Chrome Education Upgrade License & Acer Chromebook, Solusi Tepat Transformasi Digital Dunia Pendidikan
Beranda / Edukasi / Chrome Education Upgrade License & Acer Chromebook, Solusi Tepat Transformasi Digital Dunia Pendidikan
Chrome Education Upgrade License & Acer Chromebook, Solusi Tepat Transformasi Digital Dunia Pendidikan

Chrome Education Upgrade License & Acer Chromebook, Solusi Tepat Transformasi Digital Dunia Pendidikan

Dunia pendidikan terus melakukan transformasi digital. Artinya, seluruh strategi dan proses pembelajaran semakin melibatkan teknologi digital baik itu perangkat canggih hingga aplikasi. Hal ini juga sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan hybrid learning sebagai solusi pembelajaran di era pandemi Covid 19.

Hybrid learning merupakan sistem belajar mengajar yang mengkombinasikan sejumlah pendekatan seperti pembelajaran tatap muka, pembelajaran online dan pembelajaran menggunakan komputer (computer based learning). Baca artikel spesifik tentang hybrid learning Jika ingin lebih memahami metode tersebut.

Sejumlah praktisi dan pengamat pendidikan juga menilai hybrid learning sebagai metode yang tepat dan memenuhi kebutuhan akan pelaksanaan sekolah di masa depan yang lebih aman, sehat dan berkualitas.

Nah, bagi sekolah yang ingin melakukan transformasi digital, terdapat aplikasi pembelajaran dan perangkat tepat yang dapat diintegrasikan dalam pelaksanaan hybrid learning yakni Chrome Education Upgrade License & Acer Chromebook, Solusi Tepat Transformasi Digital Dunia Pendidikan dan Acer Chromebook. Sekarang mari kita ulas keduanya satu per satu.

Baca Juga: Learning Loss Akibat Pandemi Sangat Merugikan Siswa, Apa yang Harus Dilakukan Guru?

Chrome Education Upgrade License

Google for Education merupakan produk Google yang diciptakan bagi guru dan murid untuk membantu mereka dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran dan melakukan inovasi. Google for Education dilengkapi dengan sejumlah fitur belajar dan kolaborasi yang aman dan mudah digunakan. Berikut ini adalah fitur-fitur penting pada Google for Education:

  1. Google Classroom

Fitur ini merupakan fitur Google paling powerful untuk melaksanakan hybrid learning. Melalui Google Classroom, guru dapat mengadakan video conferencing, membuat dan mengelola kelas, membuat dan mengelola tugas, melakukan penilaian hingga membuat pengumuman.

Dengan menggunakan Google Meet serta bantuan sejumlah alat seperti proyektor, laptop, smartphone dan tripod, guru dapat menyiarkan kelas tatap muka secara online dan real time pada para siswa yang belajar dari rumah. Google Classroom juga disukai oleh sekolah dan murid karena mudah digunakan dan ringan sehingga dapat dibuka menggunakan berbagai jenis device.

  1. Google Site

Melalui fitur ini, guru dan murid dapat membuat custom website untuk beragam kebutuhan sekolah seperti halaman event sekolah, project dan lain sebagainya. Tanpa perlu kemampuan coding, pengguna Google Site dapat membuat sebuah website semudah seperti membuat sebuah slide presentasi. Google Slide juga menyediakan template untuk berbagai macam keperluan.

Baca Juga: Perbedaan Windows 11 Education, Home, Pro & Enterprise

  1. Google Office

Fitur ini merupakan pendukung kegiatan belajar-mengajar yang sangat umum digunakan. Contohnya seperti Google Docs, Google Slide dan Google Sheet. Fitur-fitur belajar ini juga dapat mendukung pelaksanaan metode hybrid learning karena memungkinkan penggunanya melakukan kolaborasi antara siswa yang hadir dalam kelas tatap muka maupun siswa yang mengikuti kelas online dari rumah.

Acer Chromebook

Acer Chromebook merupakan laptop yang didesain khusus oleh Acer dan Google untuk kebutuhan pendidikan. Ada berbagai keuntungan menggunakan laptop Acer dengan sistem operasi Chrome OS. Pertama, melalui Google Admin Console, Chromebook dapat memudahkan pekerjaan guru TIK atau staf IT sekolah ketika harus mendeploy dan mengelola laptop dalam jumlah banyak. Selain itu, murid dan guru yang menggunakan Chromebook tidak perlu melakukan instalasi software secara manual atau meluangkan waktu dan tenaga untuk melakukan pembaruan. Cukup beberapa klik dari laptop admin, instalasi dan pembaruan dapat dilakukan secara online dan otomatis.

Bagi sekolah yang ingin meminjamkan Chromebook pada siswa yang mengikuti kelas dari rumah, Acer Chromebook memiliki keuntungan dari segi keamanan. Misalnya:

  • Admin bisa membatasi penggunaan laptop pada jam-jam tertentu saja dengan melakukan setting off hours.
  • Admin bisa melakukan blacklist pada URL tertentu atau melakukan restriksi konten untuk memastikan penggunaan laptop tetap mengikuti kebijakan penggunaan laptop yang ditetapkan oleh guru dan sekolah.

Baca Juga: Teknologi 5G dan Perannya dalam Mewujudkan Smart Classrooms

Kolaborasi Google for Education & Acer Chromebook

Cerita Sukses sekolah yang menggunakan Acer Chromebook dan Google for Education untuk melangsungkan hybrid learning datang dari Star International School of Mirdif. Sekolah yang terletak di Dubai, salah satu negara bagian di Uni Emirat Arab, mulai menerapkan metode hybrid learning sejak pemerintah Dubai melakukan pembatasan jumlah siswa yang dapat mengikuti pembelajaran tatap muka.

Penggunaan Acer Chromebook dan Google for Education terbukti berhasil mempermudah pelaksanaan hybrid learning. Menurut Neal Oates, Wakil Kepala Sekolah Star International School Mirdif, Acer Chromebook dan Google Workspace for Education adalah pasangan sempurna. 

Di satu sisi, Google Workspace for Education menawarkan banyak fitur untuk memudahkan pelaksanaan hybrid learning. Aplikasi seperti Google Slides dan Google Docs membuat siswa lebih mudah saat mengikuti kelas secara individual di rumah masing-masing maupun saat melakukan kerja kelompok di kelas tatap muka.

Para murid di Star International School Mirdif dibekali oleh Acer Chromebook ChromebookSpin 512 yang memang dibuat untuk kebutuhan pendidikan. Laptop ini juga didesain untuk pemakaian yang intens, keyboard yang tahan air dan performa yang mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa.

Laptop touch screen ini juga dilengkapi dengan  Stylus Pen yang menawarkan pengalaman terbaik saat siswa harus menggambar atau mendesain sesuatu.

Dalam hybrid learning, kolaborasi merupakan elemen penting yang tidak boleh dikesampingkan. Acer Chromebook Spin 512 menawarkan monitor 12 inch yang pas untuk belajar bersama dan berkolaborasi baik secara offline maupun online.

Penggunaan Acer Chromebook dan Google Workspace for Education memberi banyak keuntungan dalam pelaksanaan kegiatan belajar sehari hari. Menurut Oates, perangkat dan aplikasi tidak mengubah cara guru mengajar melainkan membuat mengajar jadi lebih mudah dan berkualitas.

Pilihan Acer Chromebook Terbaik

Bagi sekolah yang membutuhkan Acer Chromebook yang cocok digunakan oleh guru dan murid, berikut ini sejumlah pilihannya:

Acer Chromebook C722

Laptop ini sangat ideal untuk kebutuhan edukasi karena sejumlah keunggulannya seperti konsumsi energi yang rendah sehingga baterai tahan lebih lama, prosesor mutakhir MediaTek processor M8183C dan bodi yang kokoh sehingga mampu bertahan terhadap penggunaan intens baik di dalam maupun luar ruang kelas.

Chromebook C933

Acer Chromebook C933 juga unggul dalam hal daya tahan baterai. Laptop ini dapat menyala lebih dari 12 jam sehingga sangat cukup untuk pemakaian di sekolah seharian penuh. Melalui Prosesor Intel Celeron dan RAM sebesar 4GB, pelajar bisa lebih produktif ketika beraktivitas dalam kelas.

Acer Chromebook C871

Laptop ini sangat cocok bagi aktivitas belajar di kelas yang banyak melibatkan kolaborasi dan diskusi. Sebab, Acer Chromebook C871 dilengkapi dengan fungsi layar yang dapat dibuka hingga 180 derajat. Keyboard dan panel sentuh laptop ini juga dilengkapi dengan sistem talang yang membuatnya tahan terhadap tumpahan air