Pentingnya Ebook dalam Era Pembelajaran Online & Kelebihannya
Beranda / Edukasi / Pentingnya Ebook dalam Era Pembelajaran Online & Kelebihannya
Pentingnya Ebook dalam Era Pembelajaran Online & Kelebihannya

Pentingnya Ebook dalam Era Pembelajaran Online & Kelebihannya

Mengadopsi teknologi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah terbukti memberikan banyak dampak positif. Salah satu teknologi yang diterima secara luas oleh dunia pendidikan adalah ebook alias buku elektronik. 

Banyak sekolah kini memang telah beralih dari buku cetak ke buku elektronik. Bahkan, di negara maju seperti Amerika Serikat, tingkat penggunaan ebook di sekolah sudah tinggi sejak lama. Pada tahun 2016 saja, jumlah sekolah yang menggunakan ebook di negeri Paman Sam sudah mencapai 80%.

Selain lebih ramah lingkungan dan lebih ekonomis, tingginya minat dunia pendidikan terhadap ebook disebabkan karena buku elektronik dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar. Jika Anda sedang menimbang rencana untuk menggunakan ebook di sekolah, berikut ini sejumlah keuntungan ebook yang dapat dirasakan oleh guru, murid dan sekolah sebagai institusi.

Baca Juga: Kick off Acer Smart School Awards 2021

4 Keuntungan Ebook Dibandingkan Buku Cetak

  1. Dilengkapi dengan Berbagai Fitur Belajar

Tidak hanya berisi materi pembelajaran, ebook juga dilengkapi dengan berbagai fitur interaktif untuk membantu murid belajar. Berikut ini sebagian fitur yang ada pada ebook dan fungsinya:

  • Anotasi. Fungsinya untuk membuat highlight dan memberikan catatan terhadap sebuah kalimat atau paragraf tertentu.
  • Bookmark. Fungsinya untuk memudahkan murid melompat langsung ke halaman atau bab tertentu yang ingin dibaca.
  • Search. Fungsinya untuk mencari kata-kata tertentu dan melompat langsung ke halaman yang mengandung kata tersebut. Dengan fitur ini murid tidak perlu membuang waktu untuk membolak-balik halaman saat mencari konsep penting atau rumus tertentu.
  • Font custom. Pembaca juga dapat mengubah ukuran dan style font sesuai keinginan serta mengatur tingkat kecerahan layar sehingga membuat murid nyaman saat membaca.
  • Fitur dikte. Fitur mendikte digunakan untuk mengetahui cara pengucapan, artikulasi dan intonasi yang tepat untuk sebuah kata. Fitur ini sangat berguna untuk mata pelajaran tertentu seperti bahasa inggris.
  1. Memudahkan Guru untuk Melakukan Assessment

Buku elektronik juga dapat membantu guru mengukur tingkat pemahaman murid terhadap mata pelajaran tertentu. Caranya dengan membuat lembar ujian sebagai bagian dari tugas harian, ulangan maupun kuis langsung dari bagian-bagian ebook yang telah dibaca maupun dibahas di dalam kelas. 

Selain itu, guru juga bisa mengakses data yang berkaitan dengan progress membaca para murid. Dengan akses ini, guru bisa membantu murid tertentu yang progress membacanya lambat atau tertinggal dibandingkan murid yang lain.

  1. Mempermudah Murid untuk Berkolaborasi

Kolaborasi adalah keahlian yang wajib dimiliki murid karena akan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Fitur-fitur ebook memungkinkan murid untuk berkolaborasi dengan teman sekelas atau satu kelompok. Misalnya dengan menggunakan fitur share murid bisa berbagi pemahaman terhadap sebuah teori atau rumus yang ada dalam buku.

  1. Murid dapat Membaca Kapan Pun dan Di Mana Pun

Murid bisa membawa banyak buku sekaligus dalam satu device. Hal ini memungkinkan mereka membaca kapan saja dan di mana saja mereka ingin membaca. Bahkan ketika tidak sedang berada di rumah atau lingkungan sekolah. Contohnya ketika mereka sedang dalam perjalanan atau saat berlibur. Bahkan dalam kondisi tanpa internet sekalipun, murid bisa membaca ebook secara offline dengan cara mengunduh buku-buku bacaan terlebih dahulu.


Baca Juga: Menghilangkan Budaya Mencontek dengan Bantuan Teknologi Pendidikan

Relevansi Ebook di Era Pembelajaran Online

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan siswa dalam pembelajaran daring adalah suasana belajar yang monoton dan menjenuhkan. Akibatnya, siswa menjadi sulit fokus dan tidak terlibat dalam proses belajar mengajar. Selain itu, siswa juga kerap kesulitan memahami materi karena penjelasan guru dirasa terlalu susah untuk dimengerti.

Ebook memiliki potensi untuk menjawab masalah dan kendala tersebut melalui fungsi-fungsi interaktif yang telah dijelaskan sebelumnya seperti fitur suara, narasi, share bahkan video dan animasi sekalipun. Melalui fitur tersebut, guru dapat memaksimalkannya untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas. Buku elektronik juga dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi dan menguasai keahlian independent learning.

Selain manfaatnya dalam praktik belajar mengajar di kelas, ebook juga lebih relevan di era pembelajaran daring karena akses yang hampir tidak terbatas terhadap buku-buku pelajaran. Bahkan melalui berbagai situs yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, pemerintah menyediakan ratusan bahkan ribuan ebook gratis untuk semua jenjang pendidikan baik SD, SMP hingga SMA.  

Baca Juga: Cara Memilih Sekolah Dasar Terbaik untuk Anak

Fitur Buku Digital Jelajah Ilmu 

Jika Anda kini tertarik menggunakan ebook dalam proses belajar mengajar di sekolah, salah satu solusi yang dapat Anda pertimbangkan adalah Jelajah Ilmu. Alasannya karena selain memiliki seluruh fitur utama seperti yang telah dijelaskan di awal, ebook yang ditawarkan Jelajah Ilmu diterbitkan oleh penerbit bersertifikasi sehingga materi yang disajikan dijamin sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yakni kurikulum 2013 (K13).

Nah, bagi Anda yang belum familiar, Jelajah Ilmu merupakan sebuah solusi teknologi pembelajaran digital berstandar internasional yang telah diadopsi ke dalam kurikulum Indonesia.

Di dalam Jelajah Ilmu, guru dan murid dapat mengakses materi pengajaran harian, bank soal, rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku digital dari penerbit bersertifikasi yang telah diatur dengan baik untuk membantu guru dan sekolah dalam memajukan pembelajaran lebih kreatif, berkualitas serta membantu murid dalam proses belajar mandiri. 

Jelajah Ilmu juga memberi keleluasaan kepada kepala sekolah dalam memantau seluruh kegiatan akademik di sekolah seperti melihat laporan kelas secara kolektif, melihat perkembangan murid secara individu dan kegiatan yang dilakukan guru di dalam kelas. Bagi orang tua murid, Jelajah Ilmu memberi akses langsung untuk meninjau hasil belajar anak di sekolah, tugas yang diberikan guru serta tanggapan guru terhadap kemajuan belajar anak.
Dengan kata lain, fungsi ebook dari Jelajah Ilmu tidak hanya memberikan kemudahan kepada guru, murid, kepala sekolah, dan orang tua dalam proses pembelajaran era baru melainkan meningkatkan pengalaman akademis baik secara online, tatap muka maupun hybrid. Ayo hubungi Jelajah Ilmu sekarang dan bergabung dengan deretan sekolah terbaik lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah Anda.