lain dengan jarak yang cukup jauh. Laptop dengan layar kecil dan bobot ringan akan sangat memudahkan pergerakan Anda di kampus.

Seberapa Sering Anda Menulis?

Jika laptop lebih banyak digunakan untuk mengetik seperti membuat catatan kuliah, menulis makalah, hingga chatting dengan teman satu kelompok, pastikan memilih laptop dengan  keyboard yang cukup nyaman untuk aktivitas tersebut. 

Lantas bagaimana cara memastikan sebuah laptop memiliki keyboard yang nyaman? Salah satu cara paling akurat adalah mendatangi toko dan mencoba sendiri pengalaman mengetik menggunakan laptop incaran Anda.

Hobi Bermain Game di Waktu Luang?

Bermain game di waktu senggang memang jadi salah satu aktivitas favorit mahasiswa untuk  melepas stres dan membuat pikiran rileks sehingga siap untuk kembali berkuliah. Jika kamu memang tipe mahasiswa gamers, laptop dengan prosesor yang mumpuni sudah menjadi keharusan. Terlebih jika kamu memang senang memainkan game yang membutuhkan dukungan performa prosesor.

Baca Juga: Cara Memilih Sekolah Dasar Terbaik untuk Anak

Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa

Sebagai produsen laptop yang sangat menaruh perhatian pada bidang pendidikan, Acer memiliki deretan laptop yang sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. 

Nah, berikut ini merupakan rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang dapat digunakan untuk menulis essay, membuat catatan hingga pekerjaan yang lebih kompleks seperti membuat animasi, pemodelan matematika bahkan simulasi ekonometrik, desain grafis dan mengedit video. Berikut ini daftar laptop yang bisa Anda jadikan pilihan:

TravelMate P6 Series

  1. TravelMate P6 Series

Laptop TravelMate P614-52 yang dilengkapi dengan prosesor Intel® Core 11 Gen  ini mampu menangani tugas ringan hingga komputasi berat sekalipun. Produktivitas Anda sebagai mahasiswa dijamin meningkat lantaran minimnya hambatan saat bekerja. 

Keyboard 1.4mm dengan LED backlit yang didesain khusus untuk mengetik juga membuat jari tidak mudah lelah dan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan kondisi pencahayaan minim. TravelMate P6 Series juga dilengkapi dengan perangkat input/output beragam, webcam resolusi Full HD dan monitor 14 inch yang membuat laptop ini super ringan.

TravelMate P2 Series

  1. TravelMate P2 Series

Maksimalkan produktivitas Anda saat kuliah online, maupun kuliah tatap muka di kampus dengan TravelMate P2 Series. 

Tersedia dalam varian ukuran layar monitor 14 inch, 15.6 inch dan 17.3 inch, TravelMate P2 Series dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan mahasiswa. Dengan dukungan prosesor Intel terbaru dan GPU terbaik, laptop dengan durabilitas standar militer ini memastikan mahasiswa memperoleh power dan kecepatan terbaik untuk membantu mereka dalam tugas perkuliahan terberat sekalipun.

Travelmate P2 Series hadir dalam beberapa varian dengan pilihan set CPU, grafis dan kapasitas penyimpanan yakni TravelMate P214 Core I5 Series dan TravelMate P214 Core i3 Series

  1. Acer Chromebook C871

Untuk kamu yang sedang menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, yang membuat penggunaan keyboard untuk mengetik sangat intens, laptop ini adalah pilihan yang tepat. Alasannya, Acer Chromebook C871 dilengkapi dengan keyboard berteknologi tinggi yang memastikan keyboard tetap dalam kondisi baik meskipun digunakan secara intens. Sistem talang yang ada pada laptop ini juga membuat keyboard dan touchpad resisten terhadap tumpahan air.  

Seperti laptop Acer pada umumnya, durabilitas device satu ini juga sangat tinggi sehingga tidak perlu khawatir jika tingkat mobilitas  Anda cukup tinggi. Acer Chromebook C871 juga menawarkan dual-band Intel Wi-Fi 6 (Gig+) AX201 (802.11ax) dengan 2×2 MU-MIMO yang memungkinkan mahasiswa mengakses internet dalam jaringan yang sibuk seperti di kampus.

Baca Juga: Menghilangkan Budaya Mencontek dengan Bantuan Teknologi Pendidikan

Chromebook R752TN

  1. Acer Chromebook R752TN

Masih dari laptop dengan sistem operasi Chrome OS, Acer Chromebook R752TN merupakan pilihan tepat jika Anda mencari laptop dengan harga yang ramah di kantong namun memiliki banyak keunggulan. 

Laptop bergaya modern ini merupakan jenis Chromebook convertible yang juga dapat berfungsi sebagai tablet. Laptop Acer berstandar militer ini sudah dilengkapi teknologi water resistant keyboard dan layar gorilla glass yang membuatnya semakin tahan banting.

  1. Extensa X215 Celeron

Dengan bujet yang terbatas, Extensa X215 Celeron memberikan semua dukungan yang kamu butuhkan saat harus melakukan online research, mengetik paper dan melakukan multitasking pada aplikasi berbasis website maupun aplikasi ringan seperti PowerPoint, Excel dan Microsoft Word. Hal itu dimungkinkan berkat dukungan Intel® Celeron® Processor N4020, RAM DDR4 4 GB dan memori sebesar 256 GB. Laptop ringan yang beratnya tidak sampai 2 Kg ini juga memiliki kapasitas baterai yang mampu bekerja selama 8 jam.

Anda sudah memutuskan mana laptop yang tepat untuk kebutuhan mahasiswa yang dituntut selalu produktif dan aktif setiap saat? Pastikan sesuai dengan kebutuhan, ya.