Guru, Ini Cara Belajar Yang Menyenangkan Untuk Siswa
Beranda / Edukasi / Guru, Ini Cara Belajar Yang Menyenangkan Untuk Siswa

Guru, Ini Cara Belajar Yang Menyenangkan Untuk Siswa

0
Guru, Ini Cara Belajar Yang Menyenangkan Untuk Siswa

Dalam Kurikulum 2013 dituliskan bahwa ada banyak sekali metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas. Pemilihan metode mengajar itu tergantung pada penguasaan teknik dan materi yang akan disampaikan. 

Pada umumnya metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar antara lain ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan juga metode demonstrasi (praktik), namun seiring perkembangan jaman, banyak bermunculan cara belajar yang menyenangkan lainnya. Berikut adalah 5 cara belajar yang menyenangkan yang wajib diketahui dan dipraktikkan ke dalam kelas.

1. Experience learning (pembelajaran berbasis pengalaman)

Cara belajar yang menyenangkan pertama adalah pembelajaran berbasis pengalaman. Pembelajaran ini menekankan bagaimana siswa mengaitkan pengalaman/pengetahuan yang telah dialami dengan pengalaman yang akan dipelajari dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis pengalaman tidak hanya terpaku dalam kelas namun bisa diterapkan di luar ruangan dan hal tersebut akan semakin membuat pembelajaran semakin menyenangkan. Contoh dari pembelajaran ini adalah misalnya siswa memberikan cerita seputar pengalamannya dalam menjual barang secara online dan mengaitkannya dengan pelajaran ekonomi.

2. Pengajaran alam sekitar

Cara belajar yang menyenangkan lainnya adalah belajar secara nyata di alam sekitar. Misalnya dengan mengajak siswa ketaman bunga dan mengamati berbagai jenis bunga yang ada. Metode pengajaran alam sekitar ini selain menyenangkan, siswa juga akan memahami betapa indahnya alam sekitar, sehingga guru bisa sekaligus memberikan pelajaran untuk selalu menjaga alam.

3.Bermain sambil belajar

Cara belajar yang menyenangkan selanjutnya adalah dengan bermain sambil belajar. Pada hakikatnya anak-anak lebih suka bermain, sehingga siswa akan memiliki motivasi belajar yang tinggi saat melakukan permainan atau games. Guru bisa memasukkan games ke dalam proses belajar mengajar baik saat PTM maupun saat online. Apalagi saat ini banyak website yang menawarkan games edukatif yang bisa dimainkan para siswa maupun guru.  

4. Pembelajaran berbasis masalah

Cara belajar yang menyenangkan yang keempat adalah pembelajaran berbasis masalah. Dalam pembelajaran ini siswa disajikan suatu masalah dan dituntut untuk berpikir kritis, logis, analitis dalam menemukan pemecahan dari masalah tersebut. Pembelajaran ini terbilang cukup menyenangkan karena menantang siswa dalam memecahkan masalah. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah kemampuan berpikir kritis siswa bisa meningkat dan siswa akan bisa menjadi terbiasa untuk berpikir tenang dan penuh pertimbangan jika kelak menemukan masalah.

5. Pembelajaran inquiry

Cara belajar yang menyenangkan terakhir adalah pembelajaran inquiry. Pembelajaran ini adalah pembelajaran yang berusaha melibatkan secara maksimal seluruh aspek kemampuan siswa untuk menyelidiki, mencari (peristiwa, benda dan manusia) secara sistematis, logis, kritis dan analitis sehingga siswa bisa menyimpulkan sendiri penemuannya dengan penuh keyakinan. Pembelajaran ini cukup menyenangkan karena membuat siswa merasa bebas untuk mengeksplorasi kemampuannya. Dengan menerapkan pembelajaran inquiry, aspek kognitif, afektif dan psikomotor mengalami perkembangan secara seimbang karena pembelajaran inquiry tidak menitikberatkan pada satu aspek kemampuan siswa melainkan meliputi semua aspek kecerdasan siswa. Misalnya siswa diberikan informasi tentang masalah polusi global. Siswa meninjau informasi kemudian membuat pendekatan unik untuk mengelola atau menghilangkan jenis polusi tertentu untuk membuat bumi lebih baik. Setelah meninjau informasi polusi umum yang Anda berikan, mintalah siswa Anda meneliti berbagai jenis polusi (udara, air, tanah, dll.). Ajak  siswa Anda memilih salah satu dari jenis ini dan buat pendekatan baru dan masuk akal untuk meningkatkan atau menghilangkannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.