8 Cara Terbaik Mencari Sponsor untuk Acara Sekolah
Beranda / Edukasi / 8 Cara Terbaik Mencari Sponsor untuk Acara Sekolah
8 Cara Terbaik Mencari Sponsor untuk Acara Sekolah

8 Cara Terbaik Mencari Sponsor untuk Acara Sekolah

Pandemi covid 19 rupanya memberikan imbas negatif terhadap keuangan sejumlah sekolah di Indonesia. Terlebih bagi sekolah swasta yang harus membiayai keperluan operasionalnya sendiri. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang disampaikan Plt Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD dan Dikdasmen), Hamid Muhammad, dalam jajak pendapat bersama Komisi X DPR RI pada tahun 2020 lalu, terungkap bahwa 56% sekolah swasta mengalami kesulitan biaya operasional.

Karena kemampuan finansial yang semakin terbatas, banyak sekolah yang akhirnya memutuskan untuk memperketat pengeluaran dengan menyusun ulang prioritas dan besaran dana untuk seluruh program sekolah. Biasanya, program yang akhirnya tidak diprioritaskan adalah event sekolah.

Padahal, kegiatan sekolah di luar belajar mengajar di kelas juga memiliki peran penting terhadap perkembangan siswa. Setidaknya ada tiga alasan mengapa hal ini penting, yakni:

  • Mengembangkan kecerdasan emosional.
  • Sebagai jeda untuk mengistirahatkan murid setelah kegiatan akademik yang menguras fokus dan tenaga seperti ujian maupun kompetisi.
  • Mengembangkan keterampilan sosial seperti kemampuan berinteraksi, bersosialisasi dan berkomunikasi.

Ketika sebelum pandemi, acara sekolah bisa sangat beragam mulai dari pentas seni, kompetisi olahraga, kompetisi debat hingga yang bersifat ekspedisi seperti pendakian gunung. Sedangkan, di era pandemi event yang diadakan sekolah lebih terbatas dan diselenggarakan secara online. Namun, terlepas dari jenis kegiatan yang diselenggarakan, acara sekolah sebaiknya harus tetap berlangsung.


Baca Juga: Transformasi Digital dan Perannya dalam Pendidikan di Indonesia

Langkah Mencari Sponsor untuk Acara Sekolah

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah pembiayaan internal sekolah yang berkurang adalah dengan mencari sponsor. Nah, ingin tahu bagaimana cara mencari sponsor untuk acara sekolah? Berikut ini cara yang bisa dilakukan guru, murid hingga pengurus sekolah.

  1. Menentukan Besaran Dana

Sebelum mulai membuat proposal, langkah paling awal yang wajib dilakukan adalah menentukan seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara sekolah mulai dari biaya sewa alat, konsumsi, fee pembicara dan lain sebagainya.

  1. Menyusun Daftar Sponsor Prioritas

Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah membuat daftar perusahaan atau instansi potensial yang menjadi penyumbang dana di acara sekolah. Jika sekolah Anda bukan sekolah favorit, salah satu pendekatan yang disarankan untuk dilakukan adalah mencari sponsor yang bersifat lokal. Ada tiga target yang dapat Anda sasar yakni:

  • Instansi atau bisnis yang sudah memiliki hubungan dekat dengan sekolah Anda. Contohnya perusahaan supplier kebutuhan sekolah.
  • Perusahaan yang memiliki target pasar anak remaja atau anak sekolah. Contohnya brand minuman ringan, game developer, brand fashion dan sejenisnya.
  • Paling terakhir dalam skala prioritas adalah perusahaan atau instansi yang belum memiliki hubungan dengan sekolah namun memiliki program yang cocok dengan acara sekolah Anda. Misalnya CSR perusahaan.

Baca Juga: Mempersiapkan Pendidikan di Era Society 5.0

  1. Buat Proposal yang Layak

Salah satu permasalahan yang terjadi dalam setiap penggalangan dana sekolah adalah proposal yang tidak dibuat dengan baik. Padahal, proposal kegiatan yang baik dibutuhkan untuk menyakinkan calon sponsor. Dengan menggunakan proposal yang ditulis secara profesional, kemungkinan Anda mendapatkan sponsor semakin besar.

Nah, untuk membuat proposal yang baik, berikut adalah hal-hal penting yang harus tercakup di dalamnya:

  • Tujuan kegiatan


Dalam proposal, ceritakan tentang sekolah Anda. Jelaskan juga nilai dan filosofi kegiatan yang sekolah Anda selenggarakan. Cobalah untuk tulis sedetail dan sejelas mungkin.

  • Jumlah dan Target Peserta

Jelaskan berapa target peserta yang hadir dalam acara tersebut dan jelaskan profilnya baik murid, orang tua murid, pendamping murid hingga pihak lain yang akan terlibat.

  • Dokumentasi dan Pencapaian Kegiatan Terdahulu 


Jelaskan pencapaian-pencapaian yang telah diperoleh pada kegiatan sebelumnya. Misalnya, jumlah peserta yang mencapai rekor, acara yang berhasil menarik perhatian masyarakat luas, dan lain-lain.

  • Keuntungan yang Bakal Diperoleh Sponsor

Salah satu poin penting yang harus dijelaskan dalam proposal adalah manfaat yang akan diterima sponsor. Agar sukses menjaring sebanyak mungkin partisipasi, salah satu cara yang dapat diterapkan adalah membagi benefit dalam beberapa level pendanaan. 

Semakin besar dana yang disumbang, maka keuntungan yang diperoleh sponsor akan semakin menarik. Berikut ini adalah contohnya:

  • Level Reguler: Nama dan logo sponsor pada spanduk, pamflet, selebaran, dan lainnya.
  • Level Exclusive: Semua benefit level reguler ditambah, booth dan kesempatan mempresentasikan produk/ profil institusinya.
  • Level Platinum: Sponsor akan mendapatkan seluruh benefit pada level reguler dan xx ditambah data profil seluruh peserta kegiatan.
  1. Mengadakan Event Bersama

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah sponsor hanya terbuka untuk sekolah-sekolah tertentu saja. Contohnya sekolah unggulan atau favorit. Nah, untuk mendapatkan perhatian sponsor, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan menggandeng sekolah yang masuk dalam radar sponsor untuk berkolaborasi mengadakan acara sekolah bersama. 

  1. Timing yang Tepat

Pemilihan waktu pengajuan proposal yang tepat merupakan faktor penting yang tidak boleh Anda abaikan. Saran dari para ahli, Mei, Juni dan September merupakan waktu terbaik untuk sponsor perusahaan. Sedangkan Desember, Juli dan Agustus merupakan waktu yang tidak disarankan karena bertepatan dengan libur panjang.

  1. Temui Orang yang Tepat

Di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan, terdapat pembuat keputusan yang berkaitan dengan pemberian sponsor. Di perusahaan berskala besar, divisi brand maupun marketing merupakan kalangan yang harus menjadi sasaran utama Anda. Sedangkan pada perusahaan kecil dengan organisasi yang sederhana, pemegang kas perusahaan merupakan orang paling tepat untuk Anda dekati.

Baca Juga: Bagaimana Mengimplementasikan E-Leadership dalam Pendidikan?

  1. Strategi Sponsor Tunggal

Sejumlah institusi besar lebih tertarik dengan ide sponsor tunggal. Oleh karenanya, cobalah untuk terbuka pada ide ini. Sponsor eksklusif bisa diterapkan pada kegiatan tertentu dalam acara sekolah Anda atau bisa juga untuk keseluruhan event. Keuntungan utama sponsor eksklusif adalah pada besarnya dana yang akan diperoleh dari sponsor.

  1. Mengikuti Acer for Education

Alternatif cara terbaik untuk mendapatkan sponsor event sekolah adalah dengan mengikuti berbagai program. Nah, salah satu program yang direkomendasikan adalah Acer for Education yang merupakan sebuah ekosistem pembelajaran online yang menawarkan solusi komprehensif, menyediakan seluruh aspek kebutuhan pembelajaran daring mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak yang dapat diakses semua pihak mulai dari guru, kepala sekolah, murid hingga orang tua.

Melalui program Acer for Education, Acer juga membuka peluang kolaborasi dengan berbagai sekolah di Indonesia melalui aktivitas co-marketing, sponsor event sekolah, hingga dukungan dalam pengembangan Smart Classroom. 

Itulah sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk mencari sponsor acara sekolah. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan kondisi khusus yang dihadapi sekolah Anda. Semoga bermanfaat dan semoga acara sekolah yang akan Anda selenggarakan berjalan dengan lancar.