Cara Menjalankan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif
Beranda / Edukasi / Cara Menjalankan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif
Cara Menjalankan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif

Cara Menjalankan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif

Dalam sebuah lembaga atau organisasi pasti ada seorang pemimpin yang bertanggung jawab untuk memimpin lembaga tersebut, begitu juga dengan sekolah.

Sekolah merupakan organisasi formal yang bergerak di bidang pendidikan, singkatnya sekolah adalah lembaga pendidikan. Untuk itu, di dalam sekolah juga terdapat pemimpin yang disebut sebagai kepala sekolah.

Sama halnya seperti organisasi umum lainnya, kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peranan yang sangat penting dalam berlangsungnya proses pendidikan di sekolah.

Selain itu, efektivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah juga dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Dengan demikian, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif menjadi hal penting yang patut diperhatikan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang kepemimpinan kepala sekolah berikut ini.

Peran Penting Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah

Menurut Ronald Williamson (2011) dalam tulisannya yang berjudul “The Importance of the School Principal”, penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif sangat penting di sekolah. 

Ketika sebuah sekolah memiliki kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, maka sekolah akan jauh lebih mungkin untuk menjadi efektif dan berdampak positif pada prestasi siswa.

Ini karena kepala sekolah memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas sekolah, seperti memainkan peran sentral dalam menetapkan arah sekolah, mengartikulasikan tujuan bersama, dan menyelaraskan program serta sumber daya sekolah untuk mencapai visi yang dicanangkan.

Jika seorang kepala sekolah tidak memiliki kepemimpinan yang baik dan efektif, maka itu akan berdampak pada segala kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Baca Juga: Bagaimana Mengimplementasikan E-Leadership dalam Pendidikan?

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Kepala Sekolah

Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat dilakukan dengan beberapa keterampilan terbaik yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah.

Menurut Ramon Castillo (2019), seorang Konsultan Keamanan Sekolah yang memiliki 10 tahun pengalaman terkait K-12 dan pendidikan di Amerika, ada 10 (sepuluh) keterampilan yang harus dimiliki seorang kepala sekolah untuk dapat menjalankan sekolah yang efektif, antara lain:

  1. Pendidik yang Utama

Sebagai seorang kepala sekolah, sangat mudah untuk fokus pada tujuan karier, tanggung jawab sehari-hari, anggaran sekolah, dan hal-hal lainnya terkait tanggung jawab kepala sekolah.

Namun, terlepas dari semua tanggung jawab tersebut, kepala sekolah tetap harus mengutamakan pendidik dan pendidikan di sekolah. Keberhasilan siswa harus menjadi fokus utama dari kepala sekolah.

  1. Mempromosikan Visi

Kepala sekolah harus menciptakan dan mempromosikan visi yang jelas dan pasti tentang tujuan sekolah.

Memiliki visi yang jelas dapat membantu semua orang, baik itu pendidik, staf, siswa, orang tua siswa, dan kepala sekolah itu sendiri untuk menjadi lebih termotivasi.

Di sisi lain, mempromosikan visi juga dapat membuat sekolah menjadi lebih efektif, karena tanggung jawab setiap warga sekolah dapat tetap terhubung dengan tujuan dan visi strategis dari kepala sekolah.

  1. Berkomunikasi dengan Jelas

Komunikasi yang buruk sering kali merusak kinerja dan efektivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Oleh karena itu, kepala sekolah harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan jelas dengan semua warga sekolah. Komunikasi yang kuat adalah salah satu elemen dasar utama yang harus dimiliki oleh kepala sekolah.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kepala sekolah dapat mengkomunikasikan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan sekolah secara efektif. 

  1. Motivasi Perubahan

Pendidikan merupakan salah satu bidang ilmu yang terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. 

Sehingga motivasi perubahan sangat dibutuhkan bagi sekolah, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu, seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk terus-menerus memotivasi perubahan, agar dapat menyesuaikan diri dengan zaman yang terus berkembang.

Baca Juga: Mempersiapkan Pendidikan di Era Society 5.0

  1. Bertindak Tegas

Seorang kepala sekolah yang baik harus dapat bertindak tegas dan tidak bingung ketika menghadapi sebuah masalah.

Ini karena sikap tegas kepala sekolah dapat berdampak pada kinerja sekolah dan prestasi siswa.

  1. Delegasikan Lebih Banyak Tugas

Secara alami, pemimpin yang kuat cenderung memimpin dengan memberi contoh. Kecenderungan ini kemudian akan membuat kepala sekolah sebagai pemimpin menjadi lebih sering melakukan sesuatu sendiri.

Akan tetapi, sebagai kepala sekolah sangat penting untuk belajar tentang bagaimana cara mendelegasikan tugas kepada bawahannya.

Pendelegasian tugas tersebut dapat membantu mengembangkan keterampilan pendidik dan staf sekolah, agar dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat. 

  1. Memberdayakan Orang Lain

Keterampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah berikutnya adalah keterampilan untuk memberdayakan orang lain.

Kepala sekolah yang baik memiliki keterampilan untuk melihat kelebihan orang lain dan melakukan apa yang mereka bisa lakukan untuk mengembangkan kelebihan tersebut.

Dengan demikian, kepala sekolah dapat membantu pendidik dan staf sekolah untuk mengembangkan kinerja terbaik mereka.

  1. Manajemen Prioritas

Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat dilihat dari manajemen prioritasnya.  Apakah kepala sekolah tersebut menghabiskan banyak waktu dan energi untuk hal-hal yang tidak penting, atau malah sebaliknya?

Kepala sekolah yang baik adalah kepala sekolah yang dapat memprioritaskan hal-hal yang harus dilakukan. Dengan demikian, kepala sekolah dapat memfokuskan upaya mereka pada hal-hal yang paling penting bagi siswa dan sekolah.

  1. Mendengarkan Secara Aktif

Keterampilan ini tidak hanya tentang bagaimana kepala sekolah dapat menjadi pendengar yang aktif, namun juga dapat mendengar atau melihat segala suatu hal dari berbagai sudut pandang.

Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat tercermin dari bagaimana kepala sekolah mendengar, melihat, dan memahami sesuatu dari sudut pandang orang lain.

  1. Mengelola Risiko

Keterampilan yang terakhir adalah bagaimana seorang kepala sekolah dapat mengelola risiko dengan baik.

Kepala sekolah yang baik harus dapat membuat keputusan dengan waktu sepersekian detik, namun secara bersamaan melihat risiko dan peluang yang dapat dihasilkan dari keputusan tersebut. 

Baca Juga: Hal yang Harus Disiapkan Guru dan Sekolah untuk Menyambut Generasi Alpha

Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Baik dan Efektif

Kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan efektif tidak dapat terjadi begitu saja, dibutuhkan keterampilan dan praktik yang sesuai untuk mengaplikasikan kepemimpinan tersebut.

Berikut adalah 5 (lima) praktik yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah untuk menerapkan kepemimpinan yang baik menurut Wallace Foundation.

  1. Membentuk Visi Keberhasilan Akademik

Kepala sekolah perlu membentuk visi keberhasilan akademik untuk setiap siswa, yang didasarkan pada standar yang tinggi. 

Kemudian kepala sekolah, guru, staf sekolah, dan orang tua siswa secara bersama-sama membantu siswa untuk dapat mencapai visi keberhasilan tersebut.

  1. Menciptakan Lingkungan yang Ramah Pendidikan

Lingkungan yang ramah pendidikan sangat dibutuhkan di sekolah. Ini menyangkut keselamatan, semangat kerja sama, dan fondasi lainnya yang berkaitan dengan interaksi setiap warga sekolah.

Dengan adanya lingkungan yang ramah pendidikan, maka siswa dan guru dapat melakukan kegiatan belajar mengajar semaksimal mungkin.

  1. Menumbuhkan Kepemimpinan dalam Diri Orang Lain

Kepala sekolah yang baik harus membantu setiap warga sekolah untuk menumbuhkan kepemimpinan dalam diri mereka. Dengan demikian, seluruh warga sekolah dapat turut mengambil bagian dalam mewujudkan visi sekolah.

  1. Meningkatkan Pengajaran

Kegiatan belajar mengajar merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah. Ini karena kegiatan tersebut dapat memberikan dampak signifikan bagi prestasi siswa dan kinerja sekolah.

Untuk itu, sangat penting bagi kepala sekolah untuk meningkatkan pengajaran agar guru dapat mengajar dengan sebaik-baiknya dan siswa dapat belajar semaksimal mungkin.

  1. Mengelola Orang, Data, dan Proses

Kepala sekolah dengan kepemimpinan yang efektif harus mampu mengelola orang, data, dan proses sebaik mungkin. Pengelolaan yang baik dapat mendorong peningkatan kinerja sekolah dan prestasi siswa di masa yang akan datang.

Itu dia praktik yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dengan kepemimpinan yang baik dan efektif. Dengan melakukan praktik tersebut, kepala sekolah dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan meningkatkan kualitas siswa serta sekolah.