Daftar Perangkat Pembelajaran yang Wajib Guru Ketahui
Beranda / Edukasi / Daftar Perangkat Pembelajaran yang Wajib Guru Ketahui

Daftar Perangkat Pembelajaran yang Wajib Guru Ketahui

Daftar Perangkat Pembelajaran yang Wajib Guru Ketahui

Guru sangat lekat dengan perangkat pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran sendiri adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dengan harapan hasil dari pembelajaran tersebut menjadi lebih maksimal. Terdapat beberapa perangkat pembelajaran yang bisa disiapkan agar pembelajaran bisa terlaksana dengan maksimal. Berikut daftarnya:

  1. Silabus
    Silabus adalah rencana detail mengenai susunan atau urutan mengajar guru yang dibuat dalam kategori tema atau mata pelajaran tertentu. 
  2. Kalender Akademik
    Kalender pendidikan atau akademik adalah manajemen waktu untuk aktivitas belajar mengajar siswa dalam satu tahun ajaran. Di dalamnya terdiri dari manajemen waktu pembelajaran seperti UAS dan UTS, tahun ajaran, minggu belajar efektif dan hari libur.
  3. Prota dan Promes
    Adalah singkatan dari program tahunan, yang berguna untuk mengetahui batasan dari sebuah materi yang telah ditetapkan sebelumnya di dalam tabel program tahunan. Sedangkan Promes adalah singkatan dari program semester yang berguna untuk mendeskripsikan pemberian materi dalam rentang waktu satu semester berlandaskan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang sudah dibuat di Standar Isi.
  1. Buku Jurnal
    Buku jurnal merupakan buku yang memuat tentang catatan sikap siswa pada saat aktivitas pembelajaran dilakukan. Catatan tersebut mulai dari sikap tanggung jawab, kerja kelompok aturan dll.
  1. Buku Penilaian
    Buku penilaian ini berfungsi untuk mencatat segala informasi dari hasil evaluasi belajar siswa.
  2. Portofolio Tugas
    Merupakan kumpulan tugas yang dikerjakan peserta didik. Portofolio tugas berguna untuk mengawasi setiap peningkatan yang dilakukan siswa dalam aktivitas pembelajaran. 
  1. Bank Soal
    Seperti namanya, bank soal merupakan buku yang terdiri dari himpunan soal yang nantinya diberikan ke siswa untuk mengembangkan daya pikir dan penyelesaian masalah pada aktivitas pembelajaran.
  1. Media
    Ketika pelaksanaan dan presentasi pembelajaran dimulai. Media adalah salah satu elemen yang penting dalam kesuksesan pembelajaran karena media pembelajaran berguna untuk menunjang materi atau konten pembelajaran.

Acer sebagai perusahaan IT terkemuka turut mendukung metode pembelajaran yang menarik melalui platform Jelajah Ilmu. Jelajah Ilmu adalah suatu platform pembelajaran berstandar Internasional yang telah disesuaikan ke dalam bahasa dan kurikulum Indonesia. 

Jelajah Ilmu memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru sehingga dapat meningkatkan pengalaman akademis baik secara online maupun tatap muka, pengelolaan tugas, komunikasi antar pihak dan juga penyiapan materi buku pembelajaran secara terintegrasi.

Beberapa fitur menarik dari Jelajah Ilmu yang bisa digunakan sebagai perangkat pembelajaran antara lain:

  1. Video Interaktif
  2. eBooks
  3. Kertas Ujian
  4. Group Chat
  5. Laporan & Statistik
  6. Ruang Kelas
  7. Kuis & Simulasi