Langkah Penyusunan Program Semester
Beranda / Edukasi / Langkah Penyusunan Program Semester

Langkah Penyusunan Program Semester

Program semester harus disusun dengan tepat dan teratur agar bisa dijadikan acuan yang baik untuk melaksanakan pembelajaran. Isi dari Program Semester sendiri adalah alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar atau topik satuan bahasan dengan terperinci setiap semester. 

Artinya setiap kompetensi dasar atau topik satuan bahasan ini akan dikembangkan menjadi indikator atau sub-sub topik, sesuai dengan alokasi waktunya untuk setiap minggu efektif dalam setiap bulan yang ada selama satu semester. 

Berikut ini merupakan langkah-langkah penyusunan atau mengembangkan program semester, di antaranya yaitu:

  1. Menentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai. Guru tidak perlu lagi merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, karena kedua hal tersebut sudah tercantum dalam Standar Isi (SI) pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun jika Guru bertugas merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok), Guru perlu merumuskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sendiri.
  2. Menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar melalui program tahunan yang telah disusun
  3. Menentukan pada minggu atau bulan gambar apa proses pembelajaran kompetensi dasar akan dilakukan
  4. Membuat catatan atau keterangan pada bagian-bagian tertentu yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut

Untuk mendukung kegiatan Anda dalam menyusun program semester, Acer menghadirkan TravelMate P2 Untuk para profesional dalam dunia pendidikan. Acer TravelMate P2 hadir dengan fitur, performa dan keamanan yang handal. Acer TravelMate P2 menggabungkan gaya, fungsionalitas, dan portabilitas ke dalam satu perangkat. 

Acer TravelMate P2 juga dilengkapi fitur keamanan, laptop ini dilengkapi fitur TPM 2.0 untuk memastikan otentikasi yang aman dan melindungi data Anda. Sementara berkat teknologi Intel Wi-Fi 6 (802.11ax) yang canggih, Anda dapat menikmati pengalaman nirkabel yang lebih lancar dengan kecepatan hingga 3 kali lebih cepat daripada Wi-Fi 5 (802.11ac) standar. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran dan promo menarik.