Cara Membuat Podcast & Manfaatnya untuk Materi Belajar
Beranda / Edukasi / Cara Membuat Podcast & Manfaatnya untuk Materi Belajar
Cara Membuat Podcast & Manfaatnya untuk Materi Belajar

Cara Membuat Podcast & Manfaatnya untuk Materi Belajar

Pentingnya mengetahui cara membuat podcast untuk materi belajar untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan tidak membosankan. Di era digital dan perkembangan teknologi ini, podcast jadi salah satu media yang diminati anak muda. Dampaknya pun ke dunia pendidikan. Melalui podcast, semua orang bisa membagikan pembahasan menarik, membangun brand, hingga konten mata pelajaran sekolah.

Podcast pendidikan menjadi media berbasis digital yang dirancang untuk murid belajar atau memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru. Maka dari itu, penting bagi guru mengetahui cara membuat podcast pendidikan demi proses belajar mengajar yang lebih kreatif dan modern.

Melalui artikel ini akan dipaparkan cara membuat podcast untuk materi belajar, sekaligus manfaat podcast pendidikan bagi guru maupun murid.

Manfaat Podcast Pendidikan

Cara-Membuat-Podcast-Manfaat

Podcast kini menjadi tren sejak 2015 meski eksistensinya sudah ada sejak 2004. Membuat podcast untuk materi belajar memberikan peluang besar bagi guru untuk membuat pendekatan unik terhadap muridnya. Podcast juga menjadi media pembelajaran dari baru. Banyak manfaat yang didapat dari pemanfaatan teknologi podcast ini untuk pendidikan. Berikut manfaatnya:

1. Sumber informasi dan mendorong pemikiran kreatif

Metode belajar mengajar tradisional umumnya bergantung pada format ceramah, bahkan menjadi standar. Namun, bukan berarti menolak inovasi. Dibuatnya podcast pendidikan yang bersifat informatif dan menghibur, akan menarik perhatian dan imajinasi murid.

Guru memang tak harus memproduksinya sendirian, guru bisa saja membagikan akun podcast lain yang bermanfaat bagi muridnya. Namun, akan lebih baik jika guru juga belajar membuat podcast agar materi bisa tersampaikan sesuai dengan rencana pembelajaran.

Peran podcast untuk pembelajaran masa depan juga bisa mendorong murid pada pemikiran yang kritis. Dari imajinasi saat mendengarkan materi di podcast, bisa merangsang diskusi, yang kemudian mendorong pemikiran kreatif dan komunikasi terbuka antara guru dan murid.

2. Media mendongeng yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja

Dalam beberapa materi pelajaran bisa dibuat podcast dengan konsep serial. Mengingat podcast menggunakan bahasa sehari-hari, memungkinkan murid menghadapi situasi yang relate. Contohnya, podcast mata pelajaran Kewarganegaraan tentang perilaku menjadi warga negara yang baik. Hal ini menjadikan podcast sebagai media mendongeng yang unik dan murid bisa memahami bahwa apa yang mereka pelajari berlaku untuk kehidupan nyata.

Mengingat podcast itu gratis dan tersedia kapan saja, murid dapat membukanya kembali kapanpun, baik secara online maupun offline atau diunduh. Hal ini mendorong murid untuk lebih aktif dan bertanggung jawab dalam pembelajaran mereka. 

3. Membangun ikatan lebih baik dengan murid

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi, tentu ada kesenjangan antara guru dan murid, terutama dalam metode pembelajaran online ketika guru dan murid bertatap muka secara virtual. Guru bisa saja kehilangan kepekaan terhadap muridnya, karena sulit membaca emosi murid secara virtual. Sementara, murid merasa bahwa gurunya kurang memahami atau berhubungan dengan dunia mereka karena gap zaman yang jauh.

Nah, adanya podcast di kelas, guru dapat membuat koneksi kepada murid yang lebih paham teknologi. Murid yang paham podcast bisa membantu guru memilih atau memberi insight guru mengenai podcast yang menarik. Guru juga bisa membangun hubungan lebih baik dengan mengajak salah satu atau beberapa murid dalam edisi podcast-nya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Video Pembelajaran yang Mudah

Cara Membuat Podcast Pendidikan

Semua orang dapat membuat podcast apapun materinya. Terdapat tiga kriteria utama yang perlu diperhatikan dalam membuat podcast yang sukses, antara lain koneksi pembawa acara dengan audiens, konten yang mendidik atau menginspirasi, dan konten yang berkelanjutan.

Tiga hal tersebut sebenarnya sudah dipenuhi oleh para pendidik yang ingin membuat podcast. Audiensnya adalah murid-murid, kontennya berupa materi pelajaran yang relate dengan kehidupan sehari-hari murid, dan ada konten yang berkelanjutan karena dibuat sesuai rencana pembelajaran. Lalu, bagaimana cara membuat podcast? Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

1. Siapkan alat dan tempat rekaman podcast

Alat utama podcast adalah perekam suara. Dianjurkan untuk menggunakan alat perekam dan mikrofon yang dapat menangkap suara berkualitas tinggi. Untuk podcasting profesional dibutuhkan peralatan optimal, seperti:

  • Mikrofon
  • Pop filter untuk memperjelas suara
  • Boom untuk meletakkan mikrofon
  • Headphone
  • Perekam XLR portable
  • Audio console (mixer)
  • dan aplikasi perekam.

Sementara untuk podcast sederhana, Anda bisa menggunakan smartphone beserta aplikasi perekam suara gratis, seperti: 

  • ASR Voice Recorder
  • Easy Voice Recorder
  • Soundcloud
  • dan Anchor. 

Anda juga bisa menggunakan aplikasi perekam suara bawaan smartphone. Bila kualitas suara kurang bagus, gunakan headset yang dilengkapi dengan mikrofon.

Selain alat perekam, Anda juga siapkan ruang rekaman. Dianjurkan di tempat yang jauh dari kebisingan. Perlu diperhatikan, bahwa ruangan dengan dinding kosong bisa menimbulkan gema (echo). Dianjurkan, merekam di ruang kedap suara tanpa gema. Jika tidak ada, gunakan ruangan yang sunyi dan jauh dari keramaian.

2. Tentukan materi podcast dan buat naskahnya

Cara-Membuat-Podcast-Tentukan-Materi-dan-Buat-Naskah

Dalam membuat podcast, Anda harus mengenali diri, audiens, dan menguasai topik atau materi podcast. Sebagai guru, Anda bisa menyampaikan materi pelajaran sesuai ilmu yang Anda kuasai dengan tujuan agar sistem pembelajaran kelas Anda makin beragam.

Pilih topik yang benar-benar Anda sukai dan kuasai. Hal tersebut bisa saja memancing pemikiran kreatif dan kritis murid. Kemudian, buatlah payung garis besar sebagai acuan agar pembahasan tidak keluar dari topik yang sudah direncanakan.

Cara menyampaikan materi podcast bisa tanpa naskah atau dengan membaca naskah. Jenis naskah podcasting ada tiga, yakni bullet point, naskah dengan garis besar yang terperinci, dan naskah kata per kata.

3. Rekam konten audio

Saat merekam audio dari naskah yang sudah disiapkan, bicaralah dalam kecepatan yang konsisten dan sampaikan pembahasan dengan gaya khas Anda. Ditambah, rasa antusiasme yang mendalam saat membahas topik tersebut agar podcast menjadi hidup.

Anda bisa membaca skrip terlebih dahulu dan pahami baru merekam per kalimat atau per poin. Tidak ada salahnya jika harus mengulang beberapa kali untuk satu episode. Secara perlahan, Anda akan menemukan gaya penyampaian sendiri nantinya. 

Tips agar perekaman lancar, uji performa peralatan sebelum memulai merekam untuk menghindari masalah teknis saat proses rekaman yang bisa merusak fokus Anda. Ucapkan terima kasih juga kepada murid karena telah menjadi bagian dari setiap episode podcast Anda di setiap akhir pembahasan.

Baca juga: Mengenal Hybrid Learning, Sistem Belajar Berbasis E-Learning

4. Audio editing

Podcast-Pendidikan-Audio-Editing

Setelah merekam, pastikan file rekaman disimpan dalam format MP3 dengan laju bit 128 kbps karena untuk podcast obrolan. Tipsnya, hindari menggunakan karakter khusus, seperti tanda “#”, “%”, atau “?” pada nama file.

Kemudian, mulai proses editing. Dianjurkan backup mentahan file untuk diedit lagi bila terjadi kesalahan editing. Kemudian, buka file dalam aplikasi editor suara seperti Audacity, Adobe Audition, dan sebagainya. Hilangkan kebisingan seperti batuk, suara dari luar, atau gangguan lainnya. Lalu, potong beberapa bagian yang tidak perlu, diselingi dengan musik pengiring di awal atau akhir jika perlu.

5. Publikasikan podcast

Selesai mengedit rekaman, podcast siap dipublikasikan. Anda bisa mempublikasikannya, mulai dari blog pribadi, Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan sebagainya. Kemudian, Anda membagikan link podcast tersebut ke grup obrolan murid-murid atau ke media sosial sehingga lebih luas. Anda juga bisa menggunakan Anchor untuk menyebarkan seluruh episode podcast Anda dan mempublikasikannya secara otomatis. Mudah, ‘kan?

Baca juga: 5 Cara Memanfaatkan Teknologi untuk Pendidikan

Teknologi ini memiliki banyak manfaat bagi guru dan murid dalam peningkatan keterampilan mendengarkan dan pemahaman dan menjadi alat pembelajaran alternatif yang efektif meski memiliki keterbatasan dalam hal pembelajaran yang komprehensif. Namun bila digunakan dengan benar, podcast menjadi tambahan yang kuat dan positif untuk ruang kelas Anda. Semoga tips cara membuat podcast ini bermanfaat!