Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis & Jenis-jenisnya
Beranda / Edukasi / Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis & Jenis-jenisnya
Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis & Jenis-jenisnya

Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis & Jenis-jenisnya

Beasiswa tentunya menjadi salah satu incaran para murid, baik yang sedang menjalani pendidikan di sekolah, kuliah, maupun mahasiswa yang sudah lulus untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada banyak cara mendapatkan beasiswa gratis yang bisa dilakukan murid untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri maupun di luar negeri 

Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada murid dalam bentuk bantuan biaya pendidikan, baik berupa biaya sekolah maupun uang saku. Beasiswa biasanya diberikan oleh lembaga seperti sekolah, universitas, atau lembaga lainnya dan memiliki berbagai syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa. Syarat tersebut adalah prestasi akademik atau prestasi di bidang tertentu sesuai keahlian. 

Mendapatkan beasiswa gratis memerlukan banyak syarat yang harus dipenuhi calon penerima. Selain nilai yang cukup juga harus memiliki tekad yang kuat. Kini, cara mendapatkan beasiswa gratis semakin mudah karena akses untuk mencari informasi sangat terbuka, terutama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa gratis? Berikut manfaat, jenis beasiswa, dan cara mendapatkan beasiswa gratis melalui artikel ini.

Manfaat Beasiswa

Ada banyak manfaat yang didapatkan murid dari beasiswa. Pertama, mendapat keringanan biaya pendidikan. Murid tinggal fokus saja dengan belajar dan tugas yang diberikan. Maka dari itu, prestasi yang diraihnya tentu harus memuaskan.

Kedua, mendapatkan beasiswa menjadi sebuah kebanggaan yang bisa dimasukkan sebagai portofolio, apalagi mendapatkan beasiswa yang prestisius. Pasalnya untuk mendapatkan beasiswa, murid harus lolos dalam mengikuti serangkaian tes yang diikuti oleh ratusan bahkan ribuan pemburu beasiswa lainnya.

Ketiga, mendapatkan relasi sesama penerima beasiswa yang bermanfaat untuk berbagi info mengenai perkuliahan, kerjasama penelitian, hingga karier di masa depan.

Baca Juga: Memahami Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Jenis-jenis Beasiswa

Beasiswa merupakan bantuan berupa biaya yang didapatkan untuk melanjutkan berbagai studi dengan beragam jenisnya. Mari simak beberapa macam beasiswa agar dapat membedakan dan memilih beasiswa mana yang cocok untuk calon penerima.

1. Beasiswa Olahraga

beasiswa-olahraga

Beasiswa olahraga diberikan kepada para atlet yang berhasil mengikuti tes dan seleksi. Fungsi beasiswa olahraga adalah murid dapat belajar sekaligus mengembangkan talenta dengan sarana yang mencukupi. Murid yang lolos tes akan dibebaskan biaya penuh dan diproyeksikan menjadi atlet. Biasanya, atlet ini direkrut dari sekolah dan disatukan dalam sebuah kelompok yang telah direncanakan. 

2. Beasiswa Berdasarkan Kebutuhan (Kurang Mampu)

Beasiswa jenis ini biasanya diberikan kepada murid yang memiliki kesulitan finansial, tetapi memiliki prestasi yang mumpuni untuk melanjutkan pendidikan. Lembaga pemberi beasiswa akan melihat berbagai kesulitan murid, seperti pendapatan orang tua yang pas-pasan, pengeluaran hidup yang tinggi, dan beban pendidikan. Beasiswa macam ini biasanya mencakup semua biaya dari masuk sampai lulus.

3. Beasiswa Hibah (Jasa)

Orang yang menerima beasiswa ini biasanya prestasi secara akademis atau bekerjanya. Beasiswa ini banyak jenisnya seperti pegawai yang ingin melanjutkan studinya, karena bagus dalam bekerja kemudian disekolahkan oleh perusahaan. Ada pula yang bentuknya ikatan dinas, yakni penerimanya harus “mengikatkan diri” kepada pemberi sebagai hubungan timbal balik yang menguntungkan kedua belah pihak.

4. Beasiswa Kompetisi

Beasiswa kompetisi memberikan bantuan pendanaan kepada murid yang mengikuti kompetisi nasional maupun internasional. Bantuan yang disediakan biasanya berupa kebutuhan selama mengikuti kompetisi, seperti biaya pendaftaran, akomodasi, transportasi, hingga uang saku. 

5. Beasiswa Pertukaran Pelajar

Selain beasiswa penuh yang diberikan sampai lulus selama empat tahun, terdapat juga beasiswa untuk pendidikan yang lebih singkat, seperti pertukaran pelajar. Jangka waktu yang ditawarkan juga beragam, ada yang hanya satu semester, atau empat semester penuh seperti konsep summer school.

6. Beasiswa Penelitian

Beasiswa penelitian hampir sama dengan beasiswa kompetisi. Perbedaannya adalah beasiswa ini menawarkan penerimanya untuk melakukan penelitian terkait bidang studi atau program yang dijalani dalam masa kuliah. Sumbernya berasal dari instansi yang memang membutuhkan tenaga akademis yang mumpuni. Pendanaan yang diberikan tergantung biaya yang dibutuhkan selama riset hingga hasil yang diberikan.

7. Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini diberikan kepada murid yang berprestasi yang luar biasa. Indikatornya adalah indeks prestasi kumulatif atau rata-rata nilai akademik. Selain itu, murid yang aktif dalam kegiatan non-akademik juga menjadi syarat pertimbangan untuk mendapatkan jenis beasiswa ini.

Baca Juga: Pengertian Soft Skill dan Contohnya dalam Pendidikan

Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis

cara-mendapatkan-beasiswa

Lalu, bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, apalagi bagi yang belum memiliki pengalaman mendapatkan beasiswa? Simak cara mendapatkan beasiswa gratis di bawah ini.

1. Rajin Mencari Informasi Beasiswa

Cara mendapatkan beasiswa gratis yang pertama adalah rajin riset informasi yang dibutuhkan sebanyak mungkin. Harus memiliki niat dan kemauan yang kuat, dan semuanya harus dimulai dari tindakan. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang beasiswa terutama mencari beasiswa kuliah di luar negeri. Pelajari prosedur, prasyarat, dan seluk-beluk lainnya dari setiap beasiswa.

2. Berdiskusi dengan Guru

Lakukan diskusi mengenai ketentuan dan syarat mendapatkan beasiswa pendidikan dengan guru atau dosen. Bila perlu, tanyakan informasi tentang cara mendapatkan beasiswa kepada guru BP/BK di sekolah. Pasalnya, informasi beasiswa yang diterima di sekolah pastinya lebih aman dan terpercaya.

Bukan berarti informasi beasiswa yang siswa cari sendiri secara mandiri tidak aman dan terpercaya. Namun, bagi yang baru pertama kali mencari cara mendapatkan beasiswa gratis, lebih baik mendiskusikan informasi yang diperoleh dengan guru atau dosen.

 3. Pahami Jenis Beasiswa yang Diincar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak macamnya. Maka dari itu, siswa perlu mencermati jenis beasiswa yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Pasalnya, cara mendapatkan beasiswa berbeda untuk setiap jenisnya. 

4. Hubungi Penyelenggara Beasiswa

Setelah mencari informasi beasiswa secara mandiri dan mendiskusikannya dengan guru, siswa juga bisa menghubungi penyelenggara beasiswa secara langsung. Penting dilakukan untuk menunjukkan bahwa siswa punya minat serius pada beasiswa tersebut. Tindakan tersebut juga menunjukkan bahwa siswa berani berinisiatif.

5. Persiapkan CV dan Portofolio

CV (Curriculum Vitae) dan portofolio punya peran penting, karena dua dokumen tersebut menjadi alat tim penyeleksi untuk mulai menilai dan mengenal siswa. Portofolio melengkapi data diri dengan menampilkan organisasi, seminar, perlombaan, dan kegiatan apa saja yang telah diikuti. Maka dari itu, persiapkan CV dan portofolio sebaik dan sejelas mungkin sebagai syarat mendapatkan beasiswa gratis.

6. Perbaiki Keterampilan Menulis

Ada beasiswa yang menilai dari keterampilan menulis. Biasanya, jenis beasiswa ini untuk kuliah di luar negeri dengan menjadikan esai sebagai salah satu syarat seleksi. Esai juga menjadi bahan bagi asesor untuk menilai dan mengenal kita.  Maka dari itu,  siswa perlu memperbaiki gaya menulis.

7. Berlatih untuk menghadapi wawancara

Seleksi beasiswa biasanya berakhir dengan wawancara dan menjadi tahap paling menentukan dari suatu proses seleksi. Untuk menghindari kegagalan dalam tahap ini, perlu melatih diri untuk berbicara dengan baik saat menghadapi wawancara. Seperti teknik menyampaikan gagasan dengan baik tanpa berbelit-belit. Maka dari itu, melatih berbicara adalah salah satu hal yang bisa dipelajari agar menjadi lebih siap untuk menghadapi wawancara penerimaan beasiswa.

Baca Juga: Pengertian Multimedia Pembelajaran, Manfaat & Contohnya

Untuk mendukung semangat murid untuk menempuh pendidikan, banyak beberapa yayasan atau lembaga pemerintah yang menyediakan beasiswa bagi murid yang ingin dan mampu secara intelektual melanjutkan studi di tempat terbaik. 

Jangan menyerah untuk meraih mimpi mencari ilmu di mana pun!