6 Website Kursus Online untuk Memaksimalkan Belajar
Beranda / Edukasi / 6 Website Kursus Online untuk Memaksimalkan Belajar
6 Website Kursus Online untuk Memaksimalkan Belajar

6 Website Kursus Online untuk Memaksimalkan Belajar

Kursus online jadi salah satu solusi upgrade kualitas diri dan skill. Di masa pandemi yang mengharuskan kita di rumah saja, dibutuhkan aktivitas yang tak hanya mengisi waktu, tetapi juga mengasah kemampuan. Bagi para murid, kursus online bisa jadi metode belajar baru yang efektif.

Saat ini, tidak bisa dipungkiri juga bahwa teknologi semakin berkembang. Dengan memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan, terasa lebih mudah dan efektif. Adanya kursus online juga merupakan salah satu perkembangan pendidikan dari adanya digitalisasi.

Ada tiga manfaat yang didapat dari mengikuti kursus online, terutama bagi murid untuk memaksimalkan belajar:

  • Pertama, praktis dan fleksibel. Guru dan murid tidak perlu menempuh perjalanan untuk bertemu. Tidak membutuhkan ruang kelas sebagai tempat belajar formal, proses belajar mengajar dapat berlangsung di mana pun selama kondusif dan terhubung pada jaringan internet. 
  • Kedua, jadi pengalaman belajar yang menyenangkan. Dengan metode pendekatan pembelajaran formal dan informal, belajar jadi lebih santai. Murid juga mendapatkan pengajaran yang lebih menarik dengan berbagai format media, seperti foto, video, atau audio. 
  • Ketiga, lewat kursus online, murid bisa mengulang materi sepuasnya sampai paham. Biasanya, ada kursus online yang mendapatkan fasilitas video recording setelah selesai.  Dengan demikian, murid juga tidak ada batasan dalam belajar dan tidak terburu-buru oleh waktu.

Melalui kursus online, biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat, karena bisa diakses dari mana saja. Selain itu, waktu belajar juga lebih terukur, sehingga belajar jauh lebih efektif terutama untuk murid yang menjelang ujian akhir. 

Memilih kursus online juga perlu disesuaikan dengan minat dan kemampuan. Berikut ini disajikan beberapa website kursus online yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan belajar.

1.  Alison

Alison merupakan salah satu pelopor dari situs kursus online gratis di dunia. Sejak dibuat pada 2007 oleh Mike Feerick, kini sudah memiliki lebih dari 7 juta pengguna dan pengajar dari berbagai institusi, seperti Microsoft, Google dan berbagai universitas terkemuka dunia lainnya.

Dengan Alison, murid bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam Bahasa Inggris, mulai dari kesehatan, bisnis, matematika, dan lain-lain. Selain itu, Alison juga menyediakan tipe kursus lain, seperti kursus bersertifikat, kursus diploma, dan belajar secara bertahap.

2. Class Central

Class Central bisa dibilang sebagai situs kursus online nomor satu di dunia, karena menyajikan berbagai macam bidang. Murid tidak hanya mempelajari topik sesuai mata pelajaran, tapi juga bisa mendalami skill lain, seperti seni, desain, sastra, bisnis, dan masih banyak lagi.

Class Central menyajikan kursus online gratis yang tidak ada habisnya, bahkan sampai saat ini ketika pandemi COVID-19 melanda dunia. Kursus online gratis ini juga menyediakan topik dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, hukum, akuntansi, psikologi, komputer sains, cybersecurity, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips Belajar Online di Rumah untuk Murid dan Orang Tua

3. Coursera

Dengan tagline “Take the world’s best courses, online”, kursus online di Coursera memungkinan Anda untuk mempelajari modul dari berbagai universitas top di dunia, seperti John Hopkins University, University of Michigan, dan Illinois yang menyediakan materi belajar online lewat Coursera.

Cakupan bidang belajar online yang ditawarkan juga cukup luas, mulai dari Algorithm, Paleobiology, bahkan ada juga tentang perpajakan di Amerika. Ada juga musik, kedokteran, psikologi, hingga fotografi. Sebagian besar kelas bisa diikuti secara gratis, sesuai dengan tagline-nya, ditujukan untuk memperluas akses pendidikan di seluruh dunia. Namun, ada juga beberapa yang berbayar jika Anda ingin mengikuti materi secara lengkap dan mendapatkan sertifikat.

4. edX

edX merupakan hasil kerjasama dari dua universitas terkenal, yakni Universitas Harvard dan MIT. Terdapat sekitar 1038 materi pelajaran yang dapat diakses secara gratis. Mulai dari TOEFL Preparation, seni dan budaya, hingga arsitektur. Ada juga konten materi yang belum tentu ada di kelas umum sekolah, seperti kelas Basic Spanish yang bisa diakses gratis dengan durasi belajar 7 minggu. Sejak akhir 2015, edX menyediakan Verified Certificate setelah Anda berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan.

5. Khan Academy

Situs Khan Academy juga menawarkan kelas yang variatif, beberapa di antaranya ada SAT, matematika, seni, humaniora, dan sebagainya. Selain lewat website, Anda bisa mengunduh situs yang digagas oleh Salman Khan ini di iOS atau Android.

Selain kursus online, Anda juga bisa ikut partisipasi jadi volunteer di situs ini. Salah satu keunggulan Khan Academy ada pada SAT (Scholastic Assessment Test), tes yang harus diikuti jika Anda ingin masuk universitas di Amerika.

6. Cozora

Cozora merupakan portal kursus online. Dikembangkan oleh anak bangsa, situs Cozora memudahkan Anda untuk belajar banyak hal, seperti IELTS dari level beginner, sampai ke subjek yang spesifik seperti speaking. Tersedia pula modul belajar online, termasuk dengan durasi dan jadwal yang akan diikuti.

Kisaran biaya kursus online di Cozora pun terjangkau, sekitar Rp200.000-Rp700.000. Pengajarnya merupakan kumpulan anak muda dari kampus-kampus top Indonesia. 

Baca juga: Bagaimana Guru Mempersiapkan Diri Mengikuti Pelatihan Online 

Dengan mengikuti kursus online, Anda juga secara tidak langsung mengikuti perkembangan di dunia pendidikan dalam era digital yang kini sudah menjamur. Di mana saja dan kapan saja yang penting terhubung dengan jaringan internet, menjadi hal yang efisien jika Anda memanfaatkan semuanya untuk belajar.

Selain belajar jauh lebih santai dan mudah, murid juga tidak perlu terus menerus dibuat stres dengan waktu belajar yang terlampau ketat. Bergabung dalam metode kursus online akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.