Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Anak
Beranda / Edukasi / Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Anak

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Anak

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online Terhadap Anak

Karena kasus Omicron yang sedang tinggi, saat ini banyak sekolah yang sudah mulai menerapkan Hybrid Learning dalam proses pembelajaran. Hybrid Learning merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dan online. Pembelajaran online sendiri, meskipun terlihat mudah bisa mendatangkan kelebihan dan kekurangan yang bisa berakibat terhadap naik turunnya motivasi belajar saat pandemi

Mari kita bedah satu-persatu apa saja kelebihan dan kekurangan belajar online dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar saat pandemi bagi para siswa. 

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online

Yang menjadi kelebihan belajar online antara lain penggunaan perangkat teknologi seperti ponsel, laptop, tab, dan PC yang bisa membuat siswa dan guru lebih mudah mencari informasi secara cepat dan mudah karena ada banyak sumber informasi tentang apa yang akan pelajari, selain itu dengan belajar online siswa dapat menggunakan waktunya sehingga mereka dapat mempertimbangkan untuk belajar lebih luas untuk belajar hal lain atau untuk melakukan hobinya.

Sementara kekurangan belajar online adalah kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran online, apalagi beberapa siswa memiliki kendala terhadap perangkat teknologi yang membuat mereka tidak bisa belajar online. Beberapa siswa juga sulit untuk belajar karena ada pemadaman listrik atau koneksi internet yang tidak stabil. Juga terkait aspek kesehatan yang jadi terganggu karena tidak aktif bergerak selama belajar di rumah.

Melihat dari beberapa kelebihan dan kelemahan pembelajaran jarak jauh tersebut bisa membuat naik turunnya bahkan hilangnya motivasi belajar saat pandemi, sebut saja yang tadinya siswa atau guru semangat dalam pembelajaran namun akibat terkendala internet yang lambat atau listrik yang padam, membuat semangat belajar mereka jadi hilang. 

Halaman selanjutnya Kiat Guru Untuk Bangkitkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi

Jika hal ini dibiarkan maka bisa berakibat buruk bagi evaluasi pembelajaran. Untuk itu Guru perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan motivasi belajar saat pandemi untuk siswa. Salah satunya adalah dengan menyiapkan bahan ajaran yang menarik. Anda bisa menggunakan laptop Acer Extensa 15. 

Acer Extensa 15

Laptop Extensa 15 memiliki semua yang Anda butuhkan untuk pekerjaan sehari-hari yang nyaman. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien sambil melakukan banyak tugas dengan mudah berkat prosesor Intel® Core™ Generasi ke-10 yang kuat, grafis Intel® UHD1, dan memori DDR4 hingga 12GB. Ditambah dengan masa pakai baterai hingga 9 jam, laptop dengan layar besar 15,6” ini akan menghadirkan pengalaman produktivitas yang luar biasa. Hubungi kami untuk menemukan laptop Acer pilihan Anda.