6 Kelebihan Chromebook Acer Sebagai Laptop Edukasi Terbaik
Beranda / Edukasi / 6 Kelebihan Chromebook Acer Sebagai Laptop Edukasi Terbaik
6 Kelebihan Chromebook Acer Sebagai Laptop Edukasi Terbaik

6 Kelebihan Chromebook Acer Sebagai Laptop Edukasi Terbaik

Banyak sekolah kini mulai melibatkan penggunaan laptop dalam kegiatan belajar-mengajar. Tidak hanya siswa sekolah menengah atas, murid SD hingga playgroup pun sudah menjadikan laptop sebagai perangkat belajar wajib. Integrasi laptop dalam aktivitas belajar di sekolah pun dipercepat oleh pandemi Covid 19 yang mengharuskan sekolah mengadakan pembelajaran online.

Kebutuhan akan laptop sebagai peralatan belajar tidak hanya disadari sekolah. Pemerintah juga menyadari pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Bahkan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memiliki program digitalisasi sekolah. Dalam program yang anggarannya mencapai Rp 3,7 triliun tersebut, setiap sekolah nantinya akan mendapatkan 15 laptop dan 1 access point.

Saat memilih laptop untuk anak sekolah, pemilihan device terbaik akan memberikan banyak keuntungan. Salah satu jenis laptop yang paling direkomendasikan untuk kebutuhan pelajar adalah Chromebook. Bagi Anda yang belum familiar, chromebook adalah sebuah laptop yang memiliki sistem operasi Chrome OS buatan Google.

Baca Juga: Cara Memilih Sekolah Dasar Terbaik untuk Anak

Kelebihan Chromebook

Tapi, apa alasannya memilih laptop jenis ini? Berikut adalah 5 alasan kenapa Chromebook merupakan jenis laptop yang tepat untuk kebutuhan anak sekolah.

  • Harga Terjangkau

Jika dibandingkan dengan laptop yang menggunakan sistem operasi lain, harga chromebook tergolong sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 3 jutaan saja, Anda sudah bisa memperoleh satu unit laptop Chromebook.

  • Ringan dan Tipis

Kebanyakan chromebook dibuat dengan body yang tipis dan ringan. Karena sistem operasi laptop ini benar-benar berbasis website/ web based tidak heran jika komponen yang terdapat dalam laptop ini juga minimalis.

  • Lebih Tahan Virus

Salah satu keunggulan Chromebook adalah perlindungan berlapis yang dibangun oleh Google sebagai pengembang sistem operasinya. Selain itu, fitur keamanan chromebook juga terpasang secara built in melalui pembaruan software secara otomatis, sandbox, verified boot, enkripsi data dan recovery mode. Hal inilah yang membuat Chromebook lebih tahan terhadap virus dan malware.

  • Dilengkapi Berbagai Aplikasi Belajar

Alasan utama mengapa chromebook sangat cocok bagi pelajar adalah karena laptop ini dilengkapi dengan berbagai aplikasi belajar yang dikembangkan Google melalui Google for Education seperti Google Workspace hingga Google Classroom.

  • Awet

Chromebook juga dibuat sedemikian rupa sehingga bisa tahan terhadap insiden-insiden kecil seperti tergores hingga terjatuh. Lantaran durabilitasnya ini, Chromebook sangat cocok bagi anak-anak yang seringkali kurang dapat merawat laptop.


Baca Juga: Menghilangkan Budaya Mencontek dengan Bantuan Teknologi Pendidikan

Kelebihan Chromebook Acer

Jika kini Anda yakin memilih Chromebook sebagai laptop untuk anak sekolah, Acer merupakan merek terbaik untuk laptop dengan sistem operasi Chrome OS. Sebelum membahas rekomendasi Chromebook Acer terbaik untuk kebutuhan belajar, ada baiknya untuk mengetahui sejumlah kelebihan pada Chromebook Acer yang tidak dapat Anda temukan pada laptop merek lain. Yuk, kita ulas satu per satu.

  1. Tersedia dalam Banyak Pilihan Spesifikasi

Sebagai produsen laptop yang memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi, Acer secara berkelanjutan memproduksi Chromebook cocok untuk kebutuhan belajar di sekolah. Chromebook Acer tersedia dalam berbagai pilihan ukuran layar, kapasitas baterai, memori, RAM dan prosesor.

  1. Konstruksi Solid Standar Militer

Daya tahan merupakan salah satu keunggulan Acer Chromebook yang membedakannya dari chromebook merek lain. Acer memang menggunakan standar militer untuk kualitas konstruksi setiap laptopnya. Tidak heran jika body Acer Chromebook selalu terlihat kokoh. Nah, karena kelebihan inilah Acer Chromebook sangat cocok digunakan untuk pelajar karena memang didesain untuk penggunaan intens dan mobilitas tinggi.

  1. Layanan Purna Jual

Sebagai salah satu brand IT terbesar di dunia, Acer tidak hanya memperhatikan kualitas dari device yang diproduksinya, namun juga menyediakan layanan purna jual terbaik. Jika Anda memiliki masalah pada perangkat Acer Chromebook, terdapat layanan live chat, whatsapp maupun hotline (saluran siaga) yang siap menangani segala keluhan dan pertanyaan Anda.

Untuk kebutuhan penggantian suku cadang, Acer kini telah memiliki gudang penyimpanan suku cadang terbesar di Indonesia. Tepatnya berada di daerah Marunda, Jakarta Utara. Sehingga, distribusi suku cadang bisa dilakukan secara cepat ke seluruh daerah di Indonesia.

Sedangkan untuk jaringan pusat servis, Acer telah memiliki puluhan jaringan servis di kota-kota seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Sehingga, Anda tidak perlu kesulitan jika perangkat Anda rusak dan membutuhkan perbaikan.

  1. Layanan Perpanjangan Garansi

Kelebihan lain yang dimiliki Acer Chromebook adalah layanan perpanjangan garansi yang membuat perangkat Anda terlindungi lebih lama lagi. Perpanjangan garansi ini bisa dilakukan ketika masa garansi resmi yang diberikan Acer akan habis. Anda pun tidak perlu pusing dengan biaya jasa perbaikan maupun pergantian suku cadang.

  1. Digunakan oleh Sekolah-sekolah Terbaik

Acer Chromebook telah dipercaya oleh berbagai sekolah terbaik di dunia maupun di Indonesia. Teknologi canggih yang terdapat dalam Acer Chromebook terbukti dapat mendukung pelaksanaan metode pembelajaran blended learning maupun hybrid learning yang sangat membutuhkan dukungan teknologi. Di Indonesia, sekolah yang menggunakan Acer Chromebook di antaranya IPEKA Integrated Christian School

  1. Mudah Dibeli

Untuk membeli Acer Chromebook juga tidak sulit karena laptop ini sangat mudah ditemukan baik secara offline maupun online. Anda bisa menemukan Acer Chromebook di gerai resmi, authorized shop hingga marketplace.

Baca Juga: Konsep Smart School dan Penerapannya di Indonesia

Pilihan Acer Chromebook untuk Edukasi

Setelah mengetahui berbagai kelebihan Acer Chromebook, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui tipe Acer Chromebook yang cocok untuk kebutuhan edukasi. Berikut ini adalah 5 pilihannya:

  • Acer Chromebook C722

Laptop ini sangat ideal untuk kebutuhan edukasi karena sejumlah keunggulannya seperti konsumsi energi yang rendah sehingga baterai tahan lebih lama, prosesor mutakhir MediaTek processor M8183C dan body yang kokoh sehingga mampu bertahan terhadap penggunaan intens baik di dalam maupun luar ruang kelas.

  • Chromebook C933

    Acer Chromebook C933 juga unggul dalam hal daya tahan baterai. Laptop ini dapat menyala lebih dari 12 jam sehingga sangat cukup untuk pemakaian di sekolah seharian penuh. Melalui Prosesor Intel Celeron dan RAM sebesar 4GB, pelajar bisa lebih produktif ketika beraktivitas dalam kelas.
  • Acer Chromebook C871


Laptop ini sangat cocok bagi aktivitas belajar di kelas yang banyak melibatkan kolaborasi dan diskusi. Sebab, Acer Chromebook C871 dilengkapi dengan fungsi layar yang dapat dibuka hingga 180 derajat. Keyboard dan panel sentuh laptop ini juga dilengkapi dengan sistem talang yang membuatnya tahan terhadap tumpahan air

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai kelebihan Chromebook Acer dibandingkan laptop merek lain. Yuk, segera lengkapi kebutuhan belajar anak Anda dengan Acer sekarang juga!