Membangun Citra Sekolah Modern, Cerita Sukses dari Sejumlah Sekolah Terbaik
Beranda / Edukasi / Membangun Citra Sekolah Modern, Cerita Sukses dari Sejumlah Sekolah Terbaik
Membangun Citra Sekolah Modern, Cerita Sukses dari Sejumlah Sekolah Terbaik

Membangun Citra Sekolah Modern, Cerita Sukses dari Sejumlah Sekolah Terbaik

Sekolah modern kini menjadi konsep sekolah yang sangat menarik bagi calon murid dan orang tua mereka. Terlebih di era pandemi Covid-19 seperti saat ini. Sekolah modern dinilai lebih dapat membantu murid untuk berkembang secara akademis dalam kondisi yang mengharuskan terjadinya pembatasan sosial.

Oleh karenanya, banyak sekolah di Indonesia mencoba bertransformasi menjadi sekolah modern. Namun, untuk dapat menyandang status sebagai sekolah modern tidaklah mudah. Sebuah sekolah harus menawarkan lebih dari sekadar gedung sekolah dengan arsitektur kontemporer maupun peralatan belajar yang canggih. 

Lebih dari itu, sekolah dapat dikatakan sebagai sekolah modern jika telah menerapkan sistem pendidikan dan metode belajar mengajar yang tidak sekadar mencetak lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan industri, melainkan membantu murid menjadi seorang yang mampu mandiri dalam belajar, memiliki pengetahuan akademik yang memadai, kritis serta dapat mengaplikasikan pengetahuannya dalam berbagai konteks.

Baca Juga: Bagaimana Mengimplementasikan E-Leadership dalam Pendidikan?

Belajar dari Sekolah Modern Terbaik di Dunia

Salah satu cara terbaik untuk mencapai kesuksesan adalah menggunakan metode meniru dan modifikasi. Bagi Anda yang ingin mentransformasi sebuah institusi pendidikan menjadi sekolah modern, Anda juga bisa menggunakan cara tersebut.

Berikut ini merupakan sejumlah sekolah modern yang bisa menjadi acuan untuk ditiru dan dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan sekolah Anda.

  1. St. Andrews International School Bangkok

Sekolah yang didirikan pada tahun 1997 ini tidak hanya modern dari segi fasilitas sekolah, namun karena memiliki sistem yang membantu guru untuk memantau perkembangan akademik seluruh murid secara detail dan berkelanjutan.

Di sekolah ini, terdapat divisi khusus bernama Learning Support Department yang bertugas untuk membantu murid yang mengalami kesulitan belajar hingga mengidentifikasi murid-murid yang masuk kategori berbakat atau jenius sehingga mendapat penanganan yang khusus.

Dengan adanya departemen khusus tersebut, St. Andrews International School Bangkok menjamin setiap murid mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang. Sebab, setiap murid akan memiliki program pengembangan akademik yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap murid.

Melalui pendekatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mencakup sains, teknologi, seni, matematika dan teknik (STEAM), murid di sekolah ini terpacu untuk lebih banyak bereksperimentasi daripada hanya menunggu instruksi guru. Mereka juga mengasah kemampuan kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis melalui pendekatan STEAM.

  1. Basis

Sekolah yang memfokuskan diri pada sains dan teknologi ini merupakan salah satu dari lima sekolah terbaik di Amerika Serikat. Keunggulan sekolah modern satu ini adalah keberhasilannya menggabungkan berbagai best practice dari sekolah-sekolah dan institusi pendidikan terbaik di dunia. Berikut ini adalah beberapa dari best practice tersebut:

  • Deep content atau materi pembelajaran yang sangat detail dan mendalam. 
  • Deep learning yakni model pembelajaran yang menggabungkan berbagai keahlian penting seperti think, communicate, work dan learn yang bertujuan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah yang kompleks dan mengkomunikasikannya secara efektif.
  • Tes matrikulasi wajib bagi setiap siswa yang akan naik kelas. Metode ini diadopsi dari sistem pendidikan Korea.
  • Tingkat keahlian guru dijamin dengan 70% tenaga guru memiliki gelar magister (S2) untuk mata pelajaran yang diampunya. Konsep ini mengadopsi syarat pendidikan guru di Finlandia.
  • Penelitian intensif menjadi fokus pembelajaran siswa SMA tingkat akhir di sekolah ini. Mereka akan mengikuti program magang atau penempatan di luar sekolah untuk mempelajari bidang yang diminatinya.

Baca Juga: Mempersiapkan Pendidikan di Era Society 5.0

Tips Menjadi Sekolah Modern

Setelah melihat contoh kasus di atas, sekolah modern ternyata dapat diidentifikasi melalui sejumlah karakteristik khusus yang dimilikinya. Berikut ini ciri sekolah modern yang membedakannya dengan sekolah konvensional:

  • Pembelajaran Kolaboratif

Seperti dijelaskan sebelumnya, penggunaan teknologi merupakan konsekuensi dari penerapan metode belajar. Pada sekolah modern, pembelajaran kolaboratif merupakan metode yang dipilih karena terbukti memberikan banyak keuntungan, antara lain mengasah kemampuan berfikir, kemampuan berkomunikasi, meningkatkan interaksi murid serta membantu mempermudah murid memahami sebuah materi pelajaran. Dalam kelas yang menerapkan konsep kolaboratif, siswa akan banyak terlibat dalam tugas dan diskusi kelompok maupun presentasi dan debat.

  • Guru Sebagai Fasilitator

Dalam sekolah modern yang menempatkan murid sebagai pusat seluruh aktivitas akademik (student centered), guru tidak memposisikan diri sebagai sumber pengetahuan. Karenanya, akan sangat jarang guru memberikan ceramah dan murid hanya duduk mendengarkan. Di kelas modern, guru lebih berperan sebagai pengarah untuk membantu murid menguasai konsep-konsep dalam pelajaran.

  • Fleksibilitas dalam Belajar

Sekolah modern memungkinkan murid untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Murid bisa mempelajari sebuah konsep maupun teori bahkan sebelum kelas berlangsung, yakni melalui video pembelajaran yang dibagikan guru. Tanpa perlu hadir di kelas, murid juga bisa mengikuti pelajaran secara langsung melalui streaming.

  • Mengenalkan Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

Sekolah modern tidak hanya mempersiapkan murid untuk menghadapi tantangan saat ini, melainkan beberapa tahun ke depan ketika murid sudah memasuki dunia kerja. Pekerjaan seperti data scientist, AI specialist, digital marketing specialist hingga computer engineering mulai diperkenalkan sebagai pekerjaan yang akan menggantikan sejumlah pekerjaan saat ini seperti data entry, pekerja pabrik ataupun salesman

  • Integrasi Teknologi dalam Kelas

Adopsi teknologi dalam kegiatan belajar mengajar terbukti dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam sekolah yang menggunakan konsep modern, integrasi teknologi dalam pembelajaran sudah pasti terjadi secara mendalam. 

Penggunaan laptop, tablet, buku digital, video interaktif, aplikasi pembelajaran hingga games dan VR dilakukan dalam keseharian untuk membantu siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan memahami tujuan pembelajaran dengan lebih baik lagi. Dalam sekolah modern, kebutuhan akan adanya teknologi juga selalu sejalan dengan metode belajar yang diterapkan di dalam kelas.

Baca Juga: Bagaimana Solusi Ekosistem Pendidikan untuk Generasi Masa Depan?

Menjadi Sekolah Modern dengan Jelajah Ilmu

Salah satu syarat menjadi sekolah modern adalah penggunaan metode belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman. Oleh karenanya, integrasi teknologi menjadi penting.  

Nah, jika Anda ingin mentransformasi sekolah Anda menjadi sekolah modern, Jelajah Ilmu merupakan solusi yang tepat. Dengan menggabungkan pembelajaran digital berstandar internasional yang telah diadopsi ke dalam kurikulum Indonesia, Jelajah Ilmu menawarkan semua yang dibutuhkan mulai dari materi pengajaran harian, bank soal, rencana pelaksanaan pembelajaran hingga buku digital dari penerbit bersertifikasi yang memudahkan guru dan sekolah dalam memajukan pembelajaran lebih kreatif, serta membantu murid dalam proses belajar mandiri. 

Tidak hanya itu, Jelajah Ilmu juga dapat memberi keleluasaan kepada kepala sekolah dalam memantau seluruh kegiatan akademik di sekolah seperti melihat laporan kelas secara kolektif dan melihat perkembangan murid secara individu, serta kegiatan yang dilakukan guru di dalam kelas. 

Jelajah Ilmu juga memberi kenyamanan terhadap orang tua murid dalam meninjau hasil belajar anak, aktivitas anak, serta meninjau tugas anak dan tanggapan dari guru. Jelajah Ilmu tidak hanya memberikan kemudahan kepada guru, murid, kepala sekolah, dan orang tua dalam proses pembelajaran era baru melainkan dapat meningkatkan pengalaman akademis baik secara online, tatap muka maupun hybrid.

Tertarik membangun konsep sekolah modern dengan Jelajah Ilmu? Segera hubungi Jelajah Ilmu dan mulai transformasikan pendidikan di sekolah Anda sekarang juga!