7 Keterampilan Utama yang Harus Dimiliki Guru Masa Kini
Beranda / Edukasi / 7 Keterampilan Utama yang Harus Dimiliki Guru Masa Kini
7 Keterampilan Utama yang Harus Dimiliki Guru Masa Kini

7 Keterampilan Utama yang Harus Dimiliki Guru Masa Kini

Seperti kita ketahui, kehidupan manusia mengalami perubahan besar pada abad 21. Inilah masa di mana era digital berlangsung. Seluruh aspek kehidupan terdampak, begitu juga dunia pendidikan yang harus beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Oleh karenanya, Kemendikbud Ristek (Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) menyebut pendidikan Abad 21 sebagai pendidikan yang terintegrasi dengan berbagai aspek seperti: pengetahuan, keterampilan, sikap dan penguasaan teknologi. 

Di abad 21, guru juga dituntut mempersiapkan muridnya agar bisa bersaing di abad digital. Murid dituntut menguasai 4 C yakni: Critical Thinking and Problem Solving atau berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, Creativity atau kreativitas, Communication Skills yang juga disebut kemampuan berkomunikasi, dan Ability to Work Collaboratively yakni kemampuan untuk bekerja sama. 

Di samping dapat mengakomodir 4 tuntutan tersebut, guru juga harus bisa memenuhi kebutuhan serta minat murid yang berbeda satu sama lain. Tentu, hal ini butuh perhatian yang sangat ekstra untuk membimbing mereka sesuai dengan minat yang dimiliki. 

Perlu diingat juga peserta pendidik juga mengalami proses baik fisik maupun psikis, sehingga komitmen guru ketika menghadapi hal ini benar-benar diuji.     

Baca Juga: Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Jenis-Jenis Keterampilan yang Harus Dimiliki Guru di Era Teknologi Digital

Lalu, bagaimana kesiapan Anda sebagai guru dalam menghadapi era teknologi digital ini? Apakah sudah membekali diri dengan berbagai wawasan dan keterampilan yang bisa menjawab sejumlah tantangan tersebut? Atau masih belum mengetahui apa saja keterampilan guru abad 21 yang wajib dikuasai? Berikut jenis keterampilan yang harus dimiliki agar sukses mencetak generasi unggul bangsa:  

  1. Menguasai Teknologi 

Menguasai teknologi dan memahaminya saat ini adalah sebuah keharusan. Harus diakui bahwa menguasai teknologi akan membuka peluang untuk menciptakan keajaiban-keajaiban dunia saat ini. Oleh karena itu, penguasaan teknologi sebagai guru adalah keharusan agar dapat berbagi kepada murid. 

Apalagi dengan pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19, penguasaan teknologi sudah menjadi standar bagi guru mengajar untuk dapat membekali siswanya dan mendemonstrasikan pembelajaran yang diberikan. Manfaat yang akan dirasakan murid dengan penguasaan teknologi ini adalah siswa dapat membangun model, mengembangkan pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Read More: Teknologi komputasi Awan dan Manfaatnya Bagi Dunia Pendidikan

  1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik 

Sederhana tapi tidak semua mahir dalam hal ini. Mengajar melibatkan komunikasi dan pengetahuan, oleh karena itu keterampilan guru abad 21 harus dapat berkomunikasi dengan baik. Komunikasi dibutuhkan seorang guru untuk mentransfer pengetahuan kepada murid-muridnya, caranya tentu dengan menggunakan berbagai metode komunikasi verbal maupun non-verbal. 

Tidak hanya terbatas pada siswa, keterampilan berkomunikasi yang baik dengan orang tua, staf sekolah harus dimiliki juga.

  1. Mampu Mengendalikan Diri

Anda pasti pernah mendengar idiom ini “Ujian seorang guru adalah ujian kesabaran”. Seperti kita ketahui bahwa menjadi seorang guru sering kali dipertemukan dalam situasi yang tidak menyenangkan. Bahkan tidak sedikit dari kita menghadapi konflik batin antara harus mendidik dengan benturan otoritas sekolah atau rekan kerja. 

Tuntutan zaman secara drastis mempengaruhi sikap dan emosional dari para murid serta membutuhkan kesabaran yang tinggi. Sebagai guru, Anda memerlukan keterampilan ini supaya berhasil memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi murid dan memantau perkembangan mereka. Kenali psikologis murid Anda akan membantu meningkatkan kesabaran. 

  1. Cepat Beradaptasi 

Terkadang proses belajar mengajar tidak selalu berjalan mulus sesuai rencana. Ada saja kendala yang harus dihadapi, dalam hal ini guru harus bisa menyiasati dengan beradaptasi dan mengetahui kebutuhan muridnya dalam kondisi tak terduga.

Keterampilan guru pada abad 21 ini sangat dibutuhkan untuk membentuk Anda menjadi guru yang fleksibel. Penyesuaian diperlukan seperti cara belajar, metode, lingkungan dan teknologi yang digunakan. Meski adaptif tapi proses belajar mengajar tetap harus direncanakan dengan matang, ya! 

  1. Berpikir Kritis 

Sebagai guru, Anda akan menghadapi siswa yang beragam dalam berbagai situasi. Hal tersebut tentu tidak mudah dan seringkali menjadi tantangan. Dalam situasi tersebut, Anda harus terampil dalam berpikir untuk memecahkan berbagai masalah. 

Cara berpikir bisa terjadi bila Anda rutin mengamati perilaku siswa, memperhatikan bahasa tubuh mereka, membuat keputusan yang cepat tentang anak didik Anda, mampu memahami materi pelajaran, memiliki tujuan belajar, dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

  1. Mentoring 

Keterampilan lain yang perlu dimiliki adalah keterampilan mentoring. Bahkan keterampilan ini menjadi prasyarat untuk menjadi guru yang baik. Mengapa? Sebab mentoring adalah pembuka jalan untuk murid menerima pengetahuan di kelas. 

Untuk itu, guru harus dapat memiliki kemampuan mendengar secara aktif, memiliki waktu untuk mengevaluasi, mampu membangun kepercayaan, memberikan bimbingan serta dapat memberikan umpan balik kepada murid. 

  1. Kreatif 

Hambatan dalam proses mengajar yang sering terjadi adalah memikat murid untuk tetap fokus dalam belajar, karena itu diperlukan gaya mengajar yang segar, menarik, dan memikat para murid. 

Oleh karena itu, kreatifitas sangat dibutuhkan dalam proses mengajar. Sebab dengan guru yang kreatif akan mendatangkan cara-cara kreatif dalam mengajar. Oleh karena itu, guru harus dapat mengadopsi pendekatan pengajaran yang unik. Ingat bawa tidak ada murid yang identik sama dan mereka memiliki gaya berbeda dan ciri khas yang menyertai.

Baca Juga: Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

  1. Manajemen

Kita semua tahu bahwa orang yang terampil mengorganisasi sesuatu punya peluang untuk sukses dan dominan dalam kehidupan dan guru mesti memilikinya. Sebab untuk mengatasi ragam tugas, mendidik murid, menjalankan kurikulum dan tanggung jawab sekolah guru harus memiliki kekuatan untuk mengatur semuanya agar jadi lebih efisien. 

Nah, apa saja contoh kemampuan manajemen yang baik? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mengembangkan rencana pelajaran.
  • Menjadwalkan pelajaran.
  • Manajemen waktu.
  • Manajemen kelas
  1. Motivasi

Guru yang mampu memotivasi dapat menginspirasi murid untuk menyadari potensi yang mereka miliki. Motivasi dari seorang yang ahli menjadi paling dibutuhkan dalam keterampilan guru pada abad 21.

Pengajaran yang baik lengkap dengan motivasi akan menjadi penambah energi yang besar bagi siswa. Soft skill ini dapat melambungkan Anda pada puncar karir mengajar. 

  1. Kolaborasi

Kolaborasi di bidang pendidikan telah menjadi hal penting pada era digital saat ini. Lewat kolaborasi dalam pendidikan, murid akan menjadi karakter unggul dan terbiasa untuk berprestasi. Untuk menciptakan kondisi ideal tersebut, guru harus memiliki keterampilan kolaborasi yang tinggi.

Maka itu, keterampilan yang harus dimiliki seorang guru adalah mampu menciptakan sebuah proyek serta mengarahkan murid terlibat proyek tersebut. Guru kemudian bisa menjadi seseorang yang solutif ketika siswanya mengalami kesulitan saat hendak menyelesaikan masalah. 

Bagaimana Guru Bisa Menguasai Teknologi Digital?

Kapan dan seberapa banyak Anda menggunakan teknologi untuk membantu proses belajar mengajar? Pertanyaan ini dapat mengukur keterampilan Anda dalam menggunakan teknologi. Tentu, menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari akan membuat Anda semakin menguasai teknologi. 

Ruang kelas memang merupakan tempat yang tepat untuk penerapan teknologi. Lewat teknologi, siswa akan terbantu ketika melakukan penelitian, berkolaborasi dalam sebuah topik. Meski begitu yang harus diingat penggunaan teknologi juga harus dibatasi terutama ketika diskusi kelas sedang berlangsung. Tentu gunanya untuk Anda dan murid serta sesamanya bisa berkomunikasi dengan baik. 

Salah satu evaluasi kecil yang bisa Anda lakukan dari penggunaan teknologi adalah dengan mengukur apakah penggunaannya meningkatkan pembelajaran murid di dalam maupun luar sekolah Atau justru mengurangi. Evaluasi tersebut dapat berguna untuk menentukan berapa besar porsi perangkat teknologi yang Anda gunakan. 

Yuk, saatnya Anda mengasah keterampilan yang harus dimiliki Guru pada Abad 21 seperti tips-tips di atas! Selamat mencoba.