Kiat Guru Untuk Bangkitkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi
Beranda / Edukasi / Kiat Guru Untuk Bangkitkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi

Kiat Guru Untuk Bangkitkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi

0
Kiat Guru Untuk Bangkitkan Semangat Belajar Siswa

Untuk mengembalikan motivasi belajar saat pandemi, peran guru sangat penting dalam hal ini. Guru bisa melakukan beberapa hal ini untuk meningkatkan motivasi belajar saat pandemi.

1. Menggunakan Metode dan Kegiatan yang Beragam

Siswa bisa bosan apabila metode dan kegiatan yang guru lakukan dalam proses belajar dan mengajar bersifat monoton. Agar siswa tidak kehilangan motivasi belajar saat pandemi, guru bisa menggunakan metode dan kegiatan yang beragam agar proses belajar bisa berlangsung dengan lebih menarik. Seperti mengemas materi pelajaran dalam bentuk animasi ataupun dalam bentuk interaktif lainnya. 

2. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan dalam Belajar

Siswa dapat belajar dengan lebih baik apabila berada dalam suasana yang menyenangkan, merasa aman, bebas dari rasa tegang. Guru bisa membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan dengan memberikan humor di tengah-tengah pengajaran yang sedang diberikan. 

3. Membimbing dan Mendukung Siswa Belajar

Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan hambatan belajar yang dihadapinya bisa jadi salah satu cara untuk mengembalikan motivasi belajar saat pandemi. Guru perlu memberikan penguatan kepada siswa bahwa ia mampu mengatasi segala hambatan tersebut. Selain itu, Guru juga bisa memberikan perhatian yang sama pada semua siswa, agar setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengaktualisasikan dirinya di kelas.

4. Memberikan Penghargaan atas Usaha yang Telah Dilakukan Siswa

Sekecil apapun hal yang telah dilakukan siswa, Guru wajib memberikan penghargaan sebagai bentuk dukungan. Penghargaan tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pujian atau komentar positif terhadap hasil pekerjaan siswa. Gestur angkat jempol atau berkata “Bagus sekali jawabannya…” adalah contoh penghargaan atas usaha siswa.

Untuk membantu Anda menyiapkan bahan ajaran yang menarik, Anda bisa menggunakan Acer Extensa 15, Laptop esensial yang dirancang untuk kebutuhan Anda. Hubungi kami untuk menemukan laptop Acer pilihan Anda.

Acer Extensa 15

Leave a Reply

Your email address will not be published.