Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Yang Baik
Beranda / Edukasi / Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Yang Baik

Cara Menulis Karya Tulis Ilmiah Yang Baik

Siapapun bisa membuat karya tulis ilmiah. Jika Anda tertarik membuat karya tulis ilmiah berikut adalah contoh format karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

1. Halaman judul

Halaman judul adalah halaman di bagian awal buku yang menampilkan judul, sub judul, penulis, penerbit, dan edisinya. Umumnya, judul karya tulis ilmiah dibuat sesuai tema dan permasalahan yang dibahas. 

2. Abstrak 

Abstrak berisi penjelasan singkat mengenai isi pada suatu karya tulis ilmiah yang bertujuan agar pembaca lebih mudah memahami isi dan tujuan penulis membuat karya tulis ilmiah

3. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian permulaan karya tulis ilmiah yang berisi dasar-dasar penelitian ilmiah yang sedang dilakukan, diangkat dan mekanisme penyelesaian masalah tersebut. Umumnya penulis juga menjelaskan alasan, tujuan dan manfaat dari penulisan contoh karya tulis ilmiah tersebut.

4. Kerangka teoritis

Kerangka teoritis merupakan suatu gambaran atau rencana yang berisi tentang penjelasan dari semua hal yang dijadikan sebagai bahan penelitian, yang berlandaskan pada hasil dari penelitian tersebut. Atau dengan kata lain, kerangka teoritis dapat diartikan sebagai bentuk kesimpulan mentah dari masalah dengan topik tertentu.

5. Metode penelitian

Metode penelitian merupakan langkah-langkah yang dilakukan peneliti untuk memperoleh hasil riset yang tepat. Ada 2 cara metode penelitian, yakni metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif merupakan metode yang terkait dengan penggunaan angka, tabel dan statistik, sedangkan metode kualitatif fokus pada analisa dan riset mendalam.

6. Pembahasan

Dalam karya tulis ilmiah, pembahasan berfungsi menjelaskan tujuan, manfaat, metode, kerangka teori, dan rumusan masalah yang disertai dengan data dan fakta di lapangan. Bagian pembahasan biasanya terbagi menjadi beberapa bab, yang tergantung pada topik yang dibahas.

7. Kesimpulan dan saran

Dalam contoh karya tulis ilmiah, kesimpulan dan saran biasanya berada di bagian akhir. Tujuannya, pembaca bisa memperoleh wawasan baru dari subyek yang sudah dibahas. Pembaca juga bisa menemukan cara efektif atau justru mengembangkan lebih luas lagi dari kesimpulan dan saran yang ada.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah bagian akhir dari sebuah karya tulis ilmiah yang berisi tentang informasi sumber referensi atau rujukan yang Anda gunakan. Penulisan daftar pustaka biasanya menggunakan format informasi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit dari buku, jurnal dan semacamnya yang menjadi sumber rujukan.

Halaman berikutnya Tips Membuat Karya Tulis Ilmiah

Untuk mendukung kegiatan Anda dalam menulis karya tulis ilmiah, Acer menghadirkan Chromebook Spin 514. Sesuai namanya, Chromebook ini hadir dengan mode convertible, sehingga Anda dapat mengubah gaya pemakaian sesuai kebutuhan, seperti laptop, tablet, tent, termasuk display. Acer Chromebook Spin 514 dapat mendukung Anda untuk menulis karya tulis ilmiah yang terbaik. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.