Langkah Membuat Catatan Lebih Efisien Dengan Metode Cornell
Beranda / Berita Teknologi / Langkah Membuat Catatan Lebih Efisien Dengan Metode Cornell

Langkah Membuat Catatan Lebih Efisien Dengan Metode Cornell

Baik guru maupun siswa perlu mengetahui metode dalam penulisan catatan agar memudahkan untuk memahami sesuatu. Misalnya guru yang membuat catatan saat mengikuti webinar atau murid saat mendengarkan penjelasan dari guru. Terdapat satu metode mencatat yang dapat membuat catatan menjadi lebih rapi, efisien, dan memudahkan siapapun untuk memahami materi secara keseluruhan, metode tersebut adalah Metode Cornell.

Metode Cornell adalah metode yang ditemukan oleh Walter Pauk, seorang profesor di Cornell University pada sekitar tahun 1940-1950-an. Dilansir dari McLaughlin Library (University of Guelph), metode Cornell ditujukan untuk menulis, mengatur, dan menggunakan catatan yang berisi materi atau serangkaian informasi baru. Metode ini bisa digunakan untuk membantu seseorang dalam mempelajari sebuah materi secara mendalam.

Manfaat Metode Cornell

Teknik mencatat cornell ini bisa dirasakan oleh siapapun yang menerapkannya, baik itu siswa, guru ataupun orang biasa yang sedang belajar hal baru. Berikut beberapa manfaat metode cornell yang bisa didapat:  

  1. Membantu seseorang mencatat konsep-konsep penting 
  2. Melatih seseorang untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  3. Membantu seseorang mengingat konsep-konsep penting dengan lebih baik. 
  4. Membantu seseorang untuk menyerap informasi dengan lebih cepat.
  5. Membantu seseorang dalam memilah apa saja yang perlu atau tidak perlu dicatat selama mendengarkan penjelasan materi.
  6. Bagi murid, metode cornell akan membantu mereka ketika akan menghadapi ujian.
  7. Metode mencatat ini juga dapat digunakan sebagai catatan ringkas pada saat membaca buku, mendengarkan video pembelajaran, mengikuti workshop, dan sebagainya.
  8. Membantu siswa belajar secara aktif dengan membuat ringkasan catatan dari materi yang dijelaskan oleh guru.

Teknik Mencatat ala Metode Cornell

Lalu bagaimana metode cornell dapat membantu dalam membuat catatan yang ringkas? Berikut ini langkah-langkah menerapkan metode cornell yang efektif 

  1. Bagilah kertas catatan ke dalam tiga bagian. Kolom paling besar diletakkan di kanan, yaitu kolom untuk menuliskan catatan. Di bagian kiri, terdapat kolom petunjuk yang akan diisi dengan kata kunci atau pertanyaan-pertanyaan. Bagian ketiga yaitu kolom kesimpulan, terletak di bawah.
  2. Kolom kecil di sebelah kiri untuk mencatat kata kunci atau pertanyaan. Anda bisa menuliskan kata-kata kunci yang berkaitan dengan materi yang telah ditulis. Kolom ini akan membuat Anda melihat topik secara garis besar. Misalnya topik tentang “Metode pembelajaran efektif”, atau istilah tertentu seperti “ASSA 2022”.
  3. Kolom di sisi kanan dengan bagian paling besar adalah area utama untuk Anda mencatat materi yang sedang dipelajari. Di bagian ini Anda hanya perlu mencatat poin-poin yang memang penting. Cobalah untuk menulis dengan kalimat sendiri atau Anda bisa menggunakan simbol untuk istilah tertentu. Misalnya berangkat dari topik “Metode pembelajaran efektif” yang telah ditulis di kolom sebelah kiri, maka bagian ini bisa Anda tulis beberapa contoh metode pembelajaran efektif. 
  4. Kolom paling bawah adalah untuk menulis kesimpulan. Dengan metode Cornell ini Anda dipaksa untuk kembali mengulas atau me-review topik yang telah dipelajari.

Silahkan mencoba metode mencatat dengan menggunakan metode cornell ini, semoga dapat membantu Anda dalam memahami materi.