Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Beranda / Edukasi / Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Inovasi Pembelajaran Jelajah Ilmu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Pendidikan yang baik harus sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidikan harus mampu memenuhi kebutuhan, tuntutan dan tantangan dalam masyarakat yang berubah cepat dan terkadang tidak dapat diprediksi. Oleh karenanya, agar tetap relevan di tengah perkembangan zaman dan perubahan kebutuhan peserta didik, sekolah sebagai institusi pendidikan harus melakukan inovasi pembelajaran. 

Inovasi akan membuat sekolah tetap relevan dengan perkembangan dalam masyarakat. Inovasi pembelajaran juga akan meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab, inovasi mendorong guru dan murid untuk terus melakukan eksplorasi akademik dengan memanfaatkan semua peralatan belajar untuk menemukan hal-hal baru. Proses eksplorasi dan penelitian yang melibatkan berbagai sudut pandang dan kreativitas itulah yang membuat kemampuan berpikir dan skill murid dalam memecahkan masalah berkembang. 

Dari penjelasan di atas, inovasi pembelajaran dapat didefinisikan sebagai ide, metode dan serangkaian tindakan yang baru dan berbeda yang dilakukan oleh guru, murid dan seluruh pihak terkait untuk memecahkan suatu permasalahan. Namun, perlu digarisbawahi, inovasi bukan semata-mata menciptakan hal yang benar-benar tidak pernah ada sebelumnya, melainkan tindakan meneliti dan mengolah solusi yang telah ada untuk kemudian melahirkan hipotesis baru. 

Berbagai Contoh Inovasi Pembelajaran

Inovasi pembelajaran merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Oleh karenanya, penting bagi guru untuk tetap memperbarui dirinya dengan informasi seputar temuan serta terobosan baru di bidang pendidikan dan memahaminya. Nah, untuk menambah informasi Anda, berikut ini sejumlah inovasi pembelajaran yang muncul dalam lima tahun terakhir:

  1. Teknologi Gamifikasi

Gamifikasi atau metode belajar sambil bermain merupakan inovasi pembelajaran yang diyakini mampu membuat siswa lebih mudah dalam menyerap materi pelajaran. Gamifikasi menggunakan bantuan video game merupakan inovasi terbaik dan terbaru yang datang dari dunia pendidikan. 

Game edukasi dapat membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, terlebih bagi siswa sekolah. Sudah banyak sekolah baik di dalam dan luar negeri menggunakan game di ruang kelas untuk membantu murid mempelajari berbagai mata pelajaran mulai dari bahasa hingga matematika. 

Baca Juga: 10 Game Edukasi yang Dapat Dimanfaatkan Guru untuk Mendidik Siswa

  1. Big Data

Pengumpulan dan olah data kini memainkan peranan penting di dunia pendidikan. Dengan menerapkan Big Data, sekolah dapat memantau dan memperoleh informasi mengenai perkembangan anak didik, kinerja guru dan efektivitas belajar-mengajar dengan lebih cepat dan akurat. 

Teknologi Big Data dalam pendidikan memungkinkan guru melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap peserta didik atau terhadap konsep mengajar secara lebih cepat .

  1. Flipped Classroom

Metode flipped classroom merupakan sebuah terobosan bagi pendidikan berbasis ruang kelas. Dalam metode ini, siswa diharuskan untuk membaca e-book, mendengar audio atau menonton video pembelajaran sebelum mengikuti kelas. Waktu belajar di kelas fokus digunakan untuk memperdalam pemahaman yang diperoleh siswa sebelumnya. Inovasi merupakan metode yang mendukung personalised learning di era pembelajaran online.

Flipped classroom diyakini akan menjadi metode yang ramai diadopsi sekolah di masa depan mengingat disrupsi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 terhadap dunia pendidikan.

  1. Media Sosial untuk Edukasi

Saat ini, media sosial telah menjadi platform yang sangat dekat dengan manusia, tidak terkecuali para siswa sekolah. Durasi penggunaan media sosial pun terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Selain menjadi alat komunikasi dan hiburan, para pendidik telah berhasil memanfaatkan media sosial untuk kebutuhan pendidikan. Tidak hanya membuat kegiatan belajar mengajar menjadi relevan dengan kehidupan siswa, media sosial membuat kegiatan belajar jadi lebih menarik dan menyenangkan. 

Baca Juga: Manfaat TikTok untuk Mengajar Generasi Z

  1. Learning Management System (LMS)

LMS merupakan produk teknologi pendidikan yang memudahkan guru dan murid dalam melaksanakan pembelajaran online. Di dalam LMS, terdapat berbagai macam fitur penting seperti kelas online, pelaporan dan monitoring, chat hingga bahan ajar seperti buku digital, video pembelajaran dan masih banyak lagi. LMS merupakan inovasi pembelajaran yang memungkin guru dan murid lebih fokus dalam proses belajar mengajar.

Inovasi Pembelajaran Persembahan Jelajah Ilmu

Salah satu kendala utama yang dihadapi guru di sekolah adalah banyaknya tugas teknis administratif seperti pembuatan silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan materi ajar, soal ujian hingga tugas evaluasi pembelajaran. Semua pekerjaan tersebut menyita waktu dan tenaga guru.

Akibatnya, guru kekurangan waktu untuk melaksanakan tugas-tugas yang lebih pokok sebagai pendidik seperti mengembangkan materi belajar yang lebih kreatif dan menarik, menjadi fasilitator bagi murid hingga melakukan pendalaman konsep pembelajaran. Akibatnya, upaya peningkatan kualitas belajar-mengajar menjadi terhambat sehingga perkembangan akademik murid tidak bisa diakselerasi sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi sekian masalah administratif tersebut, Jelajah Ilmu hadir sebagai sebuah inovasi pembelajaran terbaik. Bukan sekadar LMS atau aplikasi kelas online atau aplikasi digital learning belaka, Jelajah Ilmu hadir sebagai solusi teknologi pembelajaran terbaik untuk membantu transformasi kegiatan belajar di sekolah.

 Jelajah Ilmu menawarkan solusi komprehensif untuk dunia pendidikan, yang secara terintegrasi menggabungkan solusi pembelajaran digital dengan Standar Internasional yang diadopsi ke bahasa dan kurikulum Indonesia, di mana di dalamnya terdapat materi pengajaran harian, bank soal, RPP, buku digital dari penerbit bersertifikasi, fitur komunikasi dan diskusi, serta akses ke laporan dan monitoring akses belajar sehari-hari yang semuanya itu diharapkan dapat membantu guru dan sekolah dalam mengembangkan materi pembelajaran yang lebih kreatif dan berkualitas serta memberikan keleluasaan dan kemandirian siswa dalam belajar.

Jelajah Ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis, baik secara online, tatap muka maupun hybrid.

Nah, itulah sekilas mengenai inovasi pembelajaran terbaru dari Jelajah Ilmu. Bagi Anda yang tertarik mengintegrasikan Jelajah Ilmu ke dalam proses belajar mengajar di sekolah Anda, segera hubungi Jelajah Ilmu sekarang dan tingkatkan kualitas pendidikan di sekolah Anda.