Cara Membuat Struktur Organisasi Kelas
Beranda / Edukasi / Cara Membuat Struktur Organisasi Kelas

Cara Membuat Struktur Organisasi Kelas

Di dalam suatu ruang kelas pasti berisikan siswa-siswa yang beragam, baik dari kepribadian, tingkah laku, maupun karakternya. Bila tidak memiliki struktur organisasi kelas, kegiatan di kelas bisa-bisa jadi tidak teratur, bahkan terhambat. Untuk itulah penting untuk sebuah kelas memiliki struktur organisasi kelas tersendiri. Pembentukan struktur organisasi kelas berfungsi untuk membagi peran dan melatih sikap kepemimpinan para siswa.

Contoh Bagan Struktur Organisasi Kelas

Bagan struktur organisasi kelas bentuknya bisa bermacam-macam. Namun, secara umum bagan struktur organisasi kelas tersebut dapat digambarkan dengan menggunakan kotak dan panah sesuai dengan hierarki atau jabatan yang ada. Minimal, struktur organisasi kelas ada 6 bagian, yaitu:

  1. Wali Kelas
  2. Ketua Kelas
  3. Wakil Ketua Kelas
  4. Sekretaris
  5. Bendahara
  6. Bagian Pendukung

Manfaat Struktur Organisasi Kelas

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya struktur organisasi kelas. Salah satunya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu koordinasi di dalam kelas. Dengan dipilihnya satu siswa sebagai kepala dan beberapa siswa lain sebagai jajaran struktur organisasi, mereka dapat membantu koordinasi yang mendukung keberlangsungan kegiatan kelas berjalan dengan baik.
  2. Alur komunikasi kelas yang berjalan dengan baik. Dengan adanya struktur organisasi, maka hierarki internal kelas sudah ditentukan dengan jelas seperti ketua kelas mendapat perintah dari wali kelas, dan meneruskannya ke semua siswa dalam kelas. 
  3. Pembagian tanggung jawab sudah dilakukan sesuai dengan jabatan, wewenang, dan tugas individu di ruang lingkup kelas. Dengan adanya pembagian tanggung jawab yang jelas dan disepakati bersama, semua hal akan berjalan dengan baik antara penanggung jawab kelas dengan anggota kelas maupun penanggung jawab kelas dengan guru wali.
  4. Siswa belajar menerapkan fungsi organisasi yang baik. Struktur organisasi kelas tentunya akan memberikan pemahaman bagi anggota kelas tentang fungsi organisasi yang baik. Siswa bisa lebih memahami tanggung jawab apa saja yang sebenarnya diperlukan untuk menjalankan sistem kelas sebagai suatu kelompok kecil.
  5. Siswa terbiasa dengan berorganisasi, memimpin, dan dipimpin. Siswa juga akan menjadi terbiasa dengan pengambilan keputusan secara musyawarah karena pemilihan dan pembagian tugas dalam struktur organisasi kelas pun dilakukan dengan musyawarah. 

Cara Membuat Struktur Organisasi Kelas

Struktur organisasi kelas bisa dimusyawarahkan dalam kelas, dan jika telah disepakati hasilnya, kelas tersebut bisa membuat bagan untuk kemudian ditempel di ruangan kelas. Berikut cara mudah dan cepat dalam pembuatan struktur organisasi kelas dengan Microsoft Word:

  1. Buka tab Insert, lalu klik SmartArt.
  2. Buka grup Hierarchy, lalu pilih template bagan organisasi yang paling sesuai.
  3. Pilih shape bagan yang disukai, masukkan teks untuk menandai jabatan dan penanggung jawab dalam bagan tersebut.
  4. Kalau perlu menambah shape ke dalam bagan organisasi, kamu bisa klik nama pada kotak Text Dialog. Tekan Tab untuk memindahkan ke atas atau tekan Shift + Tab untuk memindahkan ke bawah.
  5. Atur hirarki struktur organisasi kelasmu pada tab SmartArt Design. Kamu bisa mengatur warna, jenis huruf, dan ukurannya.

Begitu banyak manfaat yang didapat dari memiliki struktur organisasi kelas. Semoga penjelasan dalam artikel ini bisa membantu Anda membimbing siswa dalam membuat struktur organisasi kelas.