Belajar Semakin Seru dengan Microsoft 365 Education
Beranda / Edukasi / Belajar Semakin Seru dengan Microsoft 365 Education
Belajar Semakin Seru dengan Microsoft 365 Education

Belajar Semakin Seru dengan Microsoft 365 Education

Microsoft 365 Education merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dan murid secara gratis. Layanan ini tepat dimanfaatkan saat masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan layanan ini, guru dan murid bisa menciptakan ruang kelas yang terus terkoneksi secara online.

Microsoft Office 365 Education mencakup fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, dan alat ruang kelas lainnya. Menariknya lagi, layanan ini bisa diperoleh secara gratis hanya dengan memasukkan alamat email sekolah atau universitas yang valid pada halaman Microsoft Indonesia yang membahas tentang produk tersebut. Jumlah maksimum pengguna pun tidak terbatas

Lalu, apa manfaat yang bisa didapat dari layanan Microsoft 365 Education untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar jadi semakin menyenangkan? Berikut paparannya.

Microsoft 365 Education, Alat Belajar Mengajar yang Modern

microsotf-365-education-alat-belajar-mengajar-modern

Berbagai manfaat untuk guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar berbasis digital bisa dipenuhi melalui layanan Microsoft 365 Education. Untuk guru, layanan Office gratis ini dapat digunakan selama masih terikat dengan lembaga pendidikan, seperti sekolah atau universitas yang memenuhi syarat. 

Guru dapat menyelesaikan, berbagi, dan mengelola tugas secara real time dengan pengajar lain atau murid. Guru dan murid juga memiliki akses catatan digital dengan OneNote versi desktop sebagai media tulis dadakan atau catatan pengingat. Dilengkapi juga dengan penyimpanan otomatis. 

Dalam proses penilaian kualitas murid, terdapat fitur Buku Catatan Kelas dan Staf, serta Kuis penilaian mandiri dengan Forms. Selain itu, untuk mengelola jadwal dan tugas harian secara terpadu juga dilengkapi dengan Microsoft StaffHub.

Terdapat pula fitur Microsoft Teams, yaitu jaringan digital yang mengintegrasikan percakapan, konten, dan aplikasi yang diperlukan sekolah agar lebih kolaboratif dan melibatkan semua guru dan murid. Untuk menyampaikan informasi kepada semua pengguna dengan cepat secara digital bisa pergunakan SharePoint.

Adanya Grup Komunitas Pembelajaran Profesional (PLC) di Microsoft Teams juga memungkinkan guru terhubung secara teratur dengan pengajar lain sekaligus melanjutkan pengembangan karir pribadi. Fitur ini juga jadi media komunikasi melalui obrolan, panggilan audio, atau video.

Guru dan murid juga bisa berbagi cerita secara digital dengan Microsoft Sway. Layanan ini bisa dipergunakan oleh guru maupun murid dalam menciptakan materi belajar yang lebih menarik melalui kreativitas bentuk buletin, presentasi, dan dokumentasi.

Penyimpanan dan berbagi file dengan penyimpanan OneDrive pun tak terbatas. Kelebihan ini disertai dengan email dengan kapasitas inbox sebesar 50 GB versi Outlook.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan manajemen pencegahan kehilangan data dan enkripsi. Hal ini dapat melindungi pengguna dalam aktivitas komunikasi maupun berbagi file dengan aman. 

Baca juga: 6 Karakteristik Kelas Online Interaktif, Seperti Apa?

Laptop Belajar dan Mengajar yang Mendukung Digital Learning

microsoft-365-mendukung-digital-learning

Sekolah yang sudah menerapkan sistem pembelajaran modern tentu membutuhkan kombinasi yang tepat dari perangkat keras dan perangkat lunak. Menariknya, Microsoft 365 Education dengan lini laptop Acer Chromebook dan lini Acer TravelMate terbaru menjadi pasangan yang cocok untuk murid dan guru yang terlibat dalam pembelajaran berbasis digital learning.

Acer Chromebook dan Acer TravelMate dilengkapi dengan chipset prosesor buatan Intel serta dukungan aplikasi pendidikan, yaitu Acer Classroom Manager (ACM). Aplikasi ini memungkinkan guru terfokus pada pengajaran berkat integrasi manajemen PC kelas dan monitoring melalui antarmuka guru atau murid yang mudah digunakan.

Saat Acer Chromebook dan Acer TravelMate digunakan di kelas, guru dan murid akan mendapatkan pengalaman belajar mengajar yang menyenangkan dengan berbagai fitur kreatifnya.

Acer Chromebook dan Acer TravelMate memiliki ketahanan tangguh dari semua jenis tekanan dan benturan dan dengan masa pakai baterai 12 jam untuk mengakomodasi hari sekolah terlama sekalipun. Bobot dan ukuran laptop juga ringan dan mudah keluar-masuk tas. 

Sebagai salah satu laptop khusus pendidikan, kedua lini perangkat Acer tersebut juga mendukung tampilan belajar. Dengan membenamkan teknologi Acer ComfyView dapat mengurangi efek pantulan cahaya yang berlebihan. Dengan begitu, mata tetap aman saat menggunakan perangkat ini dalam waktu yang lama untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Hebatnya, dilengkapi dengan sistem keamanan Chrome OS yang disematkan menjaga laptop dari ancaman virus. Bahkan melindungi juga dari malware online yang sengaja masuk ke sistem laptop.

Fitur keamanan lain yang tak kalah kuat untuk melindungi data penting, yakni lewat chip Trusted Platform Module 2.0 dan teknologi vPro™ remote management pada lini Acer TravelMate. Laptop tersebut sudah memiliki fitur fingerprint pada tombol daya dan webcam IR untuk Windows Hello agar dapat semakin menjaga data sekaligus memungkinkan login cepat.

Yang menarik, lini Acer telah mengusung teknologi Cloud Computing. Jadi murid tidak perlu khawatir mengenai seluruh data atau tugas sekolah yang dimilikinya. Semuanya itu tersimpan aman di Google Drive dan hanya dapat diakses via Google Account yang dimilikinya.

Baca juga: Kembali Gandeng Acer, STT PLN Meningkatkan Fasilitas Pendidikan dan SDM

Selain itu, untuk update Chrome OS dan aplikasi yang terpasang di lini laptop Acer, murid dan guru pun tidak perlu repot-repot untuk melakukan update manual. Semuanya dilakukan secara otomatis. Dengan begitu, guru dan murid akan selalu mendapatkan aplikasi terbaru.Baik Acer Chromebook dan Acer TravelMate, keduanya menjadi partner kerja dan belajar yang bisa diandalkan, karena menawarkan fleksibilitas, performa, bobot, dan fiturnya dapat menunjang dalam setiap kegiatan. Guru nyaman dalam mengetik persiapan materi presentasi, sementara para murid dapat mengakses berbagai aplikasi pendidikan dengan mudah.